Pembahasan Simulasi OSK Kebumian 2023 No 41-50 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, April 4

Pembahasan Simulasi OSK Kebumian 2023 No 41-50

 Yok gas lagi nyicil bahas kunci simulasi OSK Kebumian 2023 gaes. Pastikan untuk selalu update postingan di blog ini.

Jangan lupa share ke teman-teman lain ya, semoga sukses, niatkan berkompetisi untuk belajar mengasah diri.

41. Isotop berikut ini yang paling tepat untuk menentukan umur kayu dan arang adalah ....
a. Rubidium-87
b. Kalium-40
c. Karbon-14
d. Uranium-238
e. Nitrogen-14

Kunci
Jawaban yang tepat adalah c. Karbon-14.

Metode penentuan usia karbon-14 (carbon dating) sering digunakan untuk menentukan usia kayu dan arang. Karbon-14 adalah isotop radioaktif yang terbentuk secara alami di atmosfer Bumi melalui interaksi sinar kosmis dengan nitrogen. Ketika tumbuhan atau hewan hidup, mereka menyerap karbon melalui fotosintesis atau makanan yang mereka konsumsi. Karbon-14 akan terus terakumulasi dalam tubuh hingga mereka mati.

Setelah mati, kandungan karbon-14 dalam jasad akan terus menurun karena penguraian radioaktif. Dengan mengukur jumlah karbon-14 yang masih ada dalam sisa-sisa organik tersebut, kita dapat menentukan umur benda tersebut dengan memperkirakan berapa lama waktu yang diperlukan untuk karbon-14 terurai menjadi setengah dari jumlah semula (setengah-hidup).

Isotop yang lain, seperti rubidium-87, kalium-40, dan uranium-238 juga sering digunakan dalam penentuan usia benda-benda geologi yang lebih tua dari beberapa ribu tahun. Namun, untuk menentukan umur kayu dan arang yang relatif muda, metode karbon dating dengan karbon-14 lebih akurat dan sesuai.

42. Terumbu karang adalah terumbu yang terbentuk dari koloni koral. Manakah pernyataan berikut ini yang salah terkait terumbu karang?
a. koral adalah invertebrata laut yang termasuk ke dalam kelas anthozoa
b. umumnya hidup pada air laut dangkal dan jernih
c. memproduksi senyawa silikat sebagai exoskeleton
d. terdapat koral yang hidup pada perairan dalam
e. umumnya hidup bersimbiosis dengan algae

Kunci
Pernyataan c. memproduksi senyawa silikat sebagai exoskeleton adalah salah terkait terumbu karang.

Terumbu karang terbentuk dari koloni koral yang merupakan invertebrata laut dari kelas Anthozoa. Koral biasanya hidup pada air laut dangkal dan jernih, tetapi ada juga yang dapat hidup di perairan dalam. Terumbu karang biasanya terbentuk dari koral yang hidup dalam koloni dan menghasilkan exoskeleton atau rangka luar yang terbuat dari kalsium karbonat. Exoskeleton inilah yang akhirnya membentuk struktur terumbu karang yang besar dan kompleks.

Selain itu, koral juga umumnya hidup dalam simbiosis mutualistik dengan algae, di mana algae memberikan makanan dan oksigen bagi koral, sementara koral memberikan tempat tinggal dan nutrisi bagi algae.

Pernyataan c. yang menyatakan bahwa koral memproduksi senyawa silikat sebagai exoskeleton sebenarnya salah. Koral memproduksi exoskeleton dari kalsium karbonat yang dihasilkan dari kelenjar pada tubuh mereka, dan bukan dari senyawa silikat.

43. Batuan plutonik yang bersifat diskordan dan apabila tersingkap luasnya lebih dari 100 km persegi disebut ...
a. laccolith
b. sill
c. batholith
d. lava
e. dyke

Kunci
Jawaban yang tepat adalah c. batholith.

Batuan plutonik adalah batuan beku yang terbentuk dari magma yang mendingin di dalam kerak Bumi. Batuan ini dapat terbentuk sebagai tubuh intrusi yang berukuran kecil hingga sangat besar. Saat magma mendingin dan mengkristal di dalam kerak Bumi, terdapat beberapa jenis tubuh intrusi batuan plutonik, di antaranya:

Laccolith: tubuh intrusi batuan beku yang memiliki bentuk cekungan atau mangkuk, dengan lapisan batuan yang melengkung naik dari permukaan.
Sill: tubuh intrusi batuan beku yang memiliki bentuk lembaran atau piringan, dan umumnya terbentuk secara horizontal di antara lapisan batuan yang sudah ada.
Batholith: tubuh intrusi batuan beku yang memiliki ukuran yang sangat besar, terdiri dari beberapa intrusi plutonik yang saling berhubungan, dan biasanya memiliki luas lebih dari 100 km persegi.
Lava: batuan beku yang terbentuk dari magma yang keluar dari gunung api atau kawah.
Lopolith: tubuh intrusi batuan beku yang memiliki bentuk mangkuk terbalik, dengan bagian tengah yang lebih dalam dibandingkan dengan pinggirannya.
Jadi, batuan plutonik yang bersifat diskordan dan apabila tersingkap luasnya lebih dari 100 km persegi disebut batholith.

