[New] Pembahasan Soal Simulasi OSN Kebumian 2023 16-20 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Maret 6

[New] Pembahasan Soal Simulasi OSN Kebumian 2023 16-20

Di postingan ini kita lanjut bahan soal simulasi OSN Kebumian nomor selanjutnya. Pastikan untuk selalu update blog guru geografi.

16. Manakah diantara pilihan jawaban berikut yang merupakan tiga komponen utama terbentuknya badai gunung?.
a. kelembaban, intstabilitas atmosfer dan adanya mekanisme pengangkatan
b. kelembaban temperatur tinggi dan stabilitas atmosfer
c. instabiltas atmosfer, awan cumulus dan adanya mekanisme pengangkatan
d. awan cumulus, uap air dan temperatur tinggi
e. adanya mekanisme pengangkatan, front dan kelembaban

Kunci
kelembaban, instabilitas atmosfer, dan adanya mekanisme pengangkatan. Badai gunung sering muncul tiba-tiba dan sangat berbahaya bagi pendaki gunung. 

Ilustrasi badai gunung
17. Daerah yang memiliki kondisi angin dan arus laut yang tenang di sekitar ekuator adalah ...
a. Horse Latitude
b. ITCZ
c. Monsoon
d. Tropic of Capricorn
e. Tropic of Cancer

Kunci
Daerah tenang atau doldrum di sekitar ekuator disebut ITCZ (Inter-Tropical Convergence Zone) atua Daerah Konvergensi Antra Tropik (DKAT). ITCZ adalah daerah di mana angin dari belahan bumi utara dan selatan bertemu. Angin perdagangan dari belahan bumi utara bertemu dengan angin perdagangan dari belahan bumi selatan. Konvergensi angin ini menyebabkan naiknya udara, pembentukan awan, dan curah hujan yang tinggi. ITCZ mengikuti gerak semu tahunan matahari.

18. Klasifikasi iklim yang ditentukan berdasarkan ketinggian tempat, suhu udara dan vegetasi di Indonesia dinamakan klasifikasi ...
a. Junghuhn
b. Geiger
c. Schmidt Ferguson
d. Oldeman
e. Koppen

Kunci
Klasifikasi iklim yang didasarkan pada ketinggian tempat, suhu udara, dan vegetasi di Indonesia dinamakan klasifikasi Junghuhn. Salah satu cara untuk mengklasifikasikan iklim adalah berdasarkan sistem klasifikasi yang dikembangkan oleh seorang naturalis Jerman bernama Franz Wilhelm Junghuhn. Junghuhn membuat klasifikasi iklim berdasarkan pengaruh ketinggian dengan suhu dan vegetasi budidaya yang bisa dilakukan di lokasi tersebut.

19. Hujan yang terjadi di daerah tropis dua kali dalam setahun dan bisa terjadi pada waktu sore hari setelah terjadi pemanasan maksimal antara pukul 14.00-15.00 dinamakan ...
a. hujan zenithal
b. hujan monsoon
c. hujan siklonal
d. hujan frontal
e. hujan orografis

Kunci
Hujan yang terjadi di daerah tropis dua kali dalam setahun dan bisa terjadi pada waktu sore hari setelah terjadi pemanasan maksimal antara pukul 14.00-15.00 dinamakan hujan zenithal. Hujan zenithal terjadi saat Matahari berada tepat di atas kepala suatu daerah tropis, mencapai sudut tertinggi di langit pada siang hari. Posisi ini membuat sinar matahari jatuh secara vertikal sehingga pemanasan maksimum. 

Pemanasan maksimal ini menyebabkan udara di permukaan menjadi sangat panas. Udara panas tersebut akan naik secara vertikal membentuk aliran udara konvektif. Saat udara naik, kelembaban yang terkandung di dalamnya ikut naik. Di ketinggian yang lebih tinggi, udara tersebut mendingin dan membentuk awan hujan.

20. Termasuk klasifikasi iklim Koppen manakah Gunung Everest di Nepal?.
a. Dfd
b. Et
c. Ef
d. ETf
e. Dsc

Kunci
Dfd = Iklim subarktik yang sangat dingin; bulan terdingin rata-rata di bawah -38 °C (-36,4 °F) dan 1-3 bulan rata-rata di atas 10 °C (50 °F). Tidak ada perbedaan curah hujan yang signifikan di antara musim (tidak ada satu pun dari kondisi yang disebutkan di atas yang terpenuhi). Everest dikenal sebagai tempat ekstrim dengan suhu sangat dingin dengan kondisi miskin oksigen sehingga yang ada hanya tutupan es tanpa ada tumbuhan yang bisa hidup.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close