Ruang Kelas Yang Baik

- March 08, 2017
Sudah hampir 6 tahun saya menekuni profesi guru dan selama itu juga saya mengamati berbagai hal tentang sekolah. Salah satu bagian yang saya perhatikan adalah tentang ruang kelas. Sebetulnya ruang kelas yang baik itu seperti apa sih?. Artikel ini juga saya tulis berdasarkan pengalaman research di berbagai blog sekolah bule dan perbandingannya dengan sekolah di Indonesia.

Ruang kelas tentunya adalah salah satu sarana utama belajar siswa di sekolah. Ruang kelas tentu harus nyaman agar siswa dapat belajar dengan baik. Nyaman itu dalam hal apa saja?. Nyaman ditempat, nyaman dilihat, dan nyaman lainnya. Satu hal yang jadi perhatian saya adalah tentang ornamen-ornamen kelas. 

Di luar negeri tidak ada kelas yang dinding-dindingnya kosong, dibiarkan bersih tanpa ada ornamen atau hasil karya siswa terpajang di sana. Mengapa hasil karya siswa harus dipajang di kelas atau sekolah?.

1. agar siswa merasa dihargai hasil karyanya
2. agar menjadi sumber pengetahuan bagi semua orang
3. agar suasana kelas menjadi bergairah, tidak kaku

Saya sangat miris sekali jika melihat ruang kelas atau sekolah yang begitu kaku, tidak ada satu pun hasil karya siswa atau informasi menempel di dinding. Saya dulu bahkan tertawa kala ada pimpinan yang bilang karya siswa jangan di tempel di kaca atau dinding nanti merusak cat atau kaca katanya?. Hello, itu pimpinan ngerti pendidikan atau enggak sih? kok bisa jadi kepala sekolah. 
Ruang Kelas Yang Baik
Ruang Kelas Yang Kaku, Dingin
Sekolah sejatinya adalah menjadi sumber pengetahuan baik untuk siswa maupun siapapun yang berkunjung ke sana. Bayangkan saja jika ada orang tua siswa yang datang ke sekolah mengambil raport anaknya. Ia hanya masuk kelas, ngambil raport lalu kembali lagi ke rumah tanpa ada nilai tambah yang ia dapat saat ke sekolah karena tidak ada informasi yang menarik yang muncul di sana. 

Bandingkan jika kelas atau dinding sekolah penuh dengan ornamen hasil karya siswa atau berita informasi lain. Tentunya minimal orang tua siswa akan melihat gambar tersebut dan setelah melihat pastinya akan ada rasa "penasaran toh?". Lalu ia membaca dan dapatlah informasi baru. Itulah salah satu fungsi sekolah sebagai sumber pengetahuan buat semua orang.
Ruang Kelas Yang Baik
Ruang Kelas Yang Bergairah, pic: www.radioaustralia.net.au
Jadi secara tidak langsung, sekolah harus bisa membangun minat baca, belajar kepada khalayak. Saya pun saat berkunjung ke sekolah yang banyak ornamen kelasnya pasti akan melihat lalu membaca isinya karena saya tertarik. Jadi kelas yang kosong hanya cat putih saja tentu seperti di gua (gua saja banyak ornamen nya), dingin tidak ada daya tarik informasi. Jadi ruang kelas yang baik salah satunya memang harus memuat semua hal baik itu hasil karya siswa, peraturan, foto kelas dan lainnya. Dengan demikian maka siswa akan senang berada di kelas dan bersemangat belajar. Jadi mari hias sekolah dan ruang kelas kita agar lebih menarik.
Comments
1 Comments

1 komentar:

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search