Kuliah Lapangan Manajemen Lingkungan Unpak ke Saung Hijau Ciomas - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Desember 6

Kuliah Lapangan Manajemen Lingkungan Unpak ke Saung Hijau Ciomas

Sekitar dua minggu lalu mahasiswa pascasarjana Manajemen Lingkungan Universitas Pakuan Bogor melakukan kuliah on site di Saung Hijau Ciomas.

Saung Hijau ini dimiliki oleh dosen kami Dr. Sri Wahyuni yang merupakan salah satu praktisi sumber daya lingkungan berkelanjutan tingkat nasional.

Di lokasi tersebut kami melakukan perkuliahan lanjutan terkait topik ekologi lingkungan. Di Saung Hijau milik bu Sri, kami belajar tentang bagaimana contoh pengelolaan limbah dan tata cara bertani pada lahan sempit di perkotaan.

Di belakang area belakang terdapat pabrik pembuatan tank biogas dan contoh area pertanian dan peternakan berkelanjutan. Terdapat beberapa jenis hewan ternak kambing, sapi, ternak lele, ayam, beberapa jenis sayuran, jamur yang dibudidayakan.

Kotoran ternak di tempat ini diolah menjadi energi sehingga dapat mengurangi biaya listrik. Artinya konsep nirlimbah dilakukan dengan baik karena semua energi diputar dan dimanfaatkan alias tidak terbuang begitu saja. Konsep seperti inilah yang seharusnya dikembangkan di Indonesia agar tidak ada limbah yang menumpuk di lingkungan.

Itulah salah satu latar belakang saya memilih kuliah S2 di bidang sub spesialis lingkungan agar lebih mendapatkan ilmu baru dan perspektif lain tentang lingkungan yang semakin hari semakin tertekan oleh melonjaknya populasi manusia. Sementara itu kemampuan daya dukung lingkungan sangat terbatas.

Negara-negara maju telah mengaplikasikan konsep zero waste dalam kehidupan sementara di negara berkembang masih butuh perjuangan dan dukungan ekstra dari pemangku kebijakan.

Indonesia tidak akan bisa keluar dari level negara berkembang jika pengelolaan limbah masih konvesional dan tidak dikelola dengan baik. Berikut beberapa gambar kegiatan mahasiswa pascasarjana Manajemen Lingkungan Unv. Pakuan di Saung Hijau.

Penulis: Agnas Setiawan, guru geografi, blogger, influencer educator

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close