Pembahasan Simulasi OSK Geografi 2023 No 11-20 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, April 1

Pembahasan Simulasi OSK Geografi 2023 No 11-20

Oke lanjut lagi kita bahas kunci soal simulasi nomor selanjtunya, pastikan untuk save blog ini dan pantau updatenya.

Jangan lupa like dan share blognya ke teman-teman lain di sekolah kamu. Level soal OSN tahun ini smakin naik ya gaes.

11. Perhatikan gambar!

Berdasarkan ilustrasi di atas kawasan metropolitan Washington DC dan Cleveland merupakan contoh kota dengan struktur ...
a. concentric city
b. sectoral city
c. monocentric city
d. polycentric city
e. civic center

Kunci
Jawaban yang tepat adalah d. polycentric city.

Kawasan metropolitan Washington DC dan Cleveland dapat digolongkan sebagai kota polycentric, yaitu kota yang memiliki beberapa pusat kegiatan ekonomi dan bisnis yang memiliki hubungan dan interaksi yang kompleks antara satu dengan yang lainnya. Dalam kota polycentric, pusat-pusat aktivitas ini memiliki fungsi yang relatif sama dan terdapat kegiatan ekonomi yang tersebar di beberapa titik penting di kota tersebut.

Sementara itu, concentric city memiliki struktur yang berbentuk lingkaran dengan pusat kota yang menjadi titik fokus kegiatan ekonomi dan sosial. Sectoral city memiliki struktur yang berbentuk sektor atau bagian yang berbeda dalam kota, dengan masing-masing sektor memiliki kegiatan ekonomi dan sosial yang berbeda. Monocentric city memiliki struktur yang hanya memiliki satu pusat kota yang menjadi titik fokus kegiatan ekonomi dan sosial. Sedangkan civic center merupakan pusat pemerintahan kota atau wilayah yang memiliki fungsi penting dalam penyediaan layanan publik dan fasilitas umum.

12. Perhatikan gambar!

Berdasarkan gambar, akomodasi tersebut menyasar kelompok wisatawan ....
a. early retirees
b. boomers
c. empty nesters
d. backpacker
e. single income - no kids

Kunci
kalau lihat fasilitas kamar tidur, ukuran dipan nampaknya untuk kaum backpacker petualang ini mah ya.

13. Informasi publik yang disampaikan Badan Pusat Statistik memprakirakan  bahwa tahun 2025, dependency ratio penduduk Indonesia mencapai 48,4. Hal ini berarti bahwa mulai tahun 2025 ....
a. sebanyak 52 orang usia produktif harus menanggung 48 orang usia non produktif
b. sebanyak 48 orang usia produktif harus menanggung 52 orang usia non produktif
c. tiap 100 orang usia produktif harus menanggung 48 orang usia non produktif
d. tiap 100 orang usia produktif harus menanggung 52 orang usia non produktif
e. tiap 48 orang usia produktif harus menanggung 4 orang usia non produktif

Kunci
Ini mah gampang aja ya, kalau diketahui angka DR 48,4 maka kalimatnya adalah "tiap 100 orang usia produktif harus menanggung 48 orang usia non produktif".

14. Pada batas lempeng ditemukannya Gunung Anak Krakatau, akan sangat umum ditemukan struktur geologi di bawah ini, kecuali ...
a. lipatan
b. sesar
c. kekar
d. lapisan dengan kemiringan (dip)
e. lapisan horizontal

Kunci
Jawaban yang tepat adalah e. lapisan horizontal.

Pada batas lempeng, terdapat banyak aktivitas geologi yang terjadi seperti gempa bumi, gunung berapi, dan pergerakan lempeng bumi. Oleh karena itu, struktur geologi yang umum ditemukan pada batas lempeng adalah lipatan, sesar, kekar, dan lapisan dengan kemiringan (dip).

Lipatan adalah perlipatan atau perpilinan dari lapisan batuan akibat adanya tekanan di bawah permukaan bumi. Sesar adalah permukaan retak atau patahan pada batuan yang terjadi akibat gerakan relatif antara dua blok batuan. Kekar adalah patahan yang tajam pada batuan dan terbentuk akibat adanya tekanan dan gerakan pada batuan tersebut. Lapisan dengan kemiringan (dip) adalah kemiringan batuan pada suatu bidang atau lapisan yang disebabkan oleh proses tektonik.

