Pembahasan Kunci Simulasi OSN-K Kebumian 2024 (Soal 2023) No 71-80 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Maret 19

Pembahasan Kunci Simulasi OSN-K Kebumian 2024 (Soal 2023) No 71-80

Halo kawan-kawan, disini kita bahas lagi kunci jawaban soal simulasi OSK Kebumian tahun ini. Selamat berlatih dan mendalami materi kebumian.

71. [Mudah] Derajat kristalisasi mineral dalam batuan beku dimana material penyusunnya berukuran sangat halus atau gelasan adalah .... 
a. holokristalin
b. holohialin
c. homokristalin
d. homohialin
e. heterokristalin

Kunci
Derajat kristalisasi mineral dalam batuan beku ditentukan oleh ukuran butiran atau kristal dari mineral-mineral penyusunnya. Jika material penyusunnya berukuran sangat halus atau gelasan, maka batuan beku tersebut disebut holohialin.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah: b. holohialin

a. Holokristalin: Holokristalin merujuk pada tekstur kristal di mana semua mineral penyusunnya telah terkristalisasi sepenuhnya dan butirannya cukup besar sehingga dapat dengan mudah terlihat dengan mata telanjang. Batuan dengan tekstur holokristalin memiliki butiran yang relatif seragam dalam ukuran dan komposisi mineral yang sama di seluruh batuan. Contohnya adalah granit, di mana butiran kristalnya jelas terlihat dan terkristalisasi dengan baik.

b. Holohialin: Holohialin adalah tekstur kristal di mana material penyusunnya berukuran sangat halus atau gelasan, sehingga butiran kristal tidak terlihat dengan jelas tanpa menggunakan mikroskop. Batuan dengan tekstur holohialin sering kali terbentuk di lingkungan yang cepat mendingin atau di bawah tekanan tinggi. Contohnya adalah obsidian, yang terbentuk dari lava yang membeku secara instan sehingga tidak memiliki butiran kristal yang terlihat.

c. Homokristalin: Homokristalin merujuk pada batuan yang terdiri dari butiran kristal yang seragam dalam ukuran dan komposisi mineral yang sama di seluruh batuan. Namun, tekstur homokristalin tidak menyatakan apakah butiran tersebut besar atau halus. Contoh batuan homokristalin termasuk granit dan basalt.

d. Homohialin: Istilah homohialin tidak umum digunakan dalam geologi. Namun, bisa diasumsikan bahwa homohialin memiliki arti yang mirip dengan holohialin, yaitu batuan dengan material penyusunnya berukuran sangat halus atau gelasan. Meskipun demikian, pastikan untuk memeriksa konteks penggunaan istilah ini karena penggunaan istilah yang tidak umum dapat bervariasi.

e. Heterokristalin: Heterokristalin merujuk pada tekstur kristal di mana batuan terdiri dari butiran kristal yang berbeda-beda dalam ukuran dan komposisi mineral. Batuan dengan tekstur heterokristalin mungkin mengandung variasi butiran dari yang sangat halus hingga yang sangat besar, serta mineral-mineral yang berbeda. Contoh batuan dengan tekstur heterokristalin termasuk breksi dan konkrit.

72. [Mudah] Warna pada mineral dapat tergantung pada hal di bawah ini, kecuali ...
a. terdapatnya struktur-struktur mikro dalam batuan
b. unsur pengotor
c. komposisi kimia
d. struktur kristal
e. kekerasan mineral

Kunci
Warna pada mineral dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk:

a. Terdapatnya struktur-struktur mikro dalam batuan.
b. Unsur pengotor.
c. Komposisi kimia.
d. Struktur kristal.

Namun, warna mineral umumnya tidak tergantung pada kekerasan mineral (opsi e). Kekerasan mineral biasanya berkaitan dengan kemampuan mineral untuk menahan goresan atau deformasi, bukan dengan warnanya.

Jadi, jawaban yang benar adalah: e. Kekerasan mineral

73. [Mudah] Gaya regangan (streatching stresses) lava yang bersifat basalt dan menghasilkan gempa dangkal berhubungan dengan ....
a. zona subduksi
b. batas konvergen
c. zona pemekaran
d. batas transform
e. zona sesar

Kunci
Gaya regangan (stretching stresses) pada lava basalt yang menghasilkan gempa dangkal berkaitan dengan: c. Zona pemekaran.

Zona pemekaran adalah area di mana lempeng tektonik terpisah atau terpisah, menciptakan ruang kosong di bawah kerak bumi. Di zona ini, magma dapat naik ke permukaan dan membentuk lava basalt yang mengalami gaya regangan, yang kemudian dapat menyebabkan gempa dangkal.


