Pembahasan Simulasi OSK Geografi 2023 No 91-100 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, April 4

Pembahasan Simulasi OSK Geografi 2023 No 91-100

The Last, yuk simak pembahasan kunci jawaban soal simulasi OSK Geografi 2023 10 nomor terakhir. Semoga postingan di blog ini dapat membantu meskipun tidak banyak untuk bahan belajar adik-adik.

Ingat bahwa jika anda berjuang maka peluangnya ada dua yaitu gagal atau berhasil, tapi kalau tidak mau berjuang maka tidak ada pilihan selain gagal.

91. Perhatikan gambar!

Gambar di atas adalah contoh hasil pelapukan sarang madu atau “honeycomb weathering”. Fitur ini banyak ditemukan di lingkungan …
a. Lingkungan dimana banyak lumut, tundra dan alpin
b. Lingkungan dengan temperatur 0°C seperti di lingkungan taiga dan tundra
c. Lingkungan kaya garam seperti di gurun dan pesisir
d. Lingkungan dengan dominasi monsun seperti sabana tropis
e. Lingkungan basah dengan curah hujan tinggi sepanjang tahun seperti di hutan hujan
tropis

Kunci
Pelapukan sarang lebah, juga dikenal sebagai sarang lebah, batu pasir sarang lebah, adalah suatu bentuk pelapukan gua dan subkategori tafoni yang terdiri dari rongga-rongga yang teratur, berdekatan, dan umumnya berpola yang berkembang pada batuan dasar yang lapuk; berukuran kurang dari 2 cm; dan menyerupai struktur sarang lebah.

Di banyak tempat, lubang-lubang tersebut terjadi bersamaan dengan lapisan permukaan yang mengeras yang terbentuk ketika pelarutan mineral ferroksida diikuti dengan pengendapan hidroksida besi di dekat permukaan singkapan. Ketebalan lapisan yang mengeras ini dapat berkisar dari beberapa milimeter hingga beberapa sentimeter.

Fenomena tafoni ini umum dijumpai di wilayah lingkungan kaya garam seperti di gurun dan pesisir.

92. Keberadaan penduduk Maroko di Pulau Fuerteventura, Spanyol digolongkan sebagai …
a. Asylum seeker
b. Refugee
c. International migrant
d. National migrant
e. Illegal migrant

Kunci
Berdasarkan informasi yang diberikan, keberadaan penduduk Maroko di P. Fuerteventura, Spanyol, dapat digolongkan sebagai "International migrant" atau migran internasional. Istilah ini mengacu pada seseorang yang tinggal di negara yang berbeda dari negara asalnya untuk jangka waktu yang lama atau permanen. Dalam kasus ini, penduduk Maroko yang tinggal di P. Fuerteventura, Spanyol, telah melakukan perpindahan dari negara asal mereka untuk tinggal di negara lain untuk jangka waktu yang lama. Cek lokasi detailnya di map berikut.

93. Bencana hidrometeorologi di daerah beriklim tropis yang melanda wilayah yang sangat luas adalah  ....
a. ekspansi gelombang udara panas
b. banjir karena hujan lebat
c. longsor lahan
d. kekeringan kemarau panjang
e. angin puting beliung

Kunci
Kekeringan dapat terjadi di Indonesia karena beberapa faktor, antara lain:

Iklim: Indonesia terletak di wilayah tropis dan memiliki dua musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Selama musim kemarau, curah hujan menjadi sangat rendah, sehingga dapat menyebabkan kekeringan.

El Nino: Fenomena El Nino dapat menyebabkan penurunan curah hujan di Indonesia, terutama pada musim kemarau.

Deforestasi: Penebangan hutan yang tidak terkontrol dapat menyebabkan hilangnya sumber daya air dan mengurangi kemampuan tanah untuk menahan air, sehingga dapat memperburuk kekeringan.

Perubahan iklim global: Perubahan iklim global dapat mempengaruhi pola curah hujan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Pemanasan global dapat menyebabkan perubahan musim, curah hujan yang tidak teratur, dan kekeringan yang lebih sering terjadi.

Kekeringan dapat memiliki dampak yang serius bagi kehidupan manusia dan ekosistem. Kekeringan dapat menyebabkan kekurangan air, kerusakan tanaman, dan bahkan kelaparan dan konflik sosial. Oleh karena itu, penting untuk melakukan upaya pengelolaan sumber daya air yang baik dan berkelanjutan untuk mengurangi risiko kekeringan di Indonesia.