Lapisan horizontal sendiri tidak umum ditemukan pada batas lempeng karena pada daerah tersebut terdapat banyak aktivitas tektonik yang menyebabkan pergerakan dan deformasi pada batuan.

15. Kegiatan ekonomi bidang transportasi dan telekomunikasi termasuk kegiatan ekonomi ....
a. primer
b. sekunder
c. tersier
d. pentahelix
e. kuarter

Kunci
Kegiatan ekonomi bidang transportasi dan telekomunikasi termasuk kegiatan ekonomi tersier.

Kegiatan ekonomi dibagi menjadi tiga sektor yaitu sektor primer, sektor sekunder, dan sektor tersier. Sektor primer mencakup kegiatan ekonomi yang berhubungan dengan pengolahan sumber daya alam, seperti pertanian, perikanan, dan pertambangan. Sektor sekunder mencakup kegiatan ekonomi yang berhubungan dengan pengolahan barang mentah menjadi barang jadi, seperti industri manufaktur. Sedangkan, sektor tersier mencakup kegiatan ekonomi yang berhubungan dengan jasa, seperti jasa transportasi, jasa keuangan, jasa kesehatan, dan jasa pendidikan.

Kegiatan ekonomi pentahelix adalah konsep yang menggabungkan lima sektor yaitu sektor publik, sektor swasta, sektor akademik, masyarakat, dan media sebagai suatu ekosistem inovasi. Sementara itu, kuarter bukanlah istilah dalam klasifikasi sektor ekonomi.

16. Besarnya albeldo yang terjadi dalam sistem neraca radiasi disumbang terutama oleh ...
a. pantulan oleh awan
b. pantulan oleh permukaan bumi
c. pantulan oleh partikel-partikel debu
d. penyerapan oleh gas rumah kaca
e. bauran oleh awan

Kunci
Besarnya albedo yang terjadi dalam sistem neraca radiasi disumbang terutama oleh pantulan oleh permukaan bumi, sehingga jawaban yang tepat adalah (b) pantulan oleh permukaan bumi.

Albedo merupakan besaran yang menunjukkan seberapa besar energi radiasi matahari yang dipantulkan oleh suatu permukaan. Semakin tinggi albedo suatu permukaan, semakin banyak energi radiasi matahari yang dipantulkan kembali ke atmosfer bumi. Permukaan bumi seperti salju, es, dan awan memiliki albedo yang tinggi dan mampu memantulkan sebagian besar radiasi matahari yang datang, sedangkan permukaan laut dan hutan memiliki albedo yang rendah sehingga menyerap lebih banyak radiasi matahari.

Dalam sistem neraca radiasi, radiasi matahari yang masuk ke atmosfer bumi akan mengalami sejumlah proses seperti pantulan, penyerapan, dan hamburan. Albeldo merupakan bagian dari proses pantulan dan menyumbang besarnya jumlah radiasi matahari yang dipantulkan kembali ke atmosfer bumi. Oleh karena itu, pantulan oleh permukaan bumi adalah faktor terbesar yang menyumbang besarnya albedo dalam sistem neraca radiasi.

17. Perhatikan gambar!

Ilustrasi di atas menunjukkan kurva bid rent 4 guna lahan berbeda di kota A. Bedasarkan ilustrasi di atas, guna lahan yang kemungkinan besar akan menggunakan lahan terbanyak di kota tersebut jika kota berbentuk lingkaran sempurna dengan radius 40 km yaitu ....
a. agriculture
b. housing
c. industrial
d. tech
e. jawaban tidak dapat ditentukan

Kunci
Teori bid rent adalah teori ekonomi geografis yang mengacu pada bagaimana harga dan permintaan real estat berubah seiring bertambahnya jarak dari distrik pusat bisnis (CBD). Teori ini menyatakan bahwa pengguna lahan yang berbeda akan bersaing satu sama lain untuk mendapatkan lahan yang dekat dengan pusat kota. Hal ini didasarkan pada pemikiran bahwa perusahaan ritel ingin memaksimalkan profitabilitas mereka, sehingga mereka lebih bersedia membayar lebih mahal untuk lahan yang dekat dengan CBD dan lebih murah untuk lahan yang lebih jauh dari area ini. Teori ini didasarkan pada alasan bahwa semakin mudah diaksesnya suatu area (yaitu, semakin besar konsentrasi pelanggan), maka akan semakin menguntungkan.

