Pembahasan Kunci Soal OSN-K Geografi 2023 No 21-25 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Februari 21

Pembahasan Kunci Soal OSN-K Geografi 2023 No 21-25


Oke lanjut lagi kita bahas kunci jawaban soal OSN Geografi tahun 2023 nomor 21-25 buat kalian. Semoga bermanfaat dan mencerahkan wawasan kalian.

Jangan lupa like dan follow tiktok saya juga di bawah untuk dapat bahasan via video.

21. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan sebuah standar yang digunakan untuk mengukur keberhasilan pembangunan di suatu negara atau wilayah. Pilihan di bawah ini yang tidak termasuk dalam indikator penilaian IPM adalah.....
A. Pendapatan Nasional Bruto (PNB) per kapita
B. Angka kematian bayi
C. Angka harapan hidup
D. Angka rata-rata lama bersekolah
E. Angka harapan lama bersekolah

Kunci
Indeks Pembangunan Manusia (IPM) adalah suatu indeks yang digunakan untuk mengukur tingkat pembangunan manusia di suatu negara atau wilayah. IPM mencakup beberapa indikator yang mencerminkan dimensi kesehatan, pendidikan, dan standar hidup. Berikut adalah penjelasannya

Menurut UNDP , Indeks Pembangunan Manusia di ukur melalui:
1. Umur panjang dan hidup sehat dilihat dari angka harapan hidup.
2. Tingkat pengetahuan dilihat dari harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah.
3. Standar hidup layak dilihat dari Pendapatan Nasional Bruto per kapita.

Jadi angka kematian bayi tidak termasuk penilaian.

22. Lengkapi kalimat di bawah ini dengan kata frasa yang tepat!
Bila gradien temperatur horizontal di wilayah Indonesia kecil maka itu berarti bahwa perbedaan temperatur dalam arah horizontal pada.....adalah .....
A. Jarak yang kecil, kecil
B. Jarak yang besar, kecil
C. Jarak yang sama, ada perbedaan signifikan
D. Jarak yang sama, tidak ada perbedaannya
E. Jarak tertentu, tidak berubah

Kunci
Jika gradien temperatur horizontal di suatu wilayah kecil, itu berarti perbedaan temperatur dalam arah horizontal pada jarak yang besar adalah kecil. Gradien temperatur mengukur perubahan suhu dalam arah horizontal seiring dengan perubahan jarak. Jika gradiennya kecil, artinya suhu berubah secara perlahan seiring dengan jarak yang ditempuh. Dengan demikian, perbedaan temperatur pada jarak yang besar menjadi kecil.

23. Huruf E menunjukkan salah satu zona sumber keluarnya magma. Tempat tersebut dikenal dengan istilah.....

A. Pematang tengah samudera (Mid-oceanic ridge)
B. Zona subduksi
C. Transformasi zona
D. Tempat panas
E. Perbedaan zona

Kunci
Hot spot volcano adalah suatu jenis gunung berapi yang terbentuk karena adanya titik panas (hot spot) di bawah kerak bumi yang menyebabkan lelehan magma mencapai permukaan. Hot spot ini tidak terkait dengan batas lempeng tektonik seperti ciri khas gunung berapi pada umumnya. Sebaliknya, hot spot tetap diam pada suatu lokasi tertentu di bawah litosfer, sedangkan lempeng tektonik bergerak melintasi hot spot tersebut.

Contoh yang terkenal adalah Gunung Kilauea di Kepulauan Hawaii. Hot spot di bawah Kepulauan Hawaii telah menciptakan serangkaian gunung berapi, termasuk Mauna Loa dan Mauna Kea. Proses pembentukan hot spot volcano dimulai ketika magma panas dari mantle bumi naik ke atas melalui titik panas di kerak bumi. Magma ini mencair di bawah permukaan dan akhirnya mencapai permukaan, membentuk gunung berapi.

Karakteristik dari hot spot volcano termasuk kestabilan letaknya, sehingga serangkaian gunung berapi dapat terbentuk seiring bergeraknya lempeng tektonik di atasnya. Biasanya, gunung berapi yang lebih tua terletak lebih jauh dari hot spot sementara yang lebih muda berada lebih dekat. Hot spot volcano dapat menciptakan rangkaian kepulauan gunung berapi atau garis gunung berapi, tergantung pada pergerakan lempeng tektonik di atasnya.

24. Hydropower merupakan sumber energi terbarukan dengan kapasitas yang paling besar saat ini dibandingkan energi surya, angin, atau panas bumi Gambar di atas menunjukkan kapasitas hydropower antara tahun 2010 dan 2021 (dalam TWh). Pada tahun 2021, terjadi penurunan kapasitas hydropower yang disebabkan oleh.....

A. Kampanye Amerika Serikat untuk menggencarkan instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir
B. Kerusakan sebagian besar bendungan di Asia dan Eropa akibat banjir bandang
C. Kekeringan berkepanjangan di beberapa negara utama penyuplai hydropower dunia
D. Penurunan kinerja dam besar dunia akibat krisis ekonomi di negara-negara global south
E. Instalasi masif photovoltaic solar panel dengan kapasitas lebih besar daripada hydropower

Kunci
Penurunan kapasitas hydropower pada tahun 2021 yang disebutkan dalam pertanyaan kemungkinan besar disebabkan oleh kekeringan berkepanjangan di beberapa negara utama penyuplai hydropower dunia. Kondisi cuaca, termasuk kekurangan curah hujan atau kekeringan yang berlangsung lama, dapat mengurangi aliran air di sungai-sungai yang memberikan pasokan air ke pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Kondisi ini dapat mengakibatkan penurunan produksi listrik dari PLTA, yang pada gilirannya mengurangi kapasitas hydropower secara keseluruhan.

Dalam kondisi kekeringan, sungai-sungai dan waduk-waduk yang digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air mungkin mengalami penurunan volume air, mengurangi kemampuan PLTA untuk menghasilkan listrik dalam jumlah yang sama seperti pada periode normal. Keadaan ini dapat berdampak pada kapasitas hydropower secara global, terutama jika beberapa negara utama penyuplai hydropower mengalami kekeringan bersamaan.

25. Proses pendaftaran tanah untuk penyerahan sertifikat tanah melalui kegiatan pengukuran tanah Pengukuran tanah wajib menyiapkan peta kadaster yang mempunyai skala
A. 1:10-1:50
B. 1-100-1:500
C. 1:1.000-1:5.000
D. 1:10.000-1:50.000
E. 1:100.000-1:500.000

Kunci
Peta kadaster adalah jenis peta yang memiliki skala antara 1 : 100 hingga 1: 5.000. Biasanya, peta ini digunakan untuk menggambarkan luas tanah maupun sertifikat tanah. Ukuran kepemilikan tanah biasanya tidak begitu luas seperti satu kecamatan atau kabupaten jadi skala 1:100 sampai 1:5.000 paling tepat.

Share with your friends

2 komentar

  1. jadi nomer 25 jawabannya option apa pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. izin menjawab nomor 25. tidak ada jawabannya sepertinya terdapat kesalahan saat mengetik

      Hapus

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close