74. [Menengah] Perhatikan peta lempeng tektonik berikut ini. Manakah pernyataan yang salah ... 

a. Lempeng Cocos berbatasan dengan Lempeng Carribean.
b. Lempeng lndo-Australia bergerak relatif ke arah utara-timur laut
c. Lernpeng South America dan Afrika dibatasi oleh zona pemekaran. 
d. Lempeng Afrika dan Arabia dibatasi oleh batas konvergen.
e. Batas barat dan timur Lempeng Philipine adalah zona subduksi.

Kunci
Yang salah adalah yang D karena lempeng Afrika dan Arab bukan subduksi melainkan divergen atau pemekaran. Cek gambar di bawah.

75. [Mudah] Di bawah ini adalah fenomena alam yang dapat digunakan dalam menentukan batas lempeng kecuali ... 
a. ditemukannya zona subduksi 
b. pola penyebaran gunung api 
c. sebaran gempa bumi
d. sebaran pegunungan
e. penemuan fosil yang seumur

Kunci
Fenomena alam yang dapat digunakan dalam menentukan batas lempeng tektonik adalah:
a. Ditemukannya zona subduksi: Zona subduksi adalah wilayah di mana satu lempeng tektonik tenggelam di bawah lempeng lainnya. Penemuan zona subduksi adalah indikasi kuat akan adanya batas lempeng.
b. Pola penyebaran gunung api: Gunung api sering kali terbentuk di batas lempeng, seperti di jalur cincin api Pasifik. Pola penyebaran gunung api dapat memberikan petunjuk tentang lokasi batas lempeng.
c. Sebaran gempa bumi: Gempa bumi sering terjadi di sepanjang batas lempeng tektonik karena aktivitas tektonik yang terjadi di sana. Sebaran gempa bumi dapat mengidentifikasi lokasi batas lempeng.
d. Sebaran pegunungan: Pegunungan juga sering kali terbentuk di batas lempeng, seperti Pegunungan Himalaya yang terbentuk di antara tabrakan lempeng India dan Eurasia.
e. Penemuan fosil yang seumur: Penemuan fosil dapat memberikan petunjuk tentang bagaimana dan di mana pergerakan lempeng tektonik terjadi dalam sejarah geologis.

Jadi, jawaban yang tidak tepat adalah: E. karena fosil itu kan biogenik evidence bukan dari fenomena alam.

76. [Sulit] Diberikan beberapa pernyataan sebagai berikut:
l. Phobos mengorbit Mars di bawah radius orbit sinkron sehingga menyelesaikan orbit lebih lama dari rotasi Mars.
2. Phobos mengorbit planet Mars dengan sangat cepat sehingga terbit di barat dan terbenam di timur dua kali sehari.
3. Mars merupakan satu-satunya planet Kebumian selain Bumi yang memperlihatkan adanya pengangkutan sedimen oleh angin.
4. Bukti fisik dan kimia yang cukup banyak menunjukkan bahwa pada awal sejarahnya, air mengalir melintasi Mars.
5. Suhu malam hari Mars turun ke tingkat yang memungkinkan es CO2 terbentuk kecuali di daerah tengah-tengah bola Mars
6. Atmosfer Mars sebagian besaradalah CO₂ seperti Venus, tetapi jauh lebih tipis dengan tekanan sebesar 6,3 x 10³ bar. Warnanya sebagian besar berasal dari butiran debu kecil yang tersuspensi di dalamnya.

Pernyatan yang benar adalah ....
a. 1, 2, 4
b. 1, 3, 5
c. 2, 3, 5
d. 2, 4, 6
e. semua pernyataan benar kecuali no 6

Kunci
1. Phobos mengorbit Mars di bawah radius orbit sinkron sehingga menyelesaikan orbit lebih lama dari rotasi Mars.
Benar. Phobos mengorbit Mars dengan periode orbit yang lebih pendek daripada periode rotasi Mars, sehingga tidak sinkron dengan rotasi planet tersebut.

2. Phobos mengorbit planet Mars dengan sangat cepat sehingga terbit di barat dan terbenam di timur dua kali sehari.
Salah. Phobos mengorbit Mars dengan sangat cepat, tetapi tidak cukup cepat sehingga terbit dan terbenam dua kali sehari. Fenomena ini tidak terjadi di Mars.

3. Mars merupakan satu-satunya planet Kebumian selain Bumi yang memperlihatkan adanya pengangkutan sedimen oleh angin.
Salah. Selain Mars dan Bumi, planet lain dalam Tata Surya juga menunjukkan tanda-tanda pengangkutan sedimen oleh angin, seperti Venus dan bahkan bulan-bulan tertentu di luar Tata Surya.

