Ruang Lingkup Geografi Menurut Murphey - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Januari 7

Ruang Lingkup Geografi Menurut Murphey

Analisa dan studi geografi mencakup analisa gejala manusia dan gejala alam serta meliputi analisa sebaran, interelasi dan interaksinya dalam ruang. Melihat analisa gejala yang dipelajarinya Geografi dapat menjawab pertanyaan what, where, why, how tentang apa yang terjadi di bumi. 

Untuk menjawab pertanyaan what, geografi dapat menunjukkan gejala atau faktor alam dan gejala atau faktor manusia. 

Untuk menjawab pertanyaan where, geografi dapat menunjukkan ruang atau tempat terjadinya gejala alam atau manusia tadi. Untuk menjawab pertanyaan why, geografi dapat menunjukkan relasi-interelasi-interaksi-integrasi gejala tadi sebagai suatu faktor yang saling berkaitan.

Baca juga:
Unsur kehidupan masyarakat desa
Seri reaksi bowen batuan beku
Zona subduksi lempeng samudera

Untuk menjwab pertanyaan how, geografi dapat menunjukan kualitas dan kuantitas gejala serta interaksi dan interelasi dari gejala tersebut dalam ruang permukaan bumi. Bahkan untuk mengungkapkan waktu terjadinya peristiwa, geografi dapat menjawab pertanyaan when. Dengan begitu dimensi ruang lingkup dan studi geografi cukup luas dan mendasar. Rhoad Murphey mengemukakan tiga pokok ruang lingkup geografi sebagai berikut:

1. The distribution and relationship of mankind over the earth and the spatial aspects of human settlement and the use of the earth.
2. The interrelationship between human society and the physical environment as part of the study of areal differences.
3. The regional framework and the analysis of specific region.
Ruang Lingkup Geografi Menurut Murphey
Pewilayahan Adminisratif Indonesia, 
pic: danish1301.weebly.com
Dari ketiga pokok ruang lingkup geografi di atas maka kajian geografi tidak akan lepas dari aspek alamiah dan aspek manusia. Aspek-aspek tadi diungkapkan dalam satu ruang berdasarkan prinsip-prinsip penyebarannya, relasi dan korologinya. Selanjutnya prinsip relasi ini diterapkan untuk menganalisa hubungan antara kehidupan manusia dengan lingkungannya. 

Akhirnya prinsip relasi, penyebaran dan korologi dalam studi geografi dapat mengungkapkan karakteristik suatu wilayah dengan segala macam elemen pembentuknya sehingga dapat dibedakan dengan wilayah lain di bumi. Baca juga: Mineral, organisme dan endapan air laut

Region atau wilayah menjadi konsep penting dalam geografi karena manusia dan mahluk hidup lainnya hidup dalam region-region yang dapat dibedakan menurut indikator masing-masing.  

Baca juga:
Konsep ruang dan region dalam geografi
Jenis-jenis usaha pelestarian lingkungan hidup
Macam-macam kedaulatan negara
Perbedaan konservasi DAS hulu dan hilir

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close