Pembahasan Jawaban Soal Post Tes Training IGEO 2023 [No 1-5] - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Juli 30

Pembahasan Jawaban Soal Post Tes Training IGEO 2023 [No 1-5]


Beberapa waktu lalu saya diundang sebagai perwakilan kota untuk ikut seleksi daring untuk ikut pelatihan offline di Bandung sebagai tuan rumah IGEO 2023.

Di akhir sesi ada post tes dimana semua guru harus menjawab 90 soal yang sudah diberikan topik materinya selama 10 hari. 

Untuk yang penasaran contoh pembahasan soalnya, saya berikan disini. Silahkan dipelajari!.

1. Perbandingan ketebalan lapisan homosfer jika dibandingkan dengan radius jari-jari bumi diperkirakan sebesar ....
A. 0,71%
B. 1,56%
C. 2,21%
D. 2,83%
E. 3,00 %

Kunci
Radius atau jari-jari bumi itu 6.400 km
Sementara itu ketebalan homosfer atau atmosfer bagian dalam itu 100 km. Jadi tinggal pakai hitungan persentase matematika sederhana saja.

100 km / 6.400 km x 100 % =1,56%, jadi B jawabannya.

Ini hitungan matematika dasar, hayo siapa yang masih gak lulus hitungan seperti ini?. He.

2. Tekanan udara di ketinggian 50 mdpl lebih tinggi dibandingkandi 8.000 mdpl, disebabkan oleh ...
A. gejala cuaca termasuk angin, kelembaban dan kandungan oksigen lebih intensif pada lapisan troposfer
B. di permukaan bumi dengan suhu 20 derajat, kerapatan udara berbanding terbalik dengan tekanan duaranya
C. kerapatan udara di ketinggian 50 mdpl lebih rendah dibandingkan dengan di 8.000 mdpl
D. kerapatan udara di ketinggian 50 mdpl lebih tinggi dibandingkan di atas 8.000 mdpl
E. karakteristik lapisan atmosfer yang berbeda-beda berdasarkan komposisi udara, reaksi kimia, ionisasi dan suhunya.

Kunci
Tekanan udara itu menurun eksponensial terhadap ketinggian. Jadi kerapatan udara di ketinggian rendah 50 mdpl ya pasti lebih tinggi dibandingkan di atas 8.000 mdpl. Cek gambar di bawah ini grafiknya:

3. Gejala perubahan dan perbedaan tekanan udara dapat ditemukan pada kehidupan sehari-hari. Di bawah ini adalah gejala yang dapat diamati dari hal tersebut, kecuali ....
A. botol air mineral berbahan plastik lunak mengempis di dalam kendaraan ber AC
B. penumpang merasakan telinganya berdengung dalam pesawat saat mendarat
C. pendaki gunung semakin berat bernafas pada setiap kenaikan menuju puncak
D. minuman dalam kemasan botol tidak pernah diisi penuh agar tutup botol tidak lepas
E. angin musim berhembus dari benua Asia ke benua Australia pada bulan Desember

Kunci
Gejala perubahan dan perbedaan tekanan udara yang dapat diamati dari kehidupan sehari-hari termasuk:

A. Botol air mineral berbahan plastik lunak mengempis di dalam kendaraan ber AC: Ketika kendaraan ber-AC bergerak, tekanan udara di dalam kendaraan dapat berkurang, menyebabkan botol plastik lunak menjadi mengempis karena tekanan udara di dalam botol lebih besar daripada di luar.

B. Penumpang merasakan telinganya berdengung dalam pesawat saat mendarat: Ketika pesawat turun dari ketinggian, tekanan udara di sekitar kita berubah dan dapat menyebabkan perbedaan tekanan antara telinga bagian dalam dan luar. Hal ini dapat menyebabkan sensasi telinga berdengung atau tersumbat.

C. Pendaki gunung semakin berat bernafas pada setiap kenaikan menuju puncak: Saat pendaki naik ke ketinggian yang lebih tinggi, tekanan udara semakin rendah. Karena tekanan udara lebih rendah, jumlah oksigen dalam setiap napas juga berkurang, sehingga pendaki merasa semakin berat bernafas.