44. Sekitar 200 juta tahun lalu, bumi nampak seperti gambar. Superbenua tunggal tersebut kemudian mulai berpisah menjadi benua yang ada saat ini. Nama superbenua tersebut adalah ...


a. Pangaea
b. Panthalassa
c. Turkana
d. Thetys
e. Gondwana

Kunci
Pangaea adalah sebuah superbenua yang terbentuk sekitar 335 juta tahun yang lalu dan terpecah menjadi benua-benua yang kita kenal saat ini.

Pada masa itu, hampir semua benua yang ada saat ini tergabung menjadi satu benua raksasa yang disebut Pangaea. Proses pembentukan Pangaea tersebut terjadi melalui pergerakan lempeng tektonik, di mana lempeng-lempeng tersebut bergeser dan saling bertabrakan sehingga membentuk satu kesatuan yang besar.

Pangaea memperlihatkan adanya kesamaan pada sejumlah bentuk tanah, seperti adanya pegunungan tua di seluruh dunia, dan adanya fosil yang sama ditemukan pada benua yang berjauhan, seperti fosil glossopteris yang ditemukan di Afrika, Amerika Selatan, Antartika, dan Australia.

Setelah jutaan tahun, Pangaea akhirnya terpecah menjadi dua benua besar, yakni Laurasia dan Gondwana, dan kemudian terpecah lagi menjadi benua-benua yang lebih kecil yang kita kenal saat ini. Proses tersebut disebut dengan teori tektonik lempeng, yang menjelaskan bahwa permukaan Bumi terdiri atas lempeng-lempeng besar yang bergerak relatif satu sama lain.

45. Terdapat tiga fase air di bumi. Pada saat perubahan dari fase satu ke fase yang lain akan terjadi penyerapan panas atau pelepasan tanah. Pilhlah salah satu pernyataan yang paling benar?
a. satu gram es di bumi bersuhu minus 40 derajat mulai meleleh/mencair dengan menyerap panas sebesar 80 kalori
b. satu gram es di kutub bumi bersuhu minus 40 derajat mulai meleleh/mencair akan melepaskan panas lebih dari 80 kalori
c. satu gram es di bumi bersuhu minus 40 derajat mulai meleleh/mencair dan melepaskan panas lebih dari 80 kalori
d.  satu gram es di kutub bumi bersuhu minus 40 derajat akan meleleh/mencair dan menyerap panas lebih dari 80 kalori
e. satu gram es di bumi bersuhu minus 40 derajat mulai meleleh/mencair dan menyerap panas lebih dari 80 kalori

Kunci
Pernyataan yang paling benar adalah e. Ketika satu gram es di bumi bersuhu minus 40 derajat mulai meleleh/mencair, akan terjadi penyerapan panas sebesar lebih dari 80 kalori. Hal ini terjadi karena pada saat es mencair, energi panas digunakan untuk melawan gaya tarik antar molekul air dan melonggarkan struktur kristal es. Dengan demikian, proses meleleh/mencair membutuhkan energi panas atau mengalami penyerapan panas.

46. Sirkulasi air laut yang terjadi di bawah termoklin disebut sebagai ..
a. sirkulasi polar
b. sirkulasi permanen
c. sirkulasi abbysal
d. sirkulasi corriolis laut dalam
e. sirkulasi Gibbs

Kunci
Sirkulasi air laut yang terjadi di bawah termoklin disebut sebagai sirkulasi abyssal. Sirkulasi ini terjadi pada kedalaman lebih dari 2.000 meter dan mengalir perlahan-lahan menuju dasar laut. Air laut yang mengalir dalam sirkulasi abyssal memiliki suhu yang rendah dan kandungan oksigen yang tinggi. Sirkulasi ini sangat penting dalam memelihara keseimbangan lingkungan laut dan membantu mengedistribusikan nutrien dan energi di dalam laut. Sedangkan sirkulasi polar, sirkulasi permanen, sirkulasi coriolis laut dalam, dan sirkulasi Gibbs tidak terjadi di bawah termoklin, melainkan di bagian atas atau tengah kolom air laut.