94.  Vicious circle of poverty menunjukkan bahwa kemiskinan terjadi secara multidimensi,
tahap awal agar dapat keluar dari kemiskinan berdasarkan siklus tersebut adalah …
a. Investasi saham
b. Menempuh pendidikan setinggi-tingginya
c. Memperbaiki tempat tinggal dan sanitasi
d. Memenuhi kebutuhan tersier
e. Menabung deposito

Kunci
Jawaban yang tepat adalah opsi (c) Memperbaiki tempat tinggal dan sanitasi. Vicious circle of poverty atau lingkaran setan kemiskinan mengacu pada kondisi di mana kemiskinan terjadi secara multidimensi, di mana kemiskinan dalam satu dimensi mempengaruhi kemiskinan dalam dimensi lainnya, membentuk siklus yang sulit diputuskan. Salah satu cara untuk memecahkan siklus tersebut adalah dengan memperbaiki kondisi tempat tinggal dan sanitasi. Hal ini karena kondisi tempat tinggal dan sanitasi yang buruk dapat menyebabkan kesehatan yang buruk, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi kemampuan untuk bekerja dan belajar, dan selanjutnya memperburuk kemiskinan. Oleh karena itu, memperbaiki tempat tinggal dan sanitasi dapat membantu memutus siklus kemiskinan.

95. Pada ilustrasi siklus karbon tersebut di bawah, proses pelepasan karbon tanaman dan binatang terjadi pada proses 2 dan 4, yaitu …


a. Fotosintesis
b. Respirasi
c. Emisi
d. Konsumsi
e. Dekomposisi

Kunci
Jawabannya adalah respirasi atau pernapasan mahluk hidup.

96. Apabila ingin menentukan panjang jalan (garis merah) pada peta rupa bumi di bawah maka dapat dilakukan dengan bantuan ....

a. grid peta
b. angka skala peta
c. skala batang
d. koordinat peta
e. posisi pada peta

Kunci
Cara menentukan panjang jalan adalah dengan mengalikan jarak di peta dengan angka skala peta. Jadi B jawabannya.

97. Daerah pegunungan denudasional pada umumnya berpotensi mengalami bencana akibat proses …
a. Gempa bumi dan banjir
b. Erosi tanah dan longsor lahan
c. Banjir bandang dan kekeringan litologis
d. Longsor dan banjir
e. Gempabumi dan longsor

Kunci
Jawaban yang tepat adalah opsi (b) Erosi tanah dan longsor lahan. Daerah pegunungan denudasional, yang mana tanah dan vegetasi telah terkikis secara signifikan, cenderung memiliki kemiringan lereng yang curam dan tanah yang tidak stabil, sehingga rentan terhadap terjadinya erosi tanah dan longsor lahan. Hal ini dapat disebabkan oleh faktor alamiah seperti hujan yang lebat dan erosi tanah yang berkelanjutan, serta faktor manusia seperti penebangan hutan yang berlebihan atau pembangunan tanpa pertimbangan teknis yang memadai.

98. Perhatikan gambar citra!

Lokasi A (sawah) terletak pada daerah yang lebih rendah dari lokasi B dapat dilihat dari parameter ...
a. tekstur
b. pola
c. warna
d. situs
e. asosiasi

Kunci
Lokasi A adalah sawah dicirikan dengan warna cerah, pola lebih halus. Indikator lain untuk mendeteksi sawah ini lokasinya lebih rendah adalah situsnya yang dekat wilayah bantaran sungai. Oleh sebab itu pastinya kelerengan akan semakin rendah jika semakin dekat aliran sungai.

99. Perhatikan gambar!
Ilustrasi di atas menunjukkan perkembangan kawasan perkotaan Kota Bogota, Kolombia pada 1970-2016. Berdasarkan ilustrasi tersebut, faktor yang paling berpengaruh terhadap pola pertumbuhan kawasan perkotaan Bogota adalah …
a. Ketersediaan SDA
b. Kebijakan pengembang perkotaan
c. Aglomerasi kawasan ekonomi
d. Topografi dan aksesibilitas
e. Ketersediaan infrastruktur dan fasilitas penunjang kota

Kunci
Jika dilihat di sekeliling Bogota terdapat fisiografis pegunungan yang menghambat penjalaran pembangunan ke sebelah timur. Jadi topografi dan aksesibilitas yang mempengaruhi pola perkembangan kota Bogota.

100. Gambar menunjukkan salah satu peninggalan pra sejarah di Gua Leang-Leang Sulawesi Selatan. Lukisan tersebut memenuhi salah satu pembentuk kebudayaan menurut Cateora yaitu ...

a. Lembaga sosial
b. Sistem kepercayaan
c. Estetika
d. Bahasa
e. Kebudayaan non-material

Kunci
Jawaban yang tepat adalah opsi (c) Estetika. Lukisan di gua tersebut merupakan contoh dari seni primitif, dan seni merupakan bagian dari estetika, yaitu unsur kebudayaan yang berkaitan dengan pandangan dan nilai-nilai mengenai keindahan, kesenangan, dan kepuasan. Lukisan tersebut mengungkapkan nilai-nilai estetika pada masa lalu, yang masih berpengaruh pada kebudayaan saat ini.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close