Contoh Soal Pretes Pedagogik 2023 Bab Konsep Dasar Pendidikan + Jawaban [Part 2] - Guru Geografi
News Update
Loading...

Kamis, Juli 20

Contoh Soal Pretes Pedagogik 2023 Bab Konsep Dasar Pendidikan + Jawaban [Part 2]


Lanjut lagi teman-teman kita bahas soal pretes pedagogik tahun 2023 topik landasan konsep dasar pendidikan.

Silahkan dipelajari kata kuncinya dan banyak berlatih supaya lebih paham dan lancar nanti saat menjawab soal.

6. Berikut ini implikasi landasan historis dalam proses pendidikan di Indonesia
adalah...
A. Guru melaksanakan perannya sesuai dengan semboyan “tut wuri handayani”
B. Kurikulum pendidikan dikembangkan dengan memperhatikan psiklogi perkembangan peserta didik
C. Pembentukan komite sekolah sebagai bentuk kerjasama antar sekolah dengan masyarakat
D. Guru mengajarkan mata pelajaran bermuatan lokal sesuai dengan daerah tempat mengajarnya
E. Terdapat program Bantuan Operasional Sekolah untuk sekolah-sekolah negeri

Kunci
D. Guru mengajarkan mata pelajaran bermuatan lokal sesuai dengan daerah tempat mengajarnya.

Implikasi landasan historis dalam proses pendidikan di Indonesia mencakup pendekatan edukasi yang mencerminkan nilai-nilai lokal dan kearifan budaya setempat. Salah satu implikasinya adalah guru diharapkan mengajarkan mata pelajaran dengan memperhatikan dan mengintegrasikan aspek-aspek budaya lokal dari daerah tempat mengajarnya. Hal ini bertujuan untuk memperkuat identitas budaya peserta didik, meningkatkan relevansi pendidikan dengan kehidupan sehari-hari mereka, serta melestarikan warisan budaya Indonesia.

7. Pengertian landasan dibagi dua yaitu landasan fisik dan konseptual. Berikut ini yang termasuk dalam landasan konseptual adalah....
A. Kurikulum dan silabus 
B. Pancasila dan UUD 1945
C. Kerangka berfikir
D. Desain bangunan
E. Tujuan pendidikan

Kunci
C. Kerangka berfikir

Landasan konseptual dalam konteks pendidikan merujuk pada teori, ide, dan kerangka berpikir yang menjadi dasar dalam merancang dan mengembangkan pendidikan. Ini termasuk prinsip-prinsip filosofis, pandangan pendidikan, konsep pembelajaran, dan model pendekatan yang membentuk pandangan sistemik mengenai pendidikan.

Pilihan lainnya:

A. Kurikulum dan silabus: Termasuk dalam landasan fisik, karena berkaitan dengan rencana dan panduan konkret untuk pembelajaran.
B. Pancasila dan UUD 1945: Termasuk dalam landasan nilai dan ideologi negara, lebih dari landasan konseptual dalam pendidikan.
D. Desain bangunan: Termasuk dalam landasan fisik, karena berkaitan dengan infrastruktur dan fasilitas fisik pendidikan.
E. Tujuan pendidikan: Termasuk dalam landasan nilai dan filosofis, bukan landasan konseptual yang lebih fokus pada teori dan pandangan pendidikan.

8.  Pendidikan harus dilakukan sesuai dengan tahap-tahap dan tugas pekermbangan peserta didik. Oleh kareananya pendidikan dilaksanakan dengan mengacu pada landasan....
A. Psikologi pendidikan
B. Sosiologi pendidikan
C. Religi pendidikan
D. Ekonomi pendidikan
E. Ilmu pengetahuan dan Teknologi

Kunci
Jawaban yang tepat adalah:

A. Psikologi pendidikan

Landasan psikologi pendidikan sangat penting dalam merancang pendidikan yang efektif dan sesuai dengan tahap-tahap perkembangan peserta didik. Psikologi pendidikan berfokus pada pemahaman tentang bagaimana peserta didik belajar dan berkembang, termasuk aspek-aspek kognitif, sosial, emosional, dan moral. Dengan mengacu pada landasan psikologi pendidikan, pendidik dapat merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan peserta didik dalam setiap tahap perkembangannya.

