Wisata Air Cipadung Rajagaluh, Situs Prabu Siliwangi

- December 19, 2016
Bagi yang sedang liburan atau mudik akhir tahun ini di sekitaran Cirebon, artikel berikut mungkin sedikit bermanfaat. Daerah Karesidenan Cirebon memiliki berbagai macam objek wisata menarik dan salah satunya adalah Wisata Air Cipadung di Kecamatan Rajagaluh Cirebon. Objek wisata ini banyak dipadati pengunjung saat akhir pekan atau liburan tiba. 

Wisata Air Cipadung merupakan sebuah objek wisata alam yang berlokasi di Kecamatan Rajagaluh. Dari kota Majalengka anda tinggal menuju arah Rajagaluh atau Cirebon. Setelah sampai di terminal Rajagaluh sebelum jembatan ada belokan ke kanan. Jalan mulai menyempit karena lokasinya berada di pedesaan.  

Jalanan akan menanjak dengan udara yang mulai dingin karena banyak pepohonan. Di sepanjang jalan juga banyak yang menjual bibit pohon, barangkali ada yang mau tanam atau bisnis bibit. Mobil dