Pembahasan Simulasi OSK Geografi 2023 No 81-90 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, April 4

Pembahasan Simulasi OSK Geografi 2023 No 81-90

Oke teman-teman kita lanjut lagi ya buat ngebahas kunci simulasi soal OSN Geografi 2023. Pastikan untuk selalu pantengin blog ini.

Jangan lupa share postingannya ke medsos teman-teman kalian di sekolah. Tetap semangat belajar!.

81. Perhatikan gambar!

Ilustrasi rencana pengembangan kawasan perkotaan di atas menunjukkan perencanaan
kawasan berdasarkan konsep …
a. Transit oriented development
b. Walkable cities
c. Mixed use development
d. Edge cities
e. Ribbon development

Kunci
Kalau melihat titik pusat kegiatan dengan jalur metro (MRT) mungkin bisa dikategorikan kawasan transit oriented.

82. Batuan beku berikut ini mencirikan erupsi Gunung Api Cumbre Vieja yaitu ...
a. andesit, batuan beku gang
b. rhyolit batuan beku esktrusif
c. granit, batuan beku intrusif
d. tefrit, batuan beku ekstrusif
e. gabbro, batuan beku intrusif

Kunci
Dari pilihan yang diberikan, yang mencirikan erupsi Gunung Api Cumbre Vieja adalah opsi (d) tefrit, batuan beku ekstrusif. Tefrit adalah jenis batuan vulkanik ekstrusif yang terbentuk dari magma felsik (kaya silika) yang membentuk kubah lava dan mengalami pendinginan cepat di permukaan bumi. Gunung Api Cumbre Vieja terletak di Kepulauan Canary, yang dikenal dengan erupsi tefritiknya.

83. Pemanfaatan sumberdaya energi fosil di masa depan akan cenderung menurun karena ....
a. ada alternatif sumber energi lain
b. pemanfaatan energi matahari meluas
c. perkembangan teknologi baterai
d. cadangan minyak bumi akan habis
e. harga bahan bakar fosil meningkat

Kunci
Kalau pemanfaatan menurun maka yang mungkin adalah cadangan minyak habis (tapi menurut saya konspirasi), atau ada alternatif energi terbarukan lainnya yang dikembangkan yang lebih efisien sehingga masyarakat akan berubah pola hidupnya. Saya lebih ke jawaban A rasionalnya.

84. Perhatikan gambar!

Berdasarkan citra di atas objek paling dominan yang ada di wilayah tersebut adalah ...
a. sawah
b. perkebunan
c. ladang
d. tegalan
e. hutan

Kunci
Yang dominan yang berwarna hijau dengan tekstur gelap (B) yaitu hutan.

85. Pertumbuhan produktifitas suatu negara ditentukan oleh beberapa parameter. Parameter berikut yang tepat digunakan untuk mengukur pertumbuhan produktifitas negara adalah ....
a. Real GDP
b. Nominal GDP
c. Inflation Rate
d. Goverment Debt to GDP
e. Current Account to GDP

Kunci
Parameter yang tepat digunakan untuk mengukur pertumbuhan produktivitas suatu negara adalah Real GDP atau Gross Domestic Product. Real GDP mengukur nilai seluruh barang dan jasa yang diproduksi dalam suatu negara dalam periode tertentu dengan mengabaikan inflasi. Real GDP memberikan gambaran yang lebih akurat tentang kinerja ekonomi suatu negara karena menghilangkan efek inflasi dari nilai output ekonomi. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah (a) Real GDP.

Sedangkan Nominal GDP mengukur nilai output ekonomi suatu negara tanpa mengambil kira inflasi, sehingga bukan merupakan parameter yang tepat untuk mengukur pertumbuhan produktivitas. Inflation Rate, Government Debt to GDP, dan Current Account to GDP adalah indikator penting dalam ekonomi, tetapi tidak tepat untuk mengukur pertumbuhan produktivitas suatu negara.

86. Pemanfaatan energi sinar matahari sebagai sumber energi pembangkit listrik secara masif di perkotaan akan memiliki dampak lingkungan yang sistemik berupa ....
a. Terjaganya kualitas lingkungan dan kehidupan secara keseluruhan
b. Kemandirian energi, keindahan lingkungan, pengurangan emisi
c. Pemanfaatan teknologi terkini berbasis ketersediaan bahan lokal
d. Hutan terjaga, aliran sungai deras sepanjang tahun, perairan laut jernih
e. Ketersediaan sinar matahari melimpah sepanjang tahun di Indonesia

Kunci
Pemanfaatan energi sinar matahari sebagai sumber energi pembangkit listrik secara masif di perkotaan akan memiliki dampak lingkungan yang sistemik berupa (b) Kemandirian energi, keindahan lingkungan, pengurangan emisi.

