Pembahasan Simulasi OSK Geografi 2023 No 21-30 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, April 2

Pembahasan Simulasi OSK Geografi 2023 No 21-30

Lanjut lagi kita bahas kunci soal simulasi OSK Geografi kemarin ya teman-teman. Jangan lupa untuk selalu share postingan di blog ini ke teman-teman kalian.

Kalau ada kunci yang tidak tepat silahkan koreksi dan cari materinya sendiri saja ya, diskusi dengan teman dan guru.

Baca juga: Try Out Online OSN Geografi Gratis

21. Alat Ukur yang paling banyak digunakan dan dimiliki oleh stasiun pengamat meteorologi untuk mengukur durasi penyinaran matahari adalah Campble Stokes. Prinip kerjanya adalah ...
a. radiasi matahari membakar pias yang ada dan lama radiasi dihitung dari jumlah pias yang terbakar
b. lama radiasi dihitung dari jumlah pias yang terbakar
c. letak pias yang dipasang di alat tersebut tergantung dari posisi matahari terhadap ekuator
d. jumlah jam pias yang tidak terbakar
e. tidak ada jawaban tepat

Kunci
Jawaban yang benar adalah (b) lama radiasi dihitung dari jumlah pias yang terbakar.

Prinsip kerja dari alat pengukur Campbell-Stokes adalah dengan memanfaatkan lensa bola kaca yang akan memfokuskan sinar matahari ke atas pita perekam (recording strip) di dalam tabung. Ketika sinar matahari memasuki tabung, sinar tersebut akan membakar pita perekam yang ada di dalam tabung pada setiap titik fokusnya. Setiap harinya, durasi penyinaran matahari diukur berdasarkan panjang bagian pita yang terbakar pada pita perekam. Semakin lama panjang pita yang terbakar, semakin lama durasi penyinaran matahari.

22. Perhatikan gambar!
Bedasarkan gambar, maka pasangan yang tepat antara gambar tempat wisata dengan jenis wisatanya adalah ...
a. W=wisata alam, X=wisata medis, Y=wisata sejarah, Z=wisata belanja
b. W=wisata sejarah, X=wisata belanja, Y=wisata alam, Z=wisata medis
c. W=wisata alam, X=wisata belanja, Y=wisata sejarah, Z=wisata medis
d. W=wisata budaya, X=wisata kota, Y=wisata sejarah, Z=wisata medis
e. W=wisata sejarah, X=wisata medis, Y=wisata sejarah, Z=wisata belanja

Kunci
W= alam, X=belanja, Y=sejarah, Z=medis

23. Diantara radiasi cahaya tampak berikut ini yang paling dibutuhkan untuk proses fotosintesis tanaman adalah ...
a. biru
b. hijau
c. inframerah
d. ultraungu
e. kuning

Kunci
Jawaban yang tepat adalah (a) biru.

Proses fotosintesis pada tanaman membutuhkan cahaya sebagai sumber energi untuk mengubah karbon dioksida dan air menjadi gula dan oksigen. Namun, tidak semua jenis cahaya cocok untuk proses ini. Tanaman membutuhkan radiasi cahaya tertentu untuk fotosintesis, dan radiasi cahaya tampak yang paling dibutuhkan untuk proses ini adalah radiasi biru (sekitar 400-500 nm) dan merah (sekitar 600-700 nm). Radiasi biru sangat penting untuk memicu reaksi kimia di dalam kloroplas yang terlibat dalam fotosintesis, sedangkan radiasi merah berperan dalam menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk reaksi kimia tersebut. Radiasi hijau sebenarnya juga diserap oleh tanaman, tetapi tidak efisien dalam proses fotosintesis. Radiasi inframerah dan ultraungu tidak terlibat langsung dalam proses fotosintesis.

24. Perhatikan gambar!
Ilustrasi di atas menunjukkan kawasan slum area di perkotaan salah satu negara Asia. Kawasan tersebut merupakan contoh fenomena segregasi berbasis....
a. ras
b. preferensi lingkungan
c. status ekonomi
d. struktur kota dan kebijakan perencanaan
e. teknologi

Kunci
Berikut adalah beberapa jenis segregasi pemukiman kota yang umum terjadi:

1. Segregasi sosial: Pemukiman yang terdiri dari kelompok sosial tertentu seperti suku, agama, atau kelas sosial yang sama.
2. Segregasi ekonomi: Pemukiman yang terdiri dari kelompok masyarakat dengan tingkat penghasilan atau kekayaan yang sama.
3. Segregasi rasial: Pemukiman yang terdiri dari kelompok etnis atau ras tertentu.
4. Segregasi spasial: Pemukiman yang terpisah berdasarkan faktor geografis seperti sungai, bukit, atau rel kereta api.
5. Segregasi alami: Pemukiman yang terbentuk secara alami berdasarkan keinginan individu atau kelompok.
6. Segregasi keamanan: Pemukiman yang terbentuk untuk menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat seperti kompleks perumahan yang dijaga.
7. Segregasi fungsional: Pemukiman yang terdiri dari kelompok masyarakat dengan fungsi atau kepentingan yang sama seperti kawasan industri atau kawasan perdagangan.

Kondisi segregasi pemukiman yang berlebihan dapat mengakibatkan ketimpangan sosial, ekonomi, dan akses terhadap fasilitas dan layanan kota yang mempengaruhi kualitas hidup dan kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan dan mengurangi segregasi pemukiman yang terjadi dalam perencanaan dan pengembangan kota yang berkelanjutan.

