Latihan Soal OSN Geografi 2024 Topik Geografi Ekonomi + Pembahasan Part 1 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Januari 15

Latihan Soal OSN Geografi 2024 Topik Geografi Ekonomi + Pembahasan Part 1


Di postingan ini saya akan bahas contoh soal prediksi OSN Geografi topik geografi ekonomi. Geografi Ekomi adalah ilmu yang objeknya mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungannya dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup untuk mencapai kesejahteraan dalam hidupnya.

3 Pertanyaan dasar mengenai Geografi ekonomi adalah sebagai berikut:
1. (Where) Dimana letak aktivitas ekonomi ? hal ini menunjukkan posisi spasial
2. (What are) Bagaimana karakteristik aktivitas ekonomi tersebut? hal ini menunjukkan pemanfaatan sumber daya yang ada wilayah tersebut
3. (To what) Fenomena lain apa yang berkaitan dengan aktivitas ekonomi tersebut? Hal ini membahas mengenai pengaruh yang ditimbulkan dari aktivitas ekonomi

1. Salah satu cabang ilmu ekonomi yang membahas mengenai berbagai permasalahan
perekonomian nasional dan global, seperti inflasi, angka pengangguran, kesejahteraan dan lain
sebagainya, merupakan kajian cabang ilmu ekonomi ....
a. Nasional 
b. Makro 
c. Mikro 
d. Pemerintahan 
e. Global

Kunci
Jawabannya adalah b. Makro. Cabang ilmu ekonomi yang membahas berbagai permasalahan perekonomian nasional dan global, seperti inflasi, angka pengangguran, kesejahteraan, dan lain sebagainya, dikenal sebagai ekonomi makro.

2. Menurut jenis kegiatannya, industri dikategorikan menjadi industri ekstraktif, manufaktur dan fasilitatif. Berikut ini yang termasuk dalam kegiatan ekonomi ekstraktif adalah ....
a. Pertanian yang terhampar luas di Kabupaten Cianjur
b. Pedagang yang berjualan di Pasar Tanah Abang Jakarta
c. Pelayanan Perbankan yang meningkat pesat di Kota Surabaya
d. Penambangan Batubara di Bukit Asam
e. Proses Pelelangan ikan di kawasan Pelabuhan Ratu, Sukabumi

Kunci
Jawabannya adalah d. Penambangan Batubara di Bukit Asam. Kegiatan ekonomi ekstraktif melibatkan pengambilan atau penambangan sumber daya alam seperti pertambangan, perburuan, atau perikanan. Oleh karena itu, penambangan batubara termasuk dalam kategori kegiatan ekonomi ekstraktif.

3. Gambar di bawah adalah salah satu jalur perekonomian yang memegang peranan penting pada masa lampau. Dengan jalur ini bermunculan berbagai peradaban yang berkembang dengan pesatnya. Apa nama jalur perdagangan yang dimaksud ?

a. Central Asia road 
b. Samarkand way 
c. Silk road
d. Gobi way
e. Himalayan trade route

Kunci
Silk Road, atau Jalan Sutra, merupakan jaringan jalur perdagangan dan rute lintas benua yang sangat penting pada masa lalu, khususnya pada periode antara abad ke-2 SM hingga abad ke-18. Jalur-jalur ini menghubungkan Asia Timur dengan Asia Tengah, Timur Tengah, dan Eropa, memungkinkan pertukaran budaya, komoditas, dan ide antara berbagai kerajaan dan peradaban.

Beberapa poin penting tentang Silk Road:

Rute dan Jalur:

Terdapat beberapa rute Silk Road yang berbeda, baik darat maupun laut. Rute darat melibatkan perjalanan melintasi gurun pasir seperti Gurun Taklamakan dan Gurun Gobi, sementara rute laut mencakup perjalanan melalui Laut Merah dan Laut Kaspia.
Jalur-jalur ini menghubungkan berbagai pusat perdagangan, termasuk Xian di Tiongkok, Samarkand di Asia Tengah, Bagdad di Timur Tengah, dan Venesia di Eropa.

