Pembahasan Kunci Soal OSN-K Geografi 2023 No 36-40 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Jumat, Februari 23

Pembahasan Kunci Soal OSN-K Geografi 2023 No 36-40


Halo kawan kita lanjut bahas soal OSN Geografi 2023 nomor selanjutnya. Pastikan selalu pantengin blog guru geografi untuk update materi geografi kekinian.

36. Adanya instrumen sistem peringatan dini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi potensi korban jiwa akibat bencana. Syarat sistem peringatan dimi adalah...
A. Resmi, mudah dioperasikan, menjangkau masyarakat
B. Resmi, segera, mudah diperbaiki
C. Resmı, segera, tegas tidak membingungkan
D. Resmı, mudah dioperasikan, tegas tidak membingungkan
E. Semua jawaban benar

Kunci
D. Resmi, mudah dioperasikan, tegas tidak membingungkan.

Sebuah sistem peringatan dini haruslah resmi, mudah dioperasikan, dan memberikan pesan yang tegas dan tidak membingungkan untuk efektivitasnya dalam mengurangi potensi korban jiwa akibat bencana.

37. Perhatikan data dan peta sebaran habitat ikan tuna di atas ini. Berdasarkan data tersebut, tidak ada produksi ikan tuna di Laut Jawa, Penyebab tidak adanya ikan tuna di Laut Jawa ini adalah...

A. Sudah terjadi overfishing tuna di Laut Jawa
B. Tidak adanya data hasil tangkapan ikan tuna di Laut Jawa
C. Tidak sesuainya karakteristik perairan Laut Jawa sebagai habitat ikan tuna
D. Laut Jawa hanya dijadikan tempat pemijahan ikan tuna
E. Ikan tuna yang ditangkap di Laut Jawa digunakan untuk keperluan dometik

Kunci
Dilansir dari National Geographic, ikan tuna adalah ikan pelagis, yang artinya mereka hidup di luar landas kontinen di laut terbuka, bukan di dekat terumbu karang, dasar laut, atau garis pantai. Laut Jawa itu laut dangkal sehingga tidak menjadi wilayah hidup ikan tuna.

38. Berdasarkan ilustrasi yang disediakan, kawasan TOD yang kemungkinan besar didesain sebagai Urban Connector adalah... 


A. Ketinggian Captol
B. Jalan Addison
C. Morgan Boulevard
D. Pusat Kota Besar
E. Jembatan Sepeda PED

Kunci
Apa itu kawasan TOD?. Transit-Oriented Development (TOD) assessment models are commonly used to assess existing and planned metro station catchment areas. 

Coba kamu pahami informasi di peta (pakai bahasa Inggris), jadi lihat wilayah kawasan yang sekiranya itu dapat menjadi wilayah transit itu yang mana?. Saya sendiri berpendapat bahwa Morgan Boulevard yang bisa dikembangkan sebagai zona transit.

39. Transformasi sektor ekonomi merupakan perubahan struktur perekonomian suatu negara dari sektor tradisional ke sektor yang lebih modern. Hal yang mendorong perubahan tersebut di antaranya adalah....
A. Adanya penurunan harga minyak dunia
B. Adanya kebijakan proteksionisme dalam perdagangan internasional
C. Adanya inovasi teknologi yang mendorong terciptanya sektor ekonomi baru
D. Adanya peningkatan upah minimum di sektor formal
E. Adanya hambatan dalam berinvestasi

Kunci
Perubahan struktur ekonomi dari sektor tradisional ke sektor yang lebih modern seringkali didorong oleh kemajuan teknologi dan inovasi, yang menciptakan peluang untuk sektor ekonomi baru. Oleh karena itu, jawaban yang paling sesuai adalah opsi C. Adanya inovasi teknologi yang mendorong terciptanya sektor ekonomi baru.

40. Kelapa sawit menjadi salah satu komoditas perkebunan yang bersifat strategis dan berkontribusi besar bagi perekonomian Indonesia. Biji kelapa sawit yang tumbuh di Indonesia pertama kali dibawa oleh orang Belanda. Tanaman tersebut merupakan tanaman asli kawasan ...
A. Papua Nugini
B. Australia bagian utara
C. Amerika Selatan bagian timur
D. India
E. Afrika bagian barat dan tengah

Kunci
Biji kelapa sawit yang tumbuh di Indonesia pertama kali dibawa oleh orang Belanda dan berasal dari tanaman asli kawasan:

E. Afrika bagian barat dan tengah.

Kelapa sawit memiliki asal usul dari wilayah Afrika bagian barat dan tengah sebelum menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close