Pembahasan Kunci Soal OSN-K Geografi 2023 No 16-20 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Februari 21

Pembahasan Kunci Soal OSN-K Geografi 2023 No 16-20


Oke gas kita lanjut bahas kunci jawaban soal selanjutnya dari 16-20 buat bantu kalian belajar menghadapi OSN tahun ini. 

Jangan lupa juga untuk selalu share postingan di blog ini ke teman-teman lain!.


16. Gambar di atas menunjukkan perubahan pada suatu bangunan yang mengalami proses urban renewal. Bentuk urban renewal perkotaan sesuai gambar tersebut yaitu..
A. Penggunaan kembali lahan
B. Gentrifikasi
C. Rehabilitasi
D. Pembangunan kembali
E. Konservasi

Kunci
Urban renewal itu kan pada dasarnya peremajaan sebuah kota agar kota terlihat lebih tertata dan layak huni seiring perkembangan zaman. Dalam gambar terlihat adanya perubahan konstruksi bangunan dari sisi tampilan sehingga akan meningkatkan value dari bangunan.

Fenomena ini bagian dari proses gentrifikasi. Menurut Lees et.al (2007), gentrifikasi merupakan sebuah proses transformasi kelas sosial atau sebidang lahan kosong di kawasan perkotaan yang tadinya dihuni oleh masyarakat kelas bawah menjadi kawasan kelompok kelas menengah yang biasanya diperuntukkan sebagai kawasan komersial. Sehingga gentrifikasi seringkali diasosiasikan sebagai bentuk penyesuaian kebutuhan kelas menengah atau kaum kapitalis.

Bangunan kota yang mengalami gentrifikasi dapat dicirikan dengan adanya bangunan tua yang direnovasi, bangunan dibangun kembali setelah lama menganggur, atau bangunan yang berlokasi di kawasan strategis dipermak oleh para investor untuk menarik kunjungan.

17. Pada peta topografi skala besar, ketika sebuah garis kontur bertemu sungai, maka kenampakan garis kontur pada peta tersebut akan ...
A. Memotong alur sungai dengan bentuk "U" ke arah elevasi yang lebih rendah.
B. Sejajar alur sungai karena garis kontur harus saling berimpitan dengan alur sungai
C. Tegak lurus alur sungai dan berhenti pada satu titik di suatu segmen alur sungai
D. Memotong alur sungai dengan bentuk "V" terbalik ke arah elevasi yang lebih tinggi
E. Memotong alur sungai dengan bentuk "V" terbalik ke arah elevasi yang lebih rendah

Kunci
Sungai itu kan sebuah lembah jadi garis topografinya akan menurun mengikuti alur kedalaman sungai. Jadi akan berbentuk V dan mengarah ke elevasi atau ketinggian rendah. Coba lihat contoh di bawah. Jadi dalam peta kontur akan membentuk garis memotong berbentuk V terbalik ke arah elevasi yang lebih tinggi.

18. Perhatikan gambar!

Jasa Ekosistem dari hutan mangrove sangat banyak seperti dapat dilihat pada gambar di atas ini. Usaha pelestarian mangrove sangat erat kaitannya dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan terutama untuk tujuan
A. 13: Perubahan Iklim
B. 1 : Tanpa Kemiskinan
C. 15: Ekosistem Daratan
D. 7 : Energi Bersih 
E. 14: Ekosistem Laut

Kunci
Ada 17 goal dari Pembangunan Berkelanjutan. Menjaga Ekosistem Mangrove masuk ke dalam tujuan menjaga ekosistem laut. Cek tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs (Suistanable Development Goals) di bawah.
Sumber: https://www.ecoedu.id/wp-content/uploads/2022/09/Ecoedu.id-SDGs-Indonesia.jpg

19. Mitigasi struktural adalah salah satu upaya mengurangi risiko bencana dengan membuat atau menguatkan struktur fisik yang dapat menjinakkan bencana. Contoh mitigasi struktural yang dapat dilakukan oleh masyarakat adalah....
A. Membangun masyarakat sadar bencana
B. Memperluas zona mangrove di wilayah pesisir
C. Merancang tayangan tayangan tentang penyelamatan dari bencana
D. Membangun jaringan sukarelawan penanggulangan bencana
E. Membangun sistem pelatihan tanggap bencana

Kunci
Mitigasi strtuktural berkaitan dengan upaya membangun infrastruktur dalam mengantisipasi kejadian bencana. Contohnya adalah memperluas zona mangrove di pesisir yang termasuk mitigasi struktural alamiah.

20. Perhatikan gambar

Nature-based Solutions (NBS) atau solusi berbasis alam adalah solusi yang mengacu pada pengelolaan dan penggunaan alam yang berkelanjutan untuk mengatasi tantangan sosial lingkungan. Tantangan tersebut meliputi masalah-masalah seperti perubahan iklım, keamanan air, polusi air ketahanan pangan, kesehatan manusia, hilangnya keanekaragaman hayati, dan manajemen risiko bencana Nature-based solutions dilakukan dengan menggabungkan konservasi alam dengan kegiatan yang dapat menghasilkan bagi perekonomian masyarakat. Salah satu contoh NBS di dalam manajemen risiko bencana banjir adalah ...
A. Pemindahan penduduk dari daerah rawan banjir
B. Pembuatan tanggul di bantaran sungai
C. Peninggian rumah di daerah rawan banjir
D. Penataan ruang dan reboisasi di hulu sungai
E. Normalisasi sungai

Kunci
Jawaban yang paling sesuai dengan konsep Nature-based Solutions (NBS) dalam manajemen risiko bencana banjir adalah:
D. Penataan ruang dan reboisasi di hulu sungai

Pendekatan ini melibatkan pengelolaan ruang dan penanaman kembali vegetasi (reboisasi) di daerah hulu sungai untuk membantu menyerap air hujan, mengurangi aliran permukaan yang cepat, dan secara keseluruhan membantu mengurangi risiko banjir.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close