4. Bukti fisik dan kimia yang cukup banyak menunjukkan bahwa pada awal sejarahnya, air mengalir melintasi Mars.
Benar. Ada bukti yang kuat dari formasi lahan kering seperti sungai kering, danau purba, dan delta di Mars yang menunjukkan adanya air yang mengalir pada masa lalu.

5. Suhu malam hari Mars turun ke tingkat yang memungkinkan es CO₂ terbentuk kecuali di daerah tengah-tengah bola Mars.
Benar. Suhu malam di Mars turun cukup rendah sehingga memungkinkan es CO2 terbentuk, kecuali di daerah kutub yang terletak di luar khatulistiwa.

6. Atmosfer Mars sebagian besar adalah CO₂ seperti Venus, tetapi jauh lebih tipis dengan tekanan sebesar 6,3 x 10⁻³ bar. Warnanya sebagian besar berasal dari butiran debu kecil yang tersuspensi di dalamnya.
Benar. Atmosfer Mars sebagian besar terdiri dari CO₂, tetapi jauh lebih tipis daripada atmosfer Venus. Warna Mars sebagian besar berasal dari debu yang tersuspensi di atmosfer.

Jadi, pernyataan yang benar adalah a. 1, 2, 4

77. [Menengah] Atmosfer Mars sebagian besar terdiri dari karbon dioksida dan memiliki tekanan permukaan rata-rata sekitar 600 Pascal (Pa). Jauh lebih rendah daripada Bumi (101000 Pa). Efek yang dapat terjadi adalah ... 
a. Proses penggaraman geologis (geological saltation) sebagai mekanisme penambahan partikulat ke atmosfer tidak terjadi di Mars. 
b.  Atmosfer Mars dapat bereaksi jauh lebih cepat terhadap energi yang masuk daripada atmosfer Bumi
c. Atmosfer Mars dapat bereaksi lebih lambat terhadap energi yang masuk saat di aphelion dan bereaksi lebih cepat saat di perihelion daripada atmosfer bumi
d. Es (air) di permukaan tidak dapat menjadi uap air
e. Angin harus bertiup tidak lebih dari 30 km/jam, tetapi dapat mengangkat debu ke atmosfer Mars 
 
Kunci
Atmosfer Mars memiliki tekanan permukaan yang jauh lebih rendah daripada Bumi, sehingga dapat menyebabkan efek-efek berikut:

a. Proses penggaraman geologis (geological saltation) sebagai mekanisme penambahan partikulat ke atmosfer tidak terjadi di Mars.
- Salah. Proses penggaraman geologis adalah proses di mana partikel-partikel di permukaan terangkat oleh angin dan terbawa ke atmosfer. Meskipun tekanan atmosfer Mars rendah, masih ada angin yang cukup kuat untuk mengangkat debu dan partikel lainnya dari permukaan, meskipun dengan kecepatan yang lebih rendah daripada di Bumi.

b. Atmosfer Mars dapat bereaksi jauh lebih cepat terhadap energi yang masuk daripada atmosfer Bumi.
- Salah. Efek serapan radiasi oleh atmosfer Mars akan berlangsung lebih lambat karena tekanan atmosfer yang rendah.

c. Atmosfer Mars dapat bereaksi lebih lambat terhadap energi yang masuk saat di aphelion dan bereaksi lebih cepat saat di perihelion daripada atmosfer bumi.
- Benar. Ketika Mars berada di perihelion (titik terdekat dengan Matahari), intensitas radiasi yang diterima lebih tinggi, dan atmosfer Mars akan bereaksi lebih cepat terhadap energi ini. Sebaliknya, saat Mars berada di aphelion (titik terjauh dari Matahari), intensitas radiasi yang diterima lebih rendah, dan atmosfer Mars akan bereaksi lebih lambat.

d. Es (air) di permukaan tidak dapat menjadi uap air.
- Salah. Meskipun tekanan atmosfer rendah, suhu di Mars kadang-kadang cukup tinggi untuk memungkinkan es di permukaan menjadi uap air. Namun, karena tekanan atmosfer rendah, titik didih air di Mars juga lebih rendah daripada di Bumi.

e. Angin harus bertiup tidak lebih dari 30 km/jam, tetapi dapat mengangkat debu ke atmosfer Mars.
- Salah. Angin di Mars dapat bertiup dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada 30 km/jam. Kecepatan angin di Mars dapat mencapai ratusan kilometer per jam, dan angin tersebut dapat mengangkat debu ke atmosfer Mars.

