Pembahasan Kunci Simulasi OSN-K Kebumian 2024 (Soal 2023) No 81-90 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Maret 19

Pembahasan Kunci Simulasi OSN-K Kebumian 2024 (Soal 2023) No 81-90

Oke lanjut lagi kita bahas soal OSN K Kebumian tahun 2023 nomor selanjutnya. Topik di soal ini adalah seputar astronomi.

Siswa harus paham teori benda langit dan rumus-rumus dasar mekanika benda langit. 

81. [Mudah] Kromosfer Matahari adalah ... 
a. Cangkang gas sferik yang membentang hingga juta kilometer 
b. Cangkang gas sferik dengan ketebalan 3.000 kilometer 
c. Bagian dari matahari yang memancarkan sebagian besar radiasi yang diamati dari Bumi
d. Bagian yang tampak paling membentang pada foto Matahari tatkala Gerhana Matahari Total 
e. Lidah api yang tersembur dari Matahari dan merentang hingga ratusan ribu kilometer 

Kunci
Kromosfer Matahari adalah lapisan gas panas yang terletak di atas fotosfer, yaitu permukaan tampak Matahari. Kromosfer terletak di antara fotosfer dan korona Matahari. Ini adalah salah satu lapisan atmosfer luar Matahari. Kromosfer terlihat selama gerhana matahari total sebagai cahaya merah yang terlihat di sekitar tepi Matahari. Lapisan ini memiliki suhu sekitar 4500°C hingga 6000°C. Salah satu fitur yang mencolok dari kromosfer adalah prominensi, yaitu jet besar gas yang terpompa dari permukaan Matahari ke atas.


82. [Menengah] Satelit alam di Tata Surya yang memperlihatkan adanya pemanasan oleh pasang surut (tidal heating) dari planet induknya pada masa lampau adalah ... 
a. Bulan 
b. Phobos 
c. Io 
d. Enceladus
e. Ganymede 

Kunci
Io adalah satelit alam dari planet Jupiter yang mengalami pemanasan oleh pasang surut (tidal heating) yang disebabkan oleh gaya gravitasi yang dihasilkan oleh tarikan gravitasi Jupiter dan satelit-satelit lainnya. Pemanasan ini mengakibatkan aktivitas geologis yang intens di Io, termasuk gunung berapi yang aktif dan medan vulkanik yang luas.

83. [Menengah) Planet yang pertama kali terbentuk di Tata Surya adalah ...... di jarak awal sekitar ...... dari pusat Solar Nebula.
a. Jupiter: 3.2 AU 
b. Jupiter: 5.2 AU 
c. Saturnus: 2.5 AU 
d. Satumus: 9.5 AU 
e. Merkurius: 1.2 AU 

Kunci
About 5 billion years ago, as our sun forms, most planets around it are still dust. But Jupiter's core already begins to grow. First distance is 3.2 AU

84. [Mudah] Dari pernyataan-pernyataan di bawah ini manakah yang salah? 
a. Seluruh planet mengelilingi Matahari dengan arah revolusi yang sama
b. Dua planet dalam Tata Surya kita diketahui tidak memiliki satelit alam
c. Laju orbit Pluto mengelilingi Matahari lebih rendah dari laju orbit Merkurius
d. Cincin-cincin Satumus terdiri atas lembaran tipis materi yang berevolusi mengelilingi sumbu rotasi Saturnus dengan laju yang berbeda 
e. Planet Jovian umumnya didominasi gas dan cair dengan massa jenis lebih ringan daripada planet Kebumian

Kunci
Hampir semua planet dari Merkurius hingga Neptunus, mengitari Matahari barat ke timur, namun Uranus dan Venus berputar dengan arah sebaliknya, yaitu timur ke barat.

Rotasi yang dialami oleh planet Venus dan Uranus disebut sebagai rotasi retrograde, yaitu berputar dengan arah berlawan dengan rotasi Matahari. 

Hipotesis para ilmuwan pada zaman dahulu menunjukkan bahwa terjadinya arah perputaran yang berbeda pada Venus dan Uranus ini disebabkan karena tabrakan benda besar di angkasa. 

Dahulu, Venus dan Uranus dikatakan berputar mengelilingi Matahari dengan arah yang sama seperti planet lainnya. Namun, karena tabrakan tersebut, arahnya menjadi berbeda.

