Pembahasan Simulasi OSK Kebumian 2023 No 11-20 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, April 1

Pembahasan Simulasi OSK Kebumian 2023 No 11-20

Oke lanjut lagi nih kita bahas kunci pembahasan soal simulasi OSK Geografi 2023 Kebumian. Siapkan buku catatan dan fokus.

Jangan lupa share postingan ini ke grup medsos kalian ya gaes!. Soal semakin menantang kualitasnya makin tinggi, gas terus belajar!.

11. Metode geofisika untuk mengetahui kondisi bawah permukaan yang mendasarkan pada analisis beda potensial yang terjadi setelah arus listrik yang kita alirkan ke tanah/batuan dihentikan adalah ...
a. induced polarization
b. gamma ray spectrometry
c. georadar
d. electromagnetic
e. resistivity

Kunci
Metode geofisika untuk mengetahui kondisi bawah permukaan yang mendasarkan pada analisis beda potensial yang terjadi setelah arus listrik yang kita alirkan ke tanah/batuan dihentikan adalah metode resistivity. Pada metode ini, arus listrik dialirkan ke tanah atau batuan melalui elektroda dan kemudian diukur beda potensial yang terjadi pada elektroda lainnya setelah arus listrik dihentikan. Dari hasil pengukuran tersebut, dapat diketahui resistivitas dari lapisan bawah permukaan dan diperoleh gambaran mengenai struktur bawah permukaan. Metode geofisika lainnya seperti induced polarization, gamma ray spectrometry, georadar, dan electromagnetic menggunakan prinsip yang berbeda-beda.

12. Gaya yang dihasilkan dari perbedaan tekanan disebut gaya ...
a. gradien tekanan
b. coriollis
c. gesek
d. sentrifugal
e. hidrostastika

Kunci
Gaya yang dihasilkan dari perbedaan tekanan disebut gaya gradien tekanan. Gaya ini terjadi karena perbedaan tekanan antara dua titik dalam suatu fluida, dan dapat menyebabkan fluida mengalir dari daerah tekanan tinggi ke daerah tekanan rendah. Gaya Coriolis terjadi akibat rotasi Bumi dan memengaruhi arah pergerakan fluida dalam skala besar seperti pada sistem cuaca. Gaya gesek terjadi akibat tahanan gesekan antara fluida dan permukaan yang dilaluinya. Gaya sentrifugal terjadi pada benda yang bergerak melingkar dan arahnya selalu menjauh dari pusat lingkaran. Gaya hidrostatika terjadi pada benda yang berada dalam fluida dan diakibatkan oleh tekanan fluida pada permukaan benda tersebut.

13. Perhatikan gambar!

Awan ini termasuk awan kategori ... dan sering disebut juga awan ...
a. tinggi, sirostratus
b. menengah, altostratus
c. rendah, stratokumulus
d. tinggi, sriokumulus
e. rendah, nimbostratus

Kunci
Awan Nimbostratus adalah lapisan awan yang gelap, abu-abu, dan tidak memiliki ciri khas, cukup tebal untuk menghalangi Matahari dan menghasilkan hujan yang terus-menerus. Ketinggian dasar: 2.000 - 10.000 kaki Bentuk: Pita atau area sel individu. Bahasa Latin: nimbus - awan hujan; stratus - diratakan atau disebarkan. Curah hujan: Kemungkinan hujan atau salju terus menerus.Termasuk awan rendah.

14. Apakah yang menyebabkan adanya variasi kondisi atmosfer terhadap ketinggian?
a. variasi ketinggian terrain
b. gaya corriolis
c. tidak meratanya pemanasan di permukaan bumi
d. adanya perbedaan tekanan
e. bergantung pada objektifitas pengamat

Kunci
Variasi kondisi atmosfer terhadap ketinggian disebabkan oleh tidak meratanya pemanasan di permukaan bumi. Radiasi matahari menyebabkan pemanasan di permukaan bumi tidak merata, karena permukaan bumi yang berbeda-beda menyerap dan memantulkan energi matahari dengan intensitas yang berbeda-beda. Hal ini menyebabkan terbentuknya suhu udara yang berbeda-beda di berbagai ketinggian. Udara yang lebih hangat cenderung naik ke atas, sedangkan udara yang lebih dingin cenderung turun ke bawah, sehingga terbentuk kondisi udara yang berbeda pada berbagai ketinggian. Variasi ketinggian terrain dapat memengaruhi aliran udara, namun tidak menjadi penyebab utama variasi kondisi atmosfer terhadap ketinggian. Gaya Coriolis dan perbedaan tekanan juga memengaruhi kondisi atmosfer, namun tidak secara langsung menyebabkan variasi kondisi atmosfer terhadap ketinggian. Objektifitas pengamat juga tidak berpengaruh terhadap kondisi atmosfer terhadap ketinggian.