Kalau melihat gambar ada sungai sebagai pemisah kota kumuh dengan kota yang modern, mungkin karena preferensi lingkungan.

25. Tsunami adalah salah satu kejadian ekstrim yang dapat menimbulkan bencana Proses endogen yang merupakan pemicu dominan tsunami adalah ...
a. gempabumi
b. longsor dasar laut
c. erupsi gunung api
d. tumbukkan meteor
e. ledakan nuklir

Kunci
Jawaban yang tepat adalah (a) gempabumi.

Tsunami terjadi ketika ada pergerakan vertikal besar pada dasar laut, yang dapat disebabkan oleh gempa bumi bawah laut, letusan gunung berapi di bawah laut, longsor dasar laut, atau aktivitas tektonik lainnya. Namun, gempa bumi bawah laut adalah penyebab dominan dari tsunami. Ketika lempeng bumi bergerak dan menekan atau menggeser sepanjang zona subduksi atau patahan, mereka dapat menyebabkan pergerakan vertikal besar pada dasar laut, yang pada gilirannya memicu terjadinya gelombang besar di atas permukaan laut yang dikenal sebagai tsunami.

Tsunami dapat menyebabkan kerusakan yang parah pada daerah pesisir dan bahkan dapat mencapai beberapa kilometer ke dalam daratan. Oleh karena itu, penting untuk memahami risiko dan cara mengatasi bencana ini. Sistem peringatan dini tsunami dan perencanaan darurat yang efektif dapat membantu mengurangi dampak dari bencana ini.

26. Perhatikan gambar

Memperhatikan gambar di atas, fenomena zero population growth akan tercapai di fase ...
a. preindustrial
b. mass production
c. early industrial
d. mature industrial
e. post industrial

Kunci
Berdasarkan data diagram, maka zero popolation tercapati di fase 4 dimana kelahiran dan kematian ada di level sama di bawah. Ini terjadi di era mass production. Urutan fase perkembangan negara dari sebelum abad pertengahan hingga sekarang sesuai dengan fase transisi demografi adalah
1. Pre Industrial
2. Early Industrial
3. Post Industrial
4. Mature Industrial
5. Mass Consumtion

27. Peta di bawah menunjukkan wilayah habita harimau Asia. Terdapat beberapa wilayah yang diperkirakan populasi harimau telah hilang. Penyebab utama berkurangnya populasi harimau tersebut adalah ....

a. bertambahnya populasi penduduk
b. perburuan ilegal
c. perubahan lahan hutan menjadi pemukiman, pertanian, industri
d. persaingan dengan spesies lain
e. tidak mampu beradaptasi

Kunci
Pastinya karena alih fungsi lahan menjadi pemukiman, pertanian, perkebunan, industri sehingga terjadi konflik manusia dengan satwa.

28. Contoh penerapan simbol garis pada peta adalah ....
a. jalan raya, kota, rel
b. makam, sawah, sungai
c. sungai, rel, jalan raya
d. sawah, rel, kota
e. rel, makam, sawah

Kunci
Simbol garis adalah menggambarkan fenomena yang berbentuk garis seperti sungai, rel, jalan raya.

29. Perhatikan gambar!
Jenis difusi budaya menurut gambar adalah ...
a. contagious
b. hierarchical
c. random
d. stimulus
e. assimilation

Kunci
Difusi menular adalah proses penyebaran ide secara cepat ke seluruh populasi; semua tempat dan individu di wilayah tersebut terpengaruh. Contohnya dapat mencakup: penyebaran pencegahan AIDS; penyebaran penyakit; penggunaan internet. Cek 3 jenis difusi di bawah ini, perhatikan alur gambarnya.

30. Perhatikan narasi!
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pada minggu 24 April 2022 telah menaikan status Gunung Anak Krakatau dari level II Waspada ke Level III Siaga. Kenaikan status level gunung Anak Krakatau naik jadi siaga ini diambilkarena aktifitas vulkanik gunung tersebut, saat ini masih dalam periode erupsi menerus dengan perubahan erupsi yang semula dominan abu vulkanik menjadi strombolian. Erupsi Anak Krakatau ini disebabkan oleh letak tektoniknya yang berada di batas lempeng pada gambar. 

Di bawah ini merupakan batuan yang kemungkinan dihasilkan langsung dari hasil erupsi Gunung Anak Krakatau, kecuali ....
a. tuff
b. konglomerat
c. andesit
d. basalt
e. ignimbrit

Kunci
Jawaban yang tepat adalah (b) konglomerat.

Konglomerat adalah batuan sedimen yang terdiri dari butir-butir yang besar yang disebut sebagai klastik. Batuan ini biasanya terbentuk dari proses pengendapan material yang diangkut oleh air atau angin, dan umumnya tidak terbentuk dari hasil erupsi vulkanik.

Sementara itu, tuff, andesit, basalt, dan ignimbrit adalah batuan yang umumnya terbentuk dari hasil erupsi vulkanik. Tuff terbentuk dari endapan abu vulkanik yang dihasilkan dari letusan eksplosif, sedangkan andesit, basalt, dan ignimbrit adalah jenis batuan vulkanik yang terbentuk dari cairan magma yang keluar dari kawah gunung berapi.

Gunung Anak Krakatau terkenal dengan aktivitas erupsinya yang eksplosif dan seringkali menghasilkan abu vulkanik dan lava pijar. Oleh karena itu, batuan tuff, andesit, basalt, dan ignimbrit merupakan jenis batuan yang kemungkinan besar dihasilkan langsung dari letusan Gunung Anak Krakatau.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close