Warna kurva nya kurang jelas, tapi kalau melihat posisi garis agriculture ada di bagian paling bawah nilai bid rent nya, maka potensial agriculture yang paling besar. Contoh cara menarik pola ruangnya seperti diagram di bawah, coba pahami ya, berulang-ulang.



18. Perhatikan gambar!

Ilustrasi di atas menunjukkan perkembangan wilayah di AS, terutama mengenai ...
a. urban megalopolis
b. ribbon cities
c. growth pole & growth center
d. agropolitan
e. chain cities

Kunci
Megaregion (Megalopolis) di Amerika Serikat secara umum dipahami sebagai wilayah di AS yang terdiri dari dua atau lebih wilayah metropolitan yang berdekatan yang, melalui kesamaan sistem transportasi, ekonomi, sumber daya, dan ekologi - mengalami pengaburan batas-batas di antara pusat-pusat kota, sehingga menganggap dan bertindak seolah-olah mereka adalah wilayah perkotaan yang berkesinambungan adalah hal yang praktis untuk tujuan koordinasi kebijakan. [1] Istilah pendahulunya, yang identik dengan "megaregion", adalah megalopolis, yang diciptakan terkait dengan koridor Boston hingga Washington, D.C., koridor di Timur Laut Atlantik, oleh Jean Gottmann pada pertengahan abad kedua puluh. America 2050,[2] sebuah proyek dari Regional Plan Association, mencantumkan 11 megaregion yang mencakup wilayah perkotaan di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko (misalnya Great Lakes dan Northeast Megaregions).[1] Pada Desember 2000, jaringan kota-kota di Amerika yang mengelompok ini memiliki total populasi yang diperkirakan lebih dari 280 juta orang.

19. Berikut ini gunung yang riwayat erupsinya memiliki karakteristik erupsi identik dengan Hunga Tonga-Hunga Ha'apai, kecuali ....
a. Gunung Cumbre Vieja
b. Gunung Tambora
c. Gunung Pinatubo
d. Gunung Vesuvius
e. Gunung St. Helens

Kunci
Jawaban yang tepat adalah (e) Gunung St. Helens.

Gunung St. Helens adalah gunung berapi yang terletak di negara bagian Washington, Amerika Serikat. Riwayat erupsinya termasuk dalam kategori erupsi letusan ledakan dengan arus piroklastik. Letusan pada tahun 1980 mengakibatkan kerusakan yang besar di sekitar area gunung dan menewaskan banyak orang.

Sementara itu, Gunung Cumbre Vieja di Kepulauan Kanari, Gunung Tambora di Indonesia, Gunung Pinatubo di Filipina, dan Gunung Vesuvius di Italia adalah gunung berapi yang erupsi memiliki karakteristik erupsi identik dengan Hunga Tonga-Hunga Ha'apai, yaitu letusan ledakan dengan menghasilkan arus piroklastik. Letusan tersebut menghasilkan ledakan besar yang membentuk kolom abu dan gas yang mencapai ketinggian yang sangat tinggi dan menghasilkan material piroklastik yang membentuk awan panas. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan dan bahaya bagi manusia dan lingkungan sekitarnya.

20. Berdasarkan gambar di bawah (ordinatnya adalah absorptivitas) gas karbon dioksida banyak menyerap radiasi matahari pada panjang gelombang ....

a. 1-5 mikron
b. 12-20 mikron
c. 5-12 mikron
d. gelo,bang panjang
e. gelombang pendek

Kunci
Gas karbon dioksida (CO2) menyerap radiasi matahari pada panjang gelombang inframerah, yaitu sekitar 4-5 mikrometer dan 13-18 mikrometer. Radiasi matahari yang terpancar dari permukaan bumi, atau yang disebut sebagai radiasi termal, memiliki panjang gelombang yang lebih panjang dan terletak pada kisaran 8-14 mikrometer. Gas CO2 akan menyerap radiasi termal ini dan memancarkannya kembali ke atmosfer, yang menyebabkan peningkatan suhu di permukaan bumi (efek rumah kaca). Oleh karena itu, gas CO2 menjadi faktor penting dalam perubahan iklim global yang sedang terjadi saat ini.

Kalau lihat grafik maka serapan radiasi matahari paling banyak di angka sekitar 12-20 mikron, coba analisis grafik dan indikator angkanya.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close