Pemanfaatan energi sinar matahari sebagai sumber energi pembangkit listrik secara masif di perkotaan akan mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil dan meningkatkan kemandirian energi suatu negara. Selain itu, penggunaan energi sinar matahari dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan polusi udara yang berkontribusi pada perubahan iklim global dan masalah kesehatan masyarakat.

Sistem pembangkit listrik tenaga surya tidak memerlukan bahan bakar seperti batu bara atau minyak, sehingga dapat mengurangi risiko pencemaran lingkungan. Selain itu, instalasi panel surya dapat ditempatkan di atap bangunan atau di lahan yang tidak digunakan, sehingga tidak mengganggu keindahan lingkungan perkotaan. Dengan demikian, pemanfaatan energi surya sebagai sumber energi pembangkit listrik dapat memiliki dampak lingkungan yang positif dan sistemik bagi kehidupan masyarakat perkotaan.

87. Dalam menentukan beda ketinggian permukaan tanah pada peta rupabumi Indonesia dapat menggunakan ...
a.  posisinya pada muka peta
b. perbedaan warnanya
c. pola objeknya
d. garis konturnya
e. lingkungan sekitarnya

Kunci
Dalam menentukan beda ketinggian permukaan tanah pada peta rupabumi Indonesia, dapat menggunakan (d) garis konturnya.

Garis kontur adalah garis imajiner yang menghubungkan titik-titik pada peta yang memiliki ketinggian yang sama. Dengan menggunakan garis kontur pada peta topografi atau rupabumi, kita dapat menentukan beda ketinggian antara dua titik atau lebih. Semakin rapat garis kontur, semakin curam lereng permukaan tanah. Oleh karena itu, penggunaan garis kontur pada peta topografi atau rupabumi sangat penting untuk mengetahui beda ketinggian permukaan tanah dan memahami topografi suatu wilayah.

Pilihan lain seperti posisinya pada muka peta (a), perbedaan warnanya (b), pola objeknya (c), dan lingkungan sekitarnya (e) tidak dapat secara langsung menunjukkan beda ketinggian permukaan tanah pada peta rupabumi. Meskipun faktor-faktor ini dapat memberikan informasi penting tentang lingkungan dan topografi wilayah, namun tidak dapat secara langsung menunjukkan beda ketinggian permukaan tanah.

88. Perhatikan gambar!
Wilayah dengan huruf C adalah objek ....
a. perkebunan
b. sawah
c. hutan
d. peternakan
e. lapangan

Kunci
Saya kurang paham, itu di posisi Sungai atau pinggirannya. Kalau di yang cokelat maka sungai tapi pinggiranny bisa jadi adalah lapangan (kaya bentuk persegi panjang gitu).

89. Pemanfaatan teknologi mikro-hidro sangat sesuai dikembangkan di Indonesia, karena ...
a. ketersediaannya merata di seluruh wilayah
b. teknologi relatif murah dan terjangkau
c. kawasan yang terisolasi dan terpencil
d. hujan hampir merata dalam setahun
e. kawasan hutan yang relatif terjaga

Kunci
Pemanfaatan teknologi mikro-hidro sangat sesuai dikembangkan di Indonesia karena (c) kawasan yang terisolasi dan terpencil.

Indonesia memiliki banyak wilayah yang terisolasi dan terpencil di mana akses ke listrik masih terbatas atau bahkan tidak ada sama sekali. Oleh karena itu, pengembangan teknologi mikro-hidro sangat penting untuk memenuhi kebutuhan listrik di wilayah-wilayah tersebut.

Teknologi mikro-hidro menggunakan air sebagai sumber energi untuk menghasilkan listrik. Teknologi ini relatif murah dan terjangkau, sehingga dapat diaplikasikan di wilayah-wilayah terpencil yang tidak terjangkau oleh jaringan listrik konvensional. Wilayah-wilayah terpencil di Indonesia yang berada di daerah pegunungan dengan banyaknya sungai dan air terjun, memberikan potensi yang besar untuk pengembangan teknologi mikro-hidro.

Pilihan lain seperti ketersediaan air yang merata di seluruh wilayah (a), curah hujan yang hampir merata dalam setahun (d), dan kawasan hutan yang relatif terjaga (e) memang memiliki potensi untuk pengembangan teknologi mikro-hidro, tetapi tidak sepenting faktor kawasan yang terisolasi dan terpencil (c) sebagai alasan utama.

90. Perhatikan gambar!

Jenis bioma di suatu wilayah seperti ditunjukkan pada gambar di pengaruhi oleh iklim temperatur dan curah hujan. Di Indonesia berdasarkan peta curah hujan tahunannya, daerah yang cenderung memiliki bioma savanna adalah ...
a. Papua
b. Jawa Barat
c. NTT
d. Kalimantan Timur
e. Maluku

Kunci
Savanna atau sabana adalah padang rumput yang diselingi tumbuhan keras seperti akasia. Ekosistem ini banyak dijumpai di wilayah Nusa Tenggara.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close