Barang-Barang yang Diperdagangkan:

Meskipun dikenal sebagai "Silk Road," perdagangan sutra hanya merupakan bagian kecil dari pertukaran barang. Berbagai barang yang diperdagangkan meliputi sutra, rempah-rempah, batu mulia, logam mulia, keramik, dan lainnya.
Sutra, khususnya dari Tiongkok, menjadi salah satu komoditas paling bernilai dan dihargai di sepanjang rute ini.

Pertukaran Budaya dan Ilmu Pengetahuan:

Selain perdagangan barang, terjadi pertukaran budaya, agama, bahasa, dan ilmu pengetahuan di sepanjang jalur ini. Filosofi, matematika, dan ilmu pengetahuan dari Asia Timur diintegrasikan dengan pengetahuan dari peradaban Timur Tengah dan Eropa.

Keterlibatan Berbagai Peradaban:

Silk Road melibatkan berbagai peradaban seperti Tiongkok, India, Persia, Romawi, dan lainnya. Kerajaan-kerajaan ini saling memengaruhi dan membentuk dunia yang lebih terhubung.

Kemunduran:

Kemunduran jalur ini terutama disebabkan oleh perubahan rute perdagangan akibat penemuan jalur laut baru, seperti Selat Magellan dan Jalur Sunda, serta oleh peristiwa seperti serangan Mongol dan penutupan Jalur Sutra oleh Dinasti Ming.

4. Salah satu dampak positif yang terjadi akibat globalisasi adalah pada kondisi berikut ini....
a. Adanya transfer teknologi yang terjadi antar negara
b. Kemudahan negara untuk melakukan kegiatan pinjam – meminjam dengan negara lain
c. Memudarnya rasa sopan santun anak muda pada orang tua
d. Menurunnya minat anak muda terhadap kesenian tradisional bangsa
e. Rusaknya lingkungan akibat adanya peningkatan kegiatan industri

Kunci
Jawabannya adalah a. Adanya transfer teknologi yang terjadi antar negara. Salah satu dampak positif dari globalisasi adalah adanya transfer teknologi antar negara. Globalisasi memungkinkan penyebaran dan pertukaran ide, inovasi, dan teknologi di antara negara-negara, yang dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan ekonomi dan ilmu pengetahuan lewat bantuan teknologi keomunikasi dan transportasi.

5. Manakah yang bukan termasuk negara anggota G 8 ?
a. Amerika Serikat 
b. Kanada 
c. Jerman
d. China
e. Italia

Kunci
Jawabannya adalah d. China. China bukan anggota G8. G8, atau kelompok negara G7 yang kemudian menjadi G8 dengan tambahan Rusia, terdiri dari Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Italia, Prancis, Britania Raya, dan Jepang. Pada tahun 2014, Rusia dipecat dari kelompok ini, dan sejak saat itu, kelompok tersebut dikenal sebagai G7. China tidak termasuk dalam G7 atau G8.

6. Kota di India yang terkenal sebagai salah satu pusat perdagangan masa lampau, bahkan juga
dapat disebut kota yang penting dalam persebaran kebudayaan dunia adalah ...
a. Kalkuta 
b. Mumbai 
c. Delhi
d. Gujarat
e. Karachi

Kunci
Kota perdagangan di India masa lampau adalah Kota Gujarat. Gujarat terletak di sebelah barat India. Di masa lampau kota ini terkenal sebagai tempat pertemuan para pedagang yang berasal dari wilayah Arab, Tiongkok, dan Nusantara. Bahkan ada salah satu teori yang menjelaskan bahwa Kota Gujarat memainkan faktor penting dalam persebaran budaya Islam di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

7. Perhatikan data!

Dari data pada tabel di atas, terhadap negara manakah volume perdagangan surplus terbesar yang ditunjukkan melalui neraca perdagangan ( Hint : lihat kegiatan ekspor – impor) ?
a. China   
b. Malaysia
c. Thailand
 d. Singapura
e. Semua salah

Kunci
Neraca perdagangan atau neraca ekspor-impor adalah perbedaan antara nilai ekspor dan impor suatu negara pada periode tertentu, diukur menggunakan mata uang yang berlaku. Neraca positif artinya terjadi surplus perdagangan jika nilai ekspor lebih tinggi dari impor, dan sebaliknya untuk neraca negatif. Dari tabel tersebut dapat dihitung mengenai nilai ekspor dan impornya, dan dari data tabel tersebut neraca perdagangan Indonesia surplus terbesar terhadap negara Malaysia.