85. [Mudah] Bukti apa yang kita miliki bahwa planet-planet terbentuk bersama-sama dengan bintang induknya?
a. pada panjang gelombang ultraviolet, terdeteksi piringan debu dingin di sekitar bintang muda
b. pada panjang gelombang visual, terdeteksi piringan debu dingin besar di sekitar bintang
c. pada panjang gelombang visual, kita melihat ada cakram di sekitar sebagian besar bintang muda tunggal di Nebula Orion
d. pilihan a dan b benar
e. semua benar

86. [Sulit] Read carefully. "A hybrid solar eclipse will occur on Thursday, April 20, 2023. A hybrid solar eclipse combines an annular and a total  solar eclipse where the former becomes the latter and then usually  reverts back. Therefore, observers at different points in the eclipse ' path can experience different phenomena. For example,'if you watch' hybrid solar eclipse at sunrise or at sunset you may see a brief 'ring of fire". If you watch it at midday-so at the mid-point of the eclipse's path across the surface of earth-you will experience totality. It's therefore impossible to experience both an annular and a total solar eclipse during a hybrid event-you have to make a choice".

Base the text and the orthographic map,............for this eclipse will be visible for the observation team next to Damar Island (7⁰8'30'' S, 128⁰ 36'45'' E)
a. Annularity and also totality
b. Totality
c. Annularity
d. Only partially 90%
e. Only partially 75%

Kunci
Belum tahu

87. [Menengah] Jarak antara 2 fitur di Planet Merkurius yang diamati dengan teleskop dengan panjang fokus obyektif 80 cm adalah 1.38" (detik busur). Berapakah panjang fokus eyepiece yang diperlukan untuk memisahkan kedua fitur tersebut dengan resolusi mata kita yaitu 2' (menit busur)? Untuk ini tinjaulah pada panjang gelombang 550 nm.
a. 0,5 cm
b. 0,6 cm
c. 0,7 cm
d. 0,8 cm
e. 0,9 cm

Kunci
Belum tahu

88. [Mudah] Sebuah kawasan langit dipotret dengau bantuan teropong pemantul (reflector) berdiameter 75 cm. Waktu yang diperlukan agar bayangan dapat terbentuk adalah l jam. Jika kawasan itu ingin dipotret dengan teropong pemantul berdiameter 150 cm. berapakah waaktu yang diperlukan?
a. 5 menit 
b. 10 menit 
c. l5 menit 
d. 20 menit 
e. 25 menit 

Kunci
Cek hasil perhitungan di bawah:

89.[Mudah] Keterbatasan dari daya pisah teleskop landas bumi (ground-based telescope) diatributkan pada ....
a. difraksi oleh bukaan yang terbatas 
b. getaran seismik pendukung teleskop 
c. kesulitan membuat pennukaan optis dengan ukuran besar 
d. gangguan oleh atmosfer seperti turbulensi dan ketidakhomogenan
e. keterbatasan berat dari optical tube assembly

Kunci
Jawaban yang benar adalah: d. gangguan oleh atmosfer seperti turbulensi dan ketidakhomogenan

Teleskop landas bumi menghadapi keterbatasan dalam daya pisah karena gangguan oleh atmosfer Bumi. Ketika cahaya dari objek langit melewati atmosfer, ia dapat mengalami distorsi akibat turbulensi atmosfer, yang dapat mengaburkan citra yang diamati. Ini mengakibatkan daya pisah yang lebih rendah daripada yang akan dicapai jika teleskop beroperasi di luar atmosfer, seperti teleskop luar angkasa atau teleskop yang terletak di ketinggian tinggi di atas atmosfer, seperti teleskop pengamatan gunung.

90. [Sulit] Menurut model WGS84 (sebuah sistem yang mendefinisikan kerangka referensi untuk Bumi). Radius Bumi pada arah khatulistiwa adalah a  = 6378,137 km dan pada sumbu kutub c = 6356.752 km. Rumus untuk menghitung jarak dua lokasi yang  terpisah sebesar 1° pada suatu meridian.

Dengan menggunakan rumus tersebut. hitung jarak antara Pontianak (0°0' LU: 109° 10' BT) dan suatu lokasi di Donggala-Parigi Moutong: (0°0' LU; 119°40' BT). 
a. 1172,8 km
b. 1166,9 km 
c. 1161,0 km 
d. 111,6 km 
e. 110,5 km 

Kunci
Belum tahu

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close