Alasan Soal OSN Geografi Sulit Sekali? - Guru Geografi
News Update
Loading...

Jumat, Februari 23

Alasan Soal OSN Geografi Sulit Sekali?

Beberapa anak OSN mapel geografi tahun lalu mengeluh katanya soalnya sulit dan beda jauh dengan pelajaran di kelas.

Apakah anak-anak lain juga merasa sama?. Lalu seperti apa seharusnya anak-anak mempersiapkan materi OSN Geografi?.

Perlu diketahui bahwa materi geografi yang kalian pelajari di kelas itu hanya sebatas permukaan saja jadi kalau anak OSN memang perlu strategi khusus

Soal OSN Geografi dua tahun ke sini mulai lebih ke arah bagaimana memahami fenomena kekinian dan solusi memecahkan masalah manusia.

Jadi pasti akan ada banyak data, angka, gambar-gambar seputar wawasan dunia yang sering muncul di TV misalnya. 

Contoh saja materi kepariwisataan global yang di kelas mungkin tidak diajarkan, tapi muncul di OSN. Disinilah dibutuhkan kejelian dari guru pembimbing dalam memetakan dan memprediksi soal.

Saya sendiri sudah mencoba memetakan materi kunci OSN di tiktok dan blog ini. Beberapa contoh pembahasan soal juga bisa ditonton di tiktok untuk membantu kalian.

Jadi kuncinya adalah bagaimana kalian membiasakan diri membaca isu kekinian dan berkutat dengan data, peta, desain wilayah dan bacaan.

Silahkan baca dan pelajari soal OSN tahun 2023 yang sudah saya bahas di blog ini. Semakin kalian banyak membaca maka akan semakin terbiasa.

Jika kalian hanya mencoba menjawab soal standar tanpa ada data, pasti kalian akan mengeluh saat mengerjakan soal OSN nanti.

Bagi anak-anak yang ingin bimbingan khusus dari saya, silahkan kontak saya, tentunya kalau private bimbel ada biaya per sesi via zoom nya. Selamat berjuang!. 

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close