D. Minuman dalam kemasan botol tidak pernah diisi penuh agar tutup botol tidak lepas: Air dalam botol bisa memuai. Jadi, jika air di dalam botol diisi penuh maka tak ada ruang bagi air saat proses pemuaian. Efeknya botol bisa pecah (kalau botol kaca), atau tutup botol yang rapat bisa menjadi rusak karena tekanan massa air yang memuai.

E. Angin musim berhembus dari benua Asia ke benua Australia pada bulan Desember: Ini adalah sebuah peristiwa iklim atau pola angin musiman yang dapat terjadi karena perbedaan tekanan atmosfer antara benua Asia dan benua Australia. Ini bukan gejala perubahan atau perbedaan tekanan udara dalam kehidupan sehari-hari, tetapi sebuah fenomena alam yang lebih besar dan kompleks

Saya kurang paham juga terkait opsi jawabannya, karena setelah cari-cari teorinya, semua mengarah pada tekanan udara. Atau lebih pada konteks dapat diamati oleh mata dengan mudah atau bagaimana, masih belum tahu.

4. Pada lapisan stratosfer, suhu akan kembali naik terhadap ketinggian setelah menurun di lapisan troposfer karena ....
A. adanya angin musim yang melintas antar benua
B. anomali pada konsep near-surface lapse rate
C. inversi gelombang pendek matahari oleh ozon
D. unsur ozon melepas panas yang dimilikinya
E. unsur pelindung bumi dari pemanasan global

Kunci
Lapisan ozon di stratosfer berfungsi sebagai lapisan pelindung bagi Bumi karena menyerap sebagian besar radiasi UV yang dipancarkan oleh matahari. Proses ini terjadi ketika molekul ozon menyerap radiasi UV dan melepaskan energinya dalam bentuk panas. Efek penyerapan ini menyebabkan peningkatan suhu di lapisan stratosfer, yang disebut juga dengan istilah "stratospheric heating." Istilah lainnya adalah inversi.

Mengapa di lapisan stratosfer terjadi inversi?
Terjadinya inversi suhu pada lapisan tersebut adalah adanya penyebaran sinar ultraviolet oleh atom oksigen. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penyebab inversi suhu di lapisan stratosfer dan termosfer adalah karena adanya penyebaran sinar ultraviolet oleh atom oksigen yang menyebabkan suhu di lapisan tersebut panas.

5. Laju adiabatik kering atau dry adiabatic lapse rate adalah laju perubahan suhu dalam suatu parsel udara kering saat bergerak naik atau turun secara vertikal di atmosfer. Setiap kenaikan ketinggian 100 m maka suhu udara akan turun 1 derajat Celcius dan setiap ketinggian turun 100 m suhu udara akan naik 1 derajat Celcius. Dengan mengacu pada konsep tersebut, jika satu kotak udara kering di bawa naik maka peristiwa yang mungkin terjadi adalah ....
A. terbentuk embun
B. proses kondensasi
C. udara memuai
D. kompresi udara
E. pembentukkan es

Kunci
Menurut konsep laju adiabatik kering, setiap kenaikan ketinggian 100 m, suhu udara dalam kotak tersebut akan turun 1 derajat Celsius karena udara memuai (ekspansi). Sebaliknya, jika kotak udara turun secara vertikal, tekanan atmosfer pada kotak udara tersebut meningkat, dan udara di dalamnya akan mengalami kompresi. Setiap ketinggian turun 100 m, suhu udara dalam kotak tersebut akan naik 1 derajat Celsius karena udara mengalami kompresi.

Pilihan A (terbentuk embun) dan B (proses kondensasi) terkait dengan perubahan fase air dari uap ke cairan dan biasanya terjadi ketika udara lembap naik dan mendingin, bukan pada peristiwa ketika udara kering naik.

Pilihan D (kompresi udara) adalah proses yang benar terjadi ketika udara kering turun secara vertikal dan mengalami peningkatan tekanan, sehingga suhu udara dalam kotak meningkat.

Pilihan E (pembentukkan es) tidak terkait dengan peristiwa udara kering naik atau turun secara vertikal.

Jadi, jawaban yang benar adalah C. udara memuai.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close