47. Pumis / pumice adalah ...
a. batuan vulkanik yang sangat vesikuler bewarna terang dengan kepadatan sangat rendah
b. batuan beku berbutir sangat kasar
c. jenis lava basaltik vesikuler umumnya dengan teksur permukaan berbatu
d. batuan berbentuk bulat atau gelondong dengan komposisi utama basaltik yang dikeluarkan saat erupsi
e. batuan yang terbentuk dari fragmen vulkanik yang terpadatkan, beberapa diantaranya dapat dibedakan dengan mata telanjang

Kunci
Pumis atau pumice/batuapung adalah batuan vulkanik yang sangat vesikuler (mengandung gelembung-gelembung udara atau gas) dengan kepadatan sangat rendah sehingga dapat mengapung di atas air. Batuan ini biasanya memiliki warna terang dan terbentuk dari letusan vulkanik yang menghasilkan lava kental yang kaya akan gas. Karena kandungan gas yang banyak, ketika lava mendingin dan mengeras, gelembung-gelembung gas tertangkap di dalamnya, membentuk struktur vesikuler pada batuan pumis. Oleh karena itu, batuan pumis sering digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan batu apung atau bahan penggosok.

48. Manakah fakta berikut ini yang benar tentang kondisi air laut di bawah termoklin permanen?
a. tidak terjadi perubahan suhu yang dipengaruhi oleh musim
b. temperatur sekitar 10 derajat Celcius
c. terjadi percampuran secara turbulen oleh gelombang dan angin
d. kedalaman air laut yang bertemperatur dingin berbeda pada posisi geografis di dekat khatulistiwa dan di dekat kutub
e. memiliki temperatur yang berbeda pada posisi geografis berbeda

Kunci
Fakta yang benar tentang kondisi air laut di bawah termoklin permanen adalah:

a. Tidak terjadi perubahan suhu yang dipengaruhi oleh musim. Termoklin permanen merupakan lapisan air laut yang terletak di bawah permukaan laut yang dicirikan oleh perubahan suhu yang sangat stabil, tidak dipengaruhi oleh perubahan musiman.

b. Temperatur sekitar 10 derajat Celcius. Air di bawah termoklin permanen umumnya memiliki suhu antara 0 - 3 derajat Celcius di kutub dan sekitar 10 derajat Celcius di daerah tropis dan subtropis.

c. Tidak terjadi percampuran secara turbulen oleh gelombang dan angin. Karena lapisan air di atas termoklin permanen cenderung stabil dan tidak bergerak, maka tidak terjadi percampuran yang turbulen antara air di atas dan di bawah termoklin.

d. Kedalaman air laut yang bertemperatur dingin berbeda pada posisi geografis di dekat khatulistiwa dan di dekat kutub. Karena pengaruh suhu dari iklim dan arus laut yang berbeda-beda di berbagai daerah, maka kedalaman termoklin permanen yang berada pada suhu dingin akan berbeda di daerah yang berbeda.

e. Tidak memiliki temperatur yang berbeda pada posisi geografis berbeda. Termoklin permanen cenderung memiliki suhu yang sama pada posisi geografis yang berbeda, terlepas dari perbedaan iklim atau arus laut yang ada.

49. Salah satu petrifikasi sebagai salah satu proses pemfosilan organisme yaitu ....
a. bentukan asli saja yang terawetkan
b. bentukan asli dan strukturnya yang terawetkan
c. tidak dapat dikenali struktur aslinya lagi
d. hanya sebagian kecil yang terawetkan
e. terjadi perubahan bentuk asli

Kunci
b. bentukan asli dan strukturnya yang terawetkan

Petrifikasi adalah proses pemfosilan organisme di mana jaringan organisme digantikan oleh mineral, sehingga bentukan asli dan strukturnya tetap terjaga. Salah satu contoh petrifikasi adalah fosil kayu yang diubah menjadi batu dengan struktur kayu yang masih terjaga

50. Pernyataan yang mencerminkan metamorfosa kontak adalah ...
a. adanya peran magma untuk merubah batuan yang sudah ada menjadi batuan metamorf
b. terjadi pada batas lempeng yang terkena temperatur dan tekanan yang tinggi
c. akibat tekanan terhadap sedimen diantara batuan yang lebih kompak dan padat
d. batuan yang terbentuk secara cepat hasil dari erupsi magma gunung api
e. adanya tekanan yang sangat tinggi terhadap batuan sedimen dalam suatu cekungan

Kunci
Pernyataan yang mencerminkan metamorfosa kontak adalah a. adanya peran magma untuk merubah batuan yang sudah ada menjadi batuan metamorf. Metamorfosa kontak terjadi ketika batuan terkena suhu tinggi dari kontak dengan magma intrusif yang panas. Panas dari magma merubah sifat fisik dan kimia batuan sekitarnya, sehingga terbentuk batuan metamorf. Proses ini juga dikenal sebagai metamorfosa termal.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close