Pilihan lainnya:

B. Sosiologi pendidikan: Lebih berkaitan dengan studi tentang interaksi sosial dalam konteks pendidikan dan hubungan antara individu dengan masyarakat di dalamnya.
C. Religi pendidikan: Lebih mengarah pada aspek pendidikan yang berbasis nilai-nilai keagamaan dan pengajaran agama.
D. Ekonomi pendidikan: Lebih berkaitan dengan studi mengenai aspek keuangan dan sumber daya dalam sistem pendidikan.
E. Ilmu pengetahuan dan Teknologi: Meskipun penting dalam pendidikan modern, bukan termasuk landasan yang langsung berhubungan dengan tahap-tahap dan tugas perkembangan peserta didik.

9. Sila pertama pancalisa adalah keTuhanan YME oleh sebab itu pendidikan hendaknya bertujuan agar peserta didik beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME. Hal tersebut merupakan contoh
A. Landasan yuridis
B. Landasan psikologis
C. Landasan religius
D. Landasan sosilogis
E. Landasan historis

Kunci
Jawaban yang tepat adalah:

C. Landasan religius

Pernyataan tersebut menggambarkan landasan religius dalam pendidikan, yaitu mengenai nilai-nilai agama dan kepercayaan kepada Tuhan. Dalam konteks Pancasila, sila pertama menyatakan tentang "Ketuhanan Yang Maha Esa" (keTuhanan YME), sehingga pendidikan diharapkan bertujuan agar peserta didik memiliki iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Pilihan lainnya:

A. Landasan yuridis: Berkaitan dengan dasar hukum atau perundang-undangan yang mengatur sistem pendidikan.
B. Landasan psikologis: Berkaitan dengan teori dan pengetahuan psikologi untuk memahami perkembangan dan proses belajar peserta didik.
D. Landasan sosilogis: Berkaitan dengan aspek sosial dalam pendidikan, termasuk interaksi antarindividu dan kelompok dalam lingkungan pendidikan.
E. Landasan historis: Berkaitan dengan dasar sejarah atau perkembangan sistem pendidikan dari masa lampau hingga saat ini.

10. Salah satu tripusat pendidikan bagi anak adalah keluarga. Orang tua yang dalam kesehariannya rajin melaksanakan ibadah sesuai dengan waktu yang ditentukan. Pada hakekatnya menanamkan pada anak...
A. Hak dan kewajiban
B. Kejujuran dan toleransi
C. Gotong royong dan tangung jawab
D. Kedisiplinan dan tanggung jawab
E. Kejujuran dan Tenggang rasa

Kunci
Jawaban yang tepat adalah:

D. Kedisiplinan dan tanggung jawab

Dalam kesehariannya, orang tua yang rajin melaksanakan ibadah sesuai dengan waktu yang ditentukan menanamkan nilai-nilai kedisiplinan dan tanggung jawab pada anak. Kedisiplinan tercermin dalam konsistensi dan ketepatan waktu dalam menjalankan ibadah, sedangkan tanggung jawab tercermin dalam komitmen untuk memenuhi kewajiban agama.

Pilihan lainnya:

A. Hak dan kewajiban: Bukan jawaban yang tepat karena tidak ada informasi yang menyiratkan penerapan nilai-nilai hak dan kewajiban dalam konteks orang tua yang menjalankan ibadah.
B. Kejujuran dan toleransi: Tidak ada informasi yang mengindikasikan bahwa hal ini ditonjolkan dalam situasi orang tua beribadah dalam kesehariannya.
C. Gotong royong dan tanggung jawab: Tidak ada informasi tentang gotong royong dalam konteks ibadah orang tua, tetapi tanggung jawab dapat relevan.
E. Kejujuran dan Tenggang rasa: Tidak ada informasi tentang tenggang rasa dalam konteks ibadah orang tua, tetapi kejujuran dapat relevan.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close