Soal Latihan Pretes PPG Geografi 2023 dan Kunci Jawaban Part 5 [Materi Profesional] - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Juli 26

Soal Latihan Pretes PPG Geografi 2023 dan Kunci Jawaban Part 5 [Materi Profesional]


Halo kawan-kawan kita lanjut lagi ngebahas soal latihan pretes geografi profesional dengan tipe soal hots dan sulit.

Jangan lupa untuk selalu share postingan di blog ini ke teman-teman lain di grup medsos kalian ya!. Semangat belajar dan berjuang untuk PPG tahun ini!.

21. Kondisi iklim sangat berkaitan dengan syarat hidup tanaman; Hubungan tanaman budidaya dengan kondisi iklim adalah ...
A. Durian sangat cocok hidup di daerah bercurah hujan tinggi
B. Teh sangat bagus ditanam di daerah bercurah hujan tinggi
C. Tebu berproduksi tinggi pada daerah bercurah hujan tinggi
D. Kopi berkembang dengan baik di daerah bersuhu rendah
E. Tembakau berproduksi optimal pada daerah yang bersuhu tinggi

Kunci
Tanaman teh memerlukan air dalam jumlah banyak atau setara dengan curah hujan 2000-4000 mm/tahun agar tumbuh dengan optimal (Santoso et al., 2006). Hal ini menyebabkan tanaman teh tidak tahan terhadap musim kemarau yang panjang. Oleh karena itu, kebutuhan airnya sangat tergantung dari air hujan. Curah hujan yang kurang dari 60 mm/minggu menyebabkan unsur hara yang di berikan pada tanaman teh belum dapat diurai dengan sempurna sehingga memperlambat pertumbuhan.

22. Banjir bandang terjadi secara tiba-tiba karena rusaknya daerah hulu sebagai daerah resapan air, mengakibatkan air limpasan menjadi besar pada saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi pada daerah hulu sungai. Kalimat tersebut menunjukkan hubungan antarkomponen geografi berupa ...
A. Tata guna lahan, penyempitan sungai, air limpasan
B. Penebangan liar, permukiman pinggir sungai, volume air
C. Air limpasan, morfometri sungai, intensitas hujan
D. Besaran air, bentuk DAS, penghanyutan material
E. Curah hujan, kawasan DAS, penggunaan lahan

Kunci
Kalimat tersebut mencerminkan hubungan antara tiga komponen geografi yang terkait dalam konteks banjir bandang yang terjadi secara tiba-tiba:

Air limpasan: Mengacu pada air hujan yang tidak dapat meresap ke dalam tanah karena rusaknya daerah hulu sebagai daerah resapan air, sehingga mengalir sebagai limpasan permukaan.

Morfometri sungai: Merujuk pada bentuk dan konfigurasi dari sungai yang terpengaruh oleh tata guna lahan di daerah sekitar sungai, kawasan DAS (Daerah Aliran Sungai), dan lainnya.

Intensitas hujan: Mengacu pada jumlah hujan yang turun dengan cepat dan dalam jumlah besar pada saat banjir bandang terjadi.

23. Kegiatan yang dapat dipergunakan untuk mengetahui kecermatan siswa dalam melakukan observasi adalah ...
A. Penugasan membuat laporan
B. Melakukan penilaian unjuk kerja
C. Membuat lembar kerja
D. Pelaporan portofolio
E. Penilaian melalui test

Kunci
Kegiatan yang dapat digunakan untuk mengetahui kecermatan siswa dalam melakukan observasi adalah penugasan membuat laporan. Ketika siswa diminta untuk melakukan observasi dan menyusun laporan berdasarkan apa yang mereka amati, hal ini akan menuntut mereka untuk mengamati dengan seksama, mengumpulkan data secara teliti, dan mengorganisir informasi secara sistematis dalam bentuk laporan. Proses ini akan memungkinkan guru untuk mengevaluasi sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai kemampuan observasi yang tepat.

24. Kebijakan “pengelolaan pesisir berbasis masyarakat” bertujuan untuk pelestarian lingkungan pesisir dengan cara melibatkan masyarakat sekitar ...
A. Diajak berpartisipasi
B. Mencegah perusakan
C. Ikut menjaga kelestarian
D. Sebagai pelaku utama
E. Sebagai partner kegiatan

Kunci
Kebijakan "pengelolaan pesisir berbasis masyarakat" bertujuan untuk pelestarian lingkungan pesisir dengan cara melibatkan masyarakat sekitar untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan tersebut. Dalam pendekatan ini, masyarakat dianggap sebagai bagian yang penting dalam proses pengelolaan pesisir, dan mereka didorong untuk berperan aktif dalam menjaga ekosistem pesisir agar tetap lestari. Masyarakat diberdayakan sebagai pihak yang memiliki kepentingan dan tanggung jawab dalam pengelolaan lingkungan pesisir, sehingga dapat tercipta keseimbangan antara keberlanjutan ekosistem dan pemanfaatan sumber daya secara berkelanjutan.

25. Pada musim hujan terjadi banjir musiman, yang mana daerah resapan hujan semakin terbatas dan kapasitas saluran kurang memandai dibandingkan dengan volume hujan. Kalimat tersebut menunjukkan hubungan antarkomponen geografi berupa ...
A. Permukaan lahan, kapasitas sungai, limpasan air
B. Penggunaan lahan, penyempitan sungai, curah hujan
C. Kerapatan vegetasi, resapan air, infiltrasi
D. Kecepatan aliran, bentuk sungai, luas lahan terbuka hijau
E. Morfologi, lokasi, genangan air hujan

Kunci
Kalimat tersebut menggambarkan hubungan antara tiga komponen geografi yang relevan dalam konteks banjir musiman pada musim hujan:

Permukaan lahan: Merujuk pada karakteristik dan tata guna lahan di daerah tersebut, yang dapat mempengaruhi kemampuan lahan untuk menyerap dan menampung air hujan.

Kapasitas sungai: Mengacu pada kemampuan saluran sungai untuk mengalirkan volume air yang melebihi kapasitasnya. Dalam hal ini, kapasitas saluran sungai terbatas, sehingga tidak dapat menampung seluruh volume hujan yang jatuh.

Limpasan air: Merupakan air hujan yang tidak dapat meresap ke dalam tanah atau diambil oleh vegetasi, dan akhirnya mengalir ke saluran-saluran air dan menyebabkan banjir.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. Permukaan lahan, kapasitas sungai, limpasan air.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close