Menikmati Kesejukan Perkebunan Teh Taraju Tasikmalaya

- January 07, 2017
Kabupaten Tasikmalaya merupakan salah satu wilayah tingkat II yang ada di Jawa Barat. Namun tahukah anda jika di salah satu wilayah Priangan ini punya perkebunan teh yang indah dan tidak kalah dengan Puncak Bogor?. Namanya adalah Perkebunan teh Taraju. Taraju adalah salah satu kecamatan di barat daya Tasikmalaya yang memiliki relief perbukitan. Saya sudah lupa kapan terakhir mengunjungi perkebunan Taraju dan rasanya ingin kembali menyusuri indahnya alam di sana. Banyak teman saya yang berasal dari Taraju.

Taraju dapat diakses dari pusat kota Tasikmalaya sejauh kurang lebih 48 km. Jalan menuju Taraju sudah cukup baik namun lebar jalan tidak begitu besar dan banyak terdapat tebing rawan longsor. Angkutan umum hanya tersedia hingga sore hari untuk menuju sana dan lebih enak jika pakai kendaraan pribadi atau motor.
Menikmati Kesejukan Perkebunan Teh Taraju Tasikmalaya
Pemandangan sekitar Taraju, pic: googlemap 3D
Dari pusat kota anda harus bergerak menuju arah Singaparna lalu sebelum Salawu anda belok ke kiri. Sepanjang perjalanan anda akan melihat pemandangan perbukitan dan pedesaan khas Sunda yang elok. Jika sudah sampai Taraju maka hembusan udara sejuk dan pemandangan kebun teh luas akan memanjakan mata.

Perkebunan teh Taraj menurut sejarahnya dibuka oleh pemerintah Kolonial Belanda tahn 1909 dan sampai sekarang masih beroperasi. Jika digabung dengan perkebunan teh di Kecamatan Bojonggambir maka luas total perkebunan teh di Tasikmalaya mencapai lebih dari 7 juta hektar, luas sekali bukan?.
Menikmati Kesejukan Perkebunan Teh Taraju Tasikmalaya
Keelokan Perkebunan Teh Taraju, pic:tripmondo.com
Anda dapat berjalan-jalan menyusuri setiap sudut pohon teh dan merasakan harumnya tanah Pasundan. Aktifitas lain yang dapat dilakukan adalah fotografi, wisata edukasi, penelitian hingga camping. Banyak warung-warung kopi di pinggir jalan jika anda ingin menikmati secangkir kopi dengan pemandangan hijaunya teh di sana. Dijamin anda tidak akan rugi dan ingin betah berlama-lama di sana meninggalkan semua kepenatan dan hiruk pikuk kota. Kedamaian jiwa dan pikiran akan anda rasakan menyatu dengan dedaunan teh yang sejuk. 

Jika anda ingin puas menikmati perkebunan teh Taraju maka minimal anda harus berada di sana 2 hari dua malam minimal. Semakin malam udara semakin dingin khas pegunungan dan tentunya secangkir minum khas Sunda seperti bandrek, bajigur atau teh panas cocok menemani anda di malam hari.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search