Contoh 10 Konsep Geografi Yang Ditemukan Saat Mudik Lebaran - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, April 26

Contoh 10 Konsep Geografi Yang Ditemukan Saat Mudik Lebaran

Belajar geografi itu lebih pas kalau kontekstual atau berdasarkan kenyataan dan fakta lapangan. Salah satu topik yang bisa dipelajar adalah tentang 10 konsep geografi.

Konsep geografi ini seringkali menjadi topik yang agak sulit dipahami oleh siswa kelas 10. Nah untuk mengatasinya maka salah satu caranya adalah dengan mencoba mencari contoh 10 konsep geografi saat mudik lebaran.

Mudik lebaran adalah kegiatan rutin tahunan dan pasti mayoritas masyarakat akan melakukannya. Jadi saat pulang kampung kalian bisa sambil belajar memahami 10 konsep geografi.

Gimana caranya pak?. Caranya adalah dengan mencoba mengobservasi lingkungan sekitar lalu coba tuangkan ke dalam kalimat-kalimat sederhana.

Saya sendiri kemarin mudik dari Bogor ke Jogjakarta, jadi saya akan coba menuliskan contoh 10 konsep geografi dalam kalimat berikut ini. Kata yang diberi tanda huruf tebal adalah kata kunci setiap konsepnya.


1. Lokasi Absolut
"Saat mudik kemarin, saya bersama keluarga mudik dari Cileungsi menuju rumah orang tua di Jogjakarta. Alamat rumah orang tua saya ada di Jl. Karangasem, Dusun Boto Desa Patalan Kecamatan Jetis, Bantul".

2. Lokasi Relatif
"Ruma orang tua saya di kampung memiliki pemandangan yang indah. Bagian depan rumah menghadap ke pesawahan dengan latar Pegunungan Sewu sementara di bagian belakang adalah pesawahan.

3. Jarak Absolut
"Mudik lebaran tahun ini saya dan keluarga menempuh perjalanan darat dari Bogor ke Jogjakarta sejauh kurang lebih 500 km".

4. Jarak Relatif
"Mudik lebaran tahun ini saya dan keluarga menempuh perjalanan darat selama 13 jam dari Bogor menuju Jogjakarta."

5. Keterjangkauan
"Perjalanan mudik tahun ini terbilang lancar menggunakan mobil pribadi karena adanya tol trans Jawa, sehingga kami dapat tiba di tujuan tepat waktu".

6. Pola
"Menurut data dinas perhubungan, puncak arus mudik tahun ini terjadi pada H-3, H-2 dan H-1 Lebaran".

7. Morfologi
"Libur lebaran tahun ini kami berkunjung ke beberapa destinasi wisata, salah satunya adalah Tawangmangu di Karanganyar Jawa Tengah. Tawangmangu menyuguhkan pemandangan perbukitan dan pegunungan berhawa sejuk dan hijau".

8. Aglomerasi
"Saat malam takbiran kemarin, beberapa titik di kota Jogja menjadi wilayah yang ramai karena menjadi pusat pawai takbiran diantaranya adalah Mesjid Jogokariyan dan Malioboro.

9. Interaksi
"Kota Jogjakarta dipadati wisatawan saat lebaran kemarin karena banyak warga pendatang dari luar yang mudik atau berwisata ke kota budaya tersebut".

10. Asosiasi
"Kota Jakarta saat lebaran sangat sepi karena ditinggal penduduknya yang mayoritas adalah kaum pendatang sehingga saat libur lebaran tiba mereka kembali ke kampung halaman untuk sementara".

"Kota Jogjakarta dikenal sebagai kota budaya karena nuansa kental keraton Jawa masih terlihat jelas dalam keseharian masyarakatnya".

Nah, itulah 10 konsep geografi yang saya temukan saat mudik kemari. Gimana, apakah kalian bisa juga menemukannya?. Coba tuliskan sendiri dalam buku catatan kalian ya, pasti dijamin paham. Yuk segera beraksi!. 

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close