Soal Latihan Pretes PPG Geografi 2023 dan Kunci Jawaban Part 4 [Materi Profesional] - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Juli 24

Soal Latihan Pretes PPG Geografi 2023 dan Kunci Jawaban Part 4 [Materi Profesional]


Halo kawan-kawan kita akan coba lagi bahas soal pretes PPG Geografi 2023 buat menemani kalian berlatih. 

Jangan patah semangat dan berjuang terus agar dapat meraih hasil terbaik di PPG tahun ini. Jangan lupa share ke teman-teman lain!

16. Pembelajaran SIG dipergunakan sebagai media untuk melatih siswa melakukan analisis ...
A. Data alam dan overlay peta
B. Wilayah dan pewilayahan
C. Obyek dan sebaran peta suatu wilayah
D. Spatial dan atribut suatu obyek
E. Potensi dan masalah di suatu wilayah

Kunci
Jawaban yang tepat adalah:

C. Obyek dan sebaran peta suatu wilayah

SIG (Sistem Informasi Geografis) adalah sistem yang digunakan untuk menyimpan, mengelola, dan menganalisis data berbasis lokasi. Dalam pembelajaran SIG, siswa dilatih untuk melakukan analisis terhadap obyek (objek) dan sebaran peta suatu wilayah, seperti misalnya menganalisis pola distribusi suatu fenomena geografis, mengidentifikasi hubungan spasial antara berbagai obyek, dan menemukan pola-pola tertentu di dalam data geografis.

17. Permasalahan utama pembelajaran geografi dalam mengaplikasikan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik untuk memahami fakta melalui pengamatan di lapangan adalah ….
A. Lingkungan beragam dan guru terbatas
B. Waktu terbatas dan jumlah siswa banyak
C. Fakta sangat banyak dan kemampuan siswa beragam
D. Media terbatas dan sumber belajar beragam
E. Dana terbatas dan permukaan bumi luas

Kunci
Menurut saya pembelajaran saintifik itu kan memerlukan tahapan dari mulai mengamati, mengelompokan, analisis hingga mengkomunikasikan. Jadi tahapan-tahapan tersebut memerlukan waktu yang relatif panjang kemudian untuk siswa yang banyak dalam satu kelas maka akan memiliki perencanaan yang luar biasa.

18. Pada materi pembangunan berkelanjutan, penilaian sikap peduli lingkungan harus terintegrasi dengan penguasaan materi, teknik penilaian sikap dapat dilakukan melalui ...
A. Partisipasi
B. Observasi
C. Deskripsi diri
D. Penilaian diri
E. Komunikasi

Kunci
Jawaban yang tepat adalah:

B. Observasi

Dalam pembelajaran tentang pembangunan berkelanjutan, penilaian sikap peduli lingkungan dapat dilakukan melalui teknik observasi. Observasi dilakukan dengan mengamati perilaku siswa dan respon mereka terhadap isu-isu lingkungan, tindakan yang diambil, serta sikap mereka terhadap upaya pelestarian lingkungan. Dengan melakukan observasi, guru dapat memahami sejauh mana sikap peduli lingkungan telah terinternalisasi dalam diri siswa, sehingga penilaian dapat terintegrasi dengan penguasaan materi secara lebih holistik.

19. Guru membawa siswa mengamati sungai yang sangat tercemar oleh sampah, di sekitar sungai tersebut terdapat pasar dan permukiman kumuh. Konsep geografi apa yang akan dipahami oleh siswa sehubungan dengan fenomena tersebut ...
A. Relationship
B. Relasi
C. Interkoneksi
D. Interdependensi
E. Implikasi

Kunci
Relasi atau keterkaitan mencerminkan suatu hubungan antara perilaku penduduk terhadap sungai. Jadi sungai tercemar bisa karena etika lingkungan masyarakat sekitar yang buruk.

20. Penduduk yang tinggal di lereng atas vulkan biasanya memanfaatkan mata air untuk keperluan sehari-hari meskipun kadang-kadang lokasinya jauh dari rumah tinggal mereka, karena ...
A. Sulit mendapatkan air tanah di lereng atas vulkan
B. Di daerah lereng atas vulkan banyak terdapat mata air
C. Penduduk lebih mudah mengambil air dari mata air
D. Sudah merupakan kebiasaan hidup penduduk
E. Di daerah lereng atas vulkan tidak terdapat sumur gali

Kunci
Jika tinggal di wilayah lereng gunung api maka untuk membuat sumur gali lebih sulit dibandingkan dengan di wilayah dataran rendah. Jadi lebih ke opsi E. Maka orang di lereng gunung biasanya membuat pipa saluran air dari mata air yang disalurkan ke area pemukiman untuk memudahkan konsumsi.

Yuk Sebarkan Artikel Ini

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close