Pembahasan SIMAK UI Geografi 2019 Part 2 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Kamis, Mei 25

Pembahasan SIMAK UI Geografi 2019 Part 2


Halo teman-teman, kita lanjut lagi untuk membahas kunci jawaban soal SIMAK UI materi geografi. Pantengin terus blog guru geografi dan share ke grup teman kalian.

Soal SIMAK UI pada dasarnya memiliki level yang menengah sampai agak sulit, yang penting banyak berlatih dan belajar pola soalnya.

6. Pemanfaatan sumber daya energi panas bumi tersebar di beberapa daerah di Indonesia, antara lain di wilayah ....
(A) Ijen, Kamojang, Dumai
(B) Sarulla, Ciremai, Bontang
(C) Dieng, Kaliadem, Bintuni
(D) Ijen, Dieng, Soreang
(E) Sungai Penuh, Sarulla, Dieng

Kunci
Menurut data ESDM ada 13 instalasi geotermal di Indonesia diantaranya Sungai Penuh Sumatera Utara, Sarulla Jambi dan Dieng Jawa Tengah. 

7. Peta yang dapat digunakan untuk menentukan prioritas penempatan proyek kegiatan padat karya adalah ....
(A) peta persebaran pusat ekonomi
(B) peta persebaran dan kepadatan penduduk
(C) peta persebaran permukiman
(D) peta persebaran lokasi industri
(E) peta jaringan transportasi

Kunci
Industri padat karya itu membutuhkan modal tenaga kerja yang banyak jadi peta tematik yang relevan adalah peta persebaran dan kepadatan penduduk.

8. Suhu permukaan bumi yang terekam melalui sensor pengindraan jauh berasal dari ....
(A) absorpsi gelombang inframerah termal oleh permukaan bumi
(B) transmisi gelombang inframerah dekat oleh benda panas
(C) refleksi gelombang inframerah termal oleh permukaan bumi
(D) difusi gelombang inframerah dekat oleh benda panas
(E) emisi gelombang inframerah termal oleh permukaan bumi

Kunci
Suhu pada objek di permukaan bumi yang terekam oleh sensor penginderaan jauh dihasilkan dari mekanisme pengukuran radiasi termal atau suhu permukaan objek tersebut. Sensor penginderaan jauh yang mampu mengukur suhu ini dikenal sebagai sensor suhu atau sensor termal.

Sensor penginderaan jauh yang dirancang untuk mengukur suhu memfokuskan pada rentang inframerah termal, di mana objek dengan suhu tertentu memancarkan radiasi inframerah sesuai dengan hukum pergeseran Wien. Radiasi inframerah ini dipantulkan objek dan ditangkap oleh sensor dan diubah menjadi informasi suhu yang dapat dianalisis dan digunakan untuk berbagai aplikasi.

Jadi C refleksi jawabannya.

9. Beberapa sumber data spasial yang dapat digunakan untuk menganalisis bencana banjir berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah ....
(A) lereng, geologi, jenis tanah
(B) jaringan jalan, jaringan sungai, sempadan sungai
(C) ketinggian, suhu permukaan, lereng
(D) garis pantai, lebar sungai, jaringan sungai
(E) curah hujan, lereng, penggunaan lahan

Kunci
Indikator yang berkaitan dengan analisis bencana banjir adalah curah hujan, lereng dan tata guna lahan.

10. Pencetus pertama teori yang menyatakan bahwa terbentuknya sebuah kota tidak secara serentak dan memerlukan proses adalah ....
(A) August Losch
(B) Christaller
(C) Von Thunenn
(D) Perroux
(E) Alfred Webber

Kunci
Teori Kutub pertumbuhan (growth pole) dikemukakan oleh Francois Perrox adalah konsep yang digunakan dalam pembangunan ekonomi dan perencanaan regional. Konsep ini mengacu pada wilayah geografis atau kawasan yang diidentifikasi sebagai pusat pertumbuhan ekonomi yang kuat dan berpotensi untuk memicu perkembangan ekonomi di sekitarnya.

Kutub pertumbuhan biasanya memiliki keunggulan komparatif atau keunggulan kompetitif yang membuatnya menjadi fokus investasi dan pembangunan. Wilayah ini dapat memiliki sumber daya alam yang kaya, infrastruktur yang baik, aksesibilitas yang tinggi, pasar yang besar, industri yang maju, institusi pendidikan atau penelitian yang kuat, atau kombinasi faktor-faktor tersebut. Keberadaan kutub pertumbuhan ini diharapkan dapat menarik investasi, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan, dan mengembangkan sektor ekonomi di sekitarnya.

Konsep kutub pertumbuhan berdasarkan pada gagasan bahwa pertumbuhan ekonomi tidak merata di seluruh wilayah, dan dengan memusatkan upaya pembangunan di wilayah-wilayah tertentu, pertumbuhan dapat dipercepat dan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di sekitarnya melalui efek multiplier. Dalam praktiknya, pemerintah dan lembaga pembangunan sering kali memberikan insentif dan dukungan khusus kepada kutub pertumbuhan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close