15. Tiga gas dengan jumlah terbanyak di atmosfer adalah ....
a. nitrogen, oksigen, karbondioksida
b. nitrogen, argon, oksigen
c. oksigen, neon, argon
d. helium nitrogen, karbondioksida
e. uap air, oksigen, nitrogen

Kunci
Tiga gas dengan jumlah terbanyak di atmosfer adalah nitrogen, oksigen, dan argon. Gas nitrogen memiliki persentase tertinggi di atmosfer, yaitu sekitar 78%, diikuti oleh gas oksigen sekitar 21%, dan gas argon sekitar 0,93%. Karbon dioksida memiliki persentase yang lebih rendah, yaitu sekitar 0,04%, tetapi merupakan gas penting untuk menjaga suhu atmosfer dan efek rumah kaca. Neon dan helium memiliki persentase yang sangat kecil di atmosfer, sementara uap air jumlahnya bervariasi tergantung pada lokasi dan kondisi cuaca.

16. Perhatikan pernyataan:
1) meningkatnya suhu permukaan bumi
2) kenaikan tinggi muka laut
3) meningkatnya populasi penduduk dunia secara drastis
4) menyusutnya volume gletser
Dampak pemanasan global dan perubahan iklim ditunjukkan pernyataan ...
a. 1) dan 3)
b. 2) dan 4)
c. 1), 2) dan 3)
d. 2), 3) dan 4)
e. 1), 2) dan 4)

Kunci
Dampak pemanasan global dan perubahan iklim ditunjukkan oleh pernyataan 1), 2), dan 4), yaitu:

- Meningkatnya suhu permukaan bumi, yang merupakan dampak langsung dari pemanasan global akibat peningkatan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer.

- Kenaikan tinggi muka laut, yang terjadi akibat pembengkakan air laut akibat pemanasan global dan pelelehan es di kutub yang memasok air ke laut.

- Menyusutnya volume gletser, yang terjadi akibat peningkatan suhu global yang menyebabkan pelelehan es di daerah kutub dan pegunungan.

Pernyataan 3) tentang peningkatan populasi penduduk dunia, meskipun dapat berkontribusi terhadap perubahan iklim melalui penggunaan sumber daya dan emisi gas rumah kaca yang lebih tinggi, tidak langsung merupakan dampak langsung dari pemanasan global dan perubahan iklim. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah e) 1), 2) dan 4).

17. Ketika massa udara dingin bertemu dengan massa udara panas akan terbentuk fenomena yang disebut ...
a. presipitasi
b. kondesasi
c. front
d. jetstream
e. vortex

Kunci
Ketika massa udara dingin bertemu dengan massa udara panas akan terbentuk fenomena yang disebut front. Front adalah batas atau zona peralihan antara dua massa udara dengan suhu, kelembaban, dan tekanan yang berbeda. Ketika massa udara dingin dan panas bertemu, massa udara dingin yang lebih padat akan mendorong massa udara panas ke atas, membentuk awan dan hujan di sepanjang front. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah c. front.


18. Agar proses pembentukkan awan dan hujan bisa terjadi maka ada beberapa kondisi yang harus dimiliki lapisan troposfer. Kondisi tersebut adalah ....
a. inti kondensasi
b. inti sublimasi
c. udara bergerak ke atas
d. uap air
e. angin selatan

Kunci
Agar proses pembentukkan awan dan hujan bisa terjadi, ada beberapa kondisi yang harus dimiliki lapisan troposfer, yaitu:

1. Kandungan uap air yang cukup tinggi di udara.
2. Adanya inti kondensasi, yaitu partikel-partikel kecil seperti debu, asap, dan garam laut yang menjadi tempat terbentuknya tetesan air dalam udara.
3. Udara bergerak ke atas, sehingga udara yang mengandung uap air naik ke ketinggian yang lebih tinggi di troposfer.

Kondisi inti sublimasi dan angin selatan tidak berpengaruh pada terbentuknya awan dan hujan. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah a) inti kondensasi, b) udara bergerak ke atas, dan d) kandungan uap air yang cukup tinggi di udara.

19. Karena bumi berputar pada sumbu rotasinya maka timbul gaya fiktif yang disebut Coriolis. Gaya ini akan bekerja tegak lurus pada arah gerak setiap benda yang melayang serta bergerak di atas permukaan bumi. Dalam meteorologi gaya ini akan menyebabkan angin di belahan utara bumi dibelokan ke kanan dan sebaliknya di selatan akan dibelokan ke kiri. Jika kita bergerak dari kutub utara maupun selatan ke arah ekuator maka gaya Coriolis akan ....
a. tetap
b. bertambah besar
c. bertambah kecil
d. tidak berpengaruh terhadap pergerakan
e. berubah-ubah tidak beraturan

Kunci
Karena gaya Coriolis dipengaruhi oleh rotasi bumi, maka semakin mendekati ekuator, kecepatan rotasi bumi semakin besar. Akibatnya, gaya Coriolis akan semakin kecil ketika bergerak dari kutub ke ekuator. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah c. bertambah kecil.

20. Daerah Konvergensi Antar Tropik (DKAT) ada karena konvergensi dari ...
a. front
b. angin passat
c. angin timuran (easterly)
d. angin baratan (westerly)
e. jetstream

Kunci
Daerah Konvergensi Antar Tropik (DKAT) atau ITCZ adalah daerah di mana angin passat dari belahan bumi utara dan selatan bertemu di khatulistiwa dan menyebabkan konvergensi udara. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah b. angin passat.

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close