Pembahasan KSM Geografi Terintegrasi 2022 No 16-20 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Juli 5

Pembahasan KSM Geografi Terintegrasi 2022 No 16-20


Assalamualaikum adik-adik, lanjut lagi kita bahas kunci jawaban soal KSM Geografi tahun 2022 nomor selanjutnya.

Jangan lupa untuk selalu share postingan ini ke teman-teman lain di grup medsos kalian!.

16. Perhatikan gambar!


Gambar menunjukkan bukti sumbangsih pemikir Islam terkait Sistem Informasi Geografi yaitu Al Idrisi. ayat Al Quran yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah ....
A. QS An Nuur ayat 12
B. QS Al Maidah ayat 9
C. QS An Naziat ayat 30
D. QS Ar Rahman ayat 13

Kunci
QS. An-Nazi'at Ayat 30
Dan setelah itu bumi Dia hamparkan. Dan setelah penciptaan langit itu bumi Dia hamparkan sebagai tempat tinggal yang nyaman bagi manusia dan makhluk lainnya. Juga diterangkan bahwa Allah menjadikan bumi terhampar, sehingga makhluk Allah mudah melaksanakan kehidupan di sana.

17. Di Amerika Serikat, New York merupakan kota besar diikuti Los Angeles, Chicago, Houston, Phoenix. Hal tersebut sesuai dengan hukum rank size rule milik George Zipf yang menyatakan perinakt 1-5 untuk New York sampai Phoenix. Di beberapa negara bagian lainnya di Amerika Serikat juga memiliki kota terbesar dengan jumlah penduduknya lebih dari dua kali lipat dari kota terbesar kedua dari negara tersebut. Sebutan untuk sebuah kota terbesar yang jumlah penduduknya lebih dari dua kali lipat dari kota terbesar keduanya dikenal dengan istilah ....

Kunci
Sebutan untuk sebuah kota terbesar yang memiliki jumlah penduduknya lebih dari dua kali lipat dari kota terbesar keduanya dikenal dengan istilah "dominan" atau "dominant city

18. Study this figure!

Describe how size of the population of a country will change as it passes through stages 4 of the demographic transition!

Kunci
As a country progresses through Stage 4 of the demographic transition, its population will experience slow or stagnant growth. The overall size of the population may stabilize or even decline over time, depending on the balance between birth rates and death rates. It's important to note that not all countries reach Stage 4, as some may still be in earlier stages with higher birth and death rates, while others may experience unique demographic patterns.

19. Perhatikan potongan berita!
Lebih dari dua pekan banjir melanda Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat sejak Kamis 21 Oktober 2021. Pada Sabtu malam pukul 21.13 WIB tinggi muka air mengalami kenaikan. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan ada 12 kecamatan yang tergenang banjir mulai dari Kecamatan Binjai Hulu hingga Sintang.

Berdasarkan informasi di atas, upaya yang bisa mengatasi permasalahan dampak bencana sesuai dengan kajian pendekatan ekologi adalah ....
A. membangun tanggul pengendali banjir yang berada di Kelurahan Ladang, Kabupaten Sintang
B. membangun giant wall dan memasang paving block di semua wilayah Kabupaten Sintang
C. membuat lubang biopori dan sumur resapan di sekitar sungai yang ada di Kabupaten Sintang
D. penghutanan kembali daerah-daerah yang berada di sekitar wilayah Sungai Kapuas dan Sungai Melawi

Kunci
Berdasarkan kajian pendekatan ekologi, upaya yang dapat membantu mengatasi permasalahan dampak banjir adalah pilihan C: membuat lubang biopori dan sumur resapan di sekitar sungai yang ada di Kabupaten Sintang.

Lubang biopori adalah lubang yang dibuat di tanah untuk meningkatkan infiltrasi air hujan ke dalam tanah. Dengan adanya lubang biopori, air hujan dapat meresap lebih baik ke dalam tanah, mengurangi genangan air permukaan, dan mengontrol aliran air yang mengalir ke sungai-sungai.

Sumur resapan adalah sumur yang dirancang untuk menyerap air hujan ke dalam tanah. Sumur ini biasanya terhubung dengan saluran air atau saluran pembuangan dan digunakan untuk memperlambat aliran air, memungkinkan air meresap ke dalam tanah secara perlahan.

Dengan membuat lubang biopori dan sumur resapan di sekitar sungai yang ada di Kabupaten Sintang, akan tercipta sistem pengelolaan air yang lebih baik. Air hujan akan lebih mudah meresap ke dalam tanah, mengurangi kemungkinan terjadinya genangan air permukaan, dan memperlambat aliran air yang masuk ke sungai. Hal ini dapat membantu mengurangi dampak banjir dan menjaga keseimbangan hidrologi daerah tersebut.

Opsi A (membangun tanggul pengendali banjir di Kelurahan Ladang) mungkin merupakan solusi yang dapat digunakan dalam mengendalikan aliran air, tetapi tidak secara khusus berfokus pada pendekatan ekologi.

Opsi B (membangun giant wall dan memasang paving block di semua wilayah Kabupaten Sintang) lebih berkaitan dengan infrastruktur fisik yang mungkin tidak selalu sesuai dengan pendekatan ekologi.

Opsi D (penghutanan kembali daerah-daerah yang berada di sekitar wilayah Sungai Kapuas dan Sungai Melawi) merupakan langkah yang penting dalam pengelolaan ekosistem dan konservasi alam, tetapi mungkin tidak secara langsung berdampak pada penanganan banjir di Kabupaten Sintang.

20. Pernyataan yang sesuai dengan kajian pendekatan keruangan adalah ....
A. Pulau Jawa merupakan suatu wilayah yang dekat dengan pertemuan lempeng tektonik
B. penebangan hutan di daerah Cianjur Jawa Barat telah mengakibatkan tanah longsor
C. analisis kawasan yang akan dijadikan pemukiman transmigran
D. analisis fenomena bencana banjir yang kerap melanda sejumlah wilayah di Indonesia

Kunci
Kalau konsep keruangan itu identik dengan adanya sebuah pola lokasi, sebaran dalam ruang. Jadi saya lebih memilih opsi A. 

Yuk Sebarkan Artikel Ini

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close