Jadi, jawaban yang benar adalah:
c. Atmosfer Mars dapat bereaksi lebih lambat terhadap energi yang masuk saat di aphelion dan bereaksi lebih cepat saat di perihelion daripada atmosfer Bumi.

78. [Mudah] Keberadaan gas-gas dalam atmosfer planet ditentukan oleh kemampuan planet untuk menjaga agar gas tersebut tidak lepas ke ruang angkasa (atmosphere retention). Diketahui atmosfer Bumi mengandung uap air, gas metana gas nitrogen. gas oksigen. dan gas karbon dioksida. Sebuah exoplanet memilik.i massa dan jari-jari sebesar 35% dari massa dan jari-jari Bumi dau planet induknya sekelas Matahari. maka atmosfer exoplanet tersebut berpeluang besar untuk mengandung ....
a. unsur dan molekul gas yang sama dengan yang dikandung atmosfer Bumi 
b. unsur dan molekul gas yang lebih beragarn 
c. unsur dan moleku gas yang lebih banyak 
d. hanya gas karbon dioksida dan hidrogen 
e.  gas metana dan gas karbon dioksida 

Kunci
Kemampuan sebuah planet untuk mempertahankan gas-gas dalam atmosfernya tergantung pada berbagai faktor, termasuk massa planet, jari-jari planet, suhu permukaan, dan keberadaan medan magnet. Jika sebuah exoplanet memiliki massa dan jari-jari sebesar 35% dari Bumi, namun planet induknya sekelas Matahari, maka perbedaan dalam ukuran dan massa tersebut dapat mempengaruhi kemampuan planet tersebut untuk mempertahankan atmosfer.

Pertama, kita perlu mempertimbangkan bahwa massa dan jari-jari sebuah planet sangat mempengaruhi gravitasinya. Semakin besar massa dan jari-jari sebuah planet, semakin kuat gravitasinya, dan semakin mampu planet tersebut mempertahankan atmosfernya. Namun, karena exoplanet ini memiliki massa dan jari-jari yang lebih kecil daripada Bumi, maka gravitasinya mungkin tidak cukup kuat untuk mempertahankan atmosfernya jika dibandingkan dengan Bumi.

Namun, keberadaan medan magnet juga dapat mempengaruhi kemampuan sebuah planet untuk mempertahankan atmosfernya. Medan magnet yang kuat dapat melindungi atmosfer sebuah planet dari terpaan angin matahari dan radiasi berbahaya dari luar angkasa, sehingga meningkatkan kemungkinan planet tersebut untuk mempertahankan atmosfernya.

Dengan mempertimbangkan fakta-fakta ini, jawaban yang paling tepat adalah: e. gas metana dan gas karbon dioksida

Kedua gas ini adalah gas yang penting dalam pembentukan atmosfer planet, dan meskipun exoplanet tersebut mungkin tidak mampu mempertahankan atmosfer yang sama persis dengan Bumi, keberadaan gas-gas tersebut masih mungkin terjadi.

79. [Mudah] Magnetosfer adalah batas terluar dari sebuah planet. Untuk planet-planet dalamTata Surya kita ukuran dan bentuk magnetosfer paling tepat bergantung pada ... 
a. Medan magnet planet dan angin Matahari 
b. Tekanan planet dan flare Matahari 
c. Kerapatan planet dan partikel energi tinggi dari Matahari· 
d. Temperatur planet dan radiasi Ultraviolet Matahari 
e. Plasma dalaru eksosfer planet dan angin Matahari 

Kunci
Magnetosfer adalah wilayah di sekitar sebuah planet di mana medan magnetnya mendominasi pengaruh medan magnet Matahari. Untuk planet-planet dalam Tata Surya kita, ukuran dan bentuk magnetosfer paling tepat bergantung pada:

a. Medan magnet planet dan angin Matahari.

Medan magnet planet berperan penting dalam membentuk dan mempertahankan magnetosfer, sementara angin Matahari (angin surya) mempengaruhi interaksi antara medan magnet planet dengan medan magnet Matahari. Interaksi ini mempengaruhi ukuran dan bentuk magnetosfer suatu planet.

80. [Menengah] Solar flares are known to emit bursts of all but one of the following ... 
a. Magnetized dust     
b. X-rays 
c. Gamma rays 
d. Radio waves 
e. Energetic protons 

Kunci
Solar flares are known to emit bursts of various forms of electromagnetic radiation and energetic particles. However, they are not known to emit bursts of magnetized dust.

So, the correct answer is: a. Magnetized dust. Check solar flares picture below.


Share with your friends

4 komentar

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close