Pembahasan Kunci Soal OSN-K Geografi 2023 No 31-35 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Kamis, Februari 22

Pembahasan Kunci Soal OSN-K Geografi 2023 No 31-35


Halo kawan-kawan kita lanjut lagi bahas soal OSN Geografi 2023 nomor selanjutnya. Pastikan untuk selalu share postingan blog ini ke teman lain.

31. Dengan mengembangkan industri pengolahan dalam negeri, Indonesia dapat memperoleh manfaat ekonomis yang maksimal karena sumber daya alam yang diekspor sudah menjadi barang olahan dengan harga jual yang lebih tinggi Kebijakan tersebut dikenal dengan istilah...
A. Ekspor bahan mentah
B. peleburan
C. Investasi
D. Hilirisasi
E. Mekanisasi

Kunci
Hilirisasi adalah suatu kebijakan untuk mengembangkan industri pengolahan atau industri hulu yang lebih tinggi di dalam negeri. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah dari sumber daya alam yang diekspor dengan cara mengolahnya menjadi produk yang lebih kompleks dan bernilai lebih tinggi. Dengan melakukan hilirisasi, suatu negara dapat mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alamnya dan meningkatkan pendapatan ekonomi melalui peningkatan nilai tambah produk yang dihasilkan.

Dalam konteks pertanyaan sebelumnya, mengembangkan industri pengolahan dalam negeri dengan menghasilkan produk yang lebih kompleks dari sumber daya alam yang diekspor dapat diidentifikasi sebagai strategi hilirisasi.

32. Wave cut notch dese het platform merupakan salah satu morfologi yang dapat dijumpai pada pantai...
A. submergent coast
B. emergent coast
C. normal coast
D. coral reff coast
E. muddy coast

Kunci
Morfolgi pantai yang disebutkan, yaitu "wave cut notch" atau "notch yang terbentuk oleh gelombang," umumnya terkait dengan pantai emergent. Pantai emergent adalah jenis pantai di mana daratan naik ke atas, dan garis pantainya menjadi lebih kering. Proses pengangkatan daratan ini dapat menyebabkan pembentukan fitur-fitur seperti wave cut notch.


Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah:
B. emergent coast

33. Strategi memasuki pasar internasional yang paling banyak dilakukan dan termasuk yang paling tua adalah.....
A. Barter
B. Kerja sama manajemen
C. Lisensi
D. Ekspor-Impor
E. Produksi di negara tujuan

Kunci
Strategi memasuki pasar internasional yang paling banyak dilakukan dan termasuk yang paling tua adalah ekspor-impor. Perdagangan antar region ini sudah dilakukan sejak zaman jalur sutra ribuan tahun lalu.

34. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika terletak di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) Kawasan ini memiliki sirkuit balap kelas dunia dengan panjang 4,31 km dan total 17 tikungan. Pada awal bulan Maret 2023, terdapat ajang balap motor World Superbike 2023 (WSBK 2023) yang diselenggarakan di Sirkuit Mandalika. Berikut ini adalah dampak positif penyelenggaraan WSBK 2023 adalah, kecuali...
A. Kedatangan para penonton ajang balap motor
B. Peningkatan jumlah sampah
C. Usaha mikro, kecil, dan menengah menyuplai kebutuhan wisatawan
D. Aktivitas ekonomi meningkat
E. Pendapatan nasional meningkat

Kunci
B. Peningkatan jumlah sampah - Peningkatan jumlah pengunjung dan kegiatan bisa menyebabkan peningkatan sampah, yang sebenarnya termasuk dampak negatif terhadap lingkungan. Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B. Peningkatan jumlah sampah.

35. Mekanisme bagaimana lempeng bergerak masih merupakan perdebatan besar di antara para ilmuwan kebumian: Gagasan paling umum yang diilustrasikan di banyak buku pelajaran dan di internet adalah panas dari aktivitas radioaktif di inti bumi menghasilkan arus konveksi di mantel yang membuat lempeng tektonik bergerak Namun, beberapa model lempeng menunjukkan bahwa 2/3 permukaan bums bergerak lebih cepat daripada mantel di bawahnya sehingga tampaknya hanya ada sedikit bukti bahwa arus konveksi di mantel menggerakkan lempeng Sekarang, mekanisme pergerakan lempeng yang lebih diterima di kalangan ilmuwan adalah oleh proses "Slab pull". Mekanisme ini dicirikan oleh aktivitas
A. Ketika lempeng yang lebih muda dan ringan tenggelam di zona subduksi
B. Ketika lempeng yang lebih tua dan berat tenggelam di zona subduksi
C. Ketika lempeng yang lebih tua dan ringan tenggelam di zona subduksi
D. Ketika lempeng yang lebih muda berat tenggelam di zona subduksi
E. Tidak ada pilihan jawaban benar

Kunci
Mekanisme pergerakan lempeng yang lebih diterima di kalangan ilmuwan saat ini adalah oleh proses "Slab pull." Mekanisme ini dicirikan oleh aktivitas:

B. Ketika lempeng yang lebih tua dan berat tenggelam di zona subduksi.

Jadi, jawaban yang benar adalah B. Ketika lempeng yang lebih tua dan berat tenggelam di zona subduksi.

Share with your friends

1 komentar

  1. Maaf kak sebelumnya,bukanya lempeng samudra lebih muda dan berat ya kak sehingga untuk jawaban no 35 itu d kak,Trimakasih kak

    BalasHapus

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close