8. Pasuruan merupakan salah satu daerah yang menyokong segala kebutuhan pertanian yang
dibutuhkan oleh masyarakat Surabaya. Dalam konteks kajian geografi, Pasuruan memiliki peranan
sebagai daerah yang disebut dengan ...
a. Commuter 
b. Gate Area
c. Hinterland
d. Backwash Area
e. Sub Urban

Kunci
Kawasan Hinterland adalah suatu daerah yang berfungsi sebagai pemasok dan pemenuhan kebutuhan
bahan makanan pokok serta tempat produksi komoditi eksport atau daerah penyuplai kebutuhan masyarakat kota. Dalam konteks soal, wilayah Pasuruan adalah daerah hinterland bagi kota Surabaya.

9. Salah satu momen revolusi yang dilatarbelakangi karena adanya penemuan mesin uap oleh James
Watt sehingga mengubah struktur perekonomian global adalah ...
a. Revolusi Hijau
b. Revolusi Inggris 
c. Revolusi Industri
d. Revolusi Renaissance
e. Revolusi Boston

Kunci
Penggunaan mesin uap, yang menyebabkan meningkatnya penggunaan batubara turut mendorong terjadinya Revolusi Industri di Inggris dan di seluruh dunia.Revolusi Industri merupakan periode antara tahun 1750-1850 di mana terjadinya perubahan secara besar- besaran di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi, dan teknologi serta memiliki dampak yang mendalam terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan budaya di dunia. Revolusi Industri dimulai dari Britania Raya dan kemudian menyebar ke seluruh Eropa Barat, Amerika Utara, Jepang, dan akhirnya ke seluruh dunia. Penggunaan mesin uap, yang menyebabkan meningkatnya penggunaan batubara turut mendorong terjadinya Revolusi Industri di Inggris dan di seluruh dunia.

10. Tokoh ini adalah salah satu pemimpin di salah satu negara di kepulauan Karibia. Pada masa pemerintahannya, ia sangat menentang blok barat, dan sangat kooperatif dengan negara blok timur, yang pada akhirnya mempengaruhi sistem perekonomian yang ada pada negara tersebut. Ia berkuasa di negara Kuba di wilayah Amerika Tengah. Tokoh tersebut adalah ....
a. Kim Jong Un
b. Ahmaddinnejad
c. Fidel Castro
d. Vladimir Putin
e. Moammar Gaddafi

Kunci
Fidel Castro (1926–2016) adalah seorang revolusioner dan politikus Kuba yang memainkan peran kunci dalam Revolusi Kuba pada tahun 1959. Ia lahir pada 13 Agustus 1926 di Birán, Kuba. Berpendidikan sebagai pengacara, Castro memimpin gerakan revolusioner yang berhasil menggulingkan pemerintahan diktator Fulgencio Batista.

Castro mendirikan pemerintahan komunis di Kuba dan menjadi perdana menteri pertama Kuba pada tahun 1959. Kemudian, pada tahun 1976, Kuba mengadopsi konstitusi sosialis dan Castro menjadi Presiden Dewan Negara dan Presiden Dewan Menteri. Selama beberapa dekade, Castro memimpin Kuba sebagai negara komunis dengan pengaruh kuat dari Uni Soviet.

Fidel Castro dikenal karena kebijakan-kebijakan revolusionernya, seperti reforma agraria dan nasionalisasi industri, yang mendapat dukungan dari pendukungnya tetapi juga mendatangkan kritik dari pihak Barat. Hubungan antara Kuba dan Amerika Serikat menjadi tegang, terutama setelah Kuba mendeklarasikan diri sebagai negara sosialis dan mendapat dukungan dari Uni Soviet.

Castro memerintah Kuba selama hampir lima puluh tahun hingga 2008, ketika ia menyerahkan kekuasaan kepada adiknya, Raúl Castro. Fidel Castro meninggal pada 25 November 2016. Peran dan dampaknya terhadap sejarah Kuba dan politik Amerika Latin tetap menjadi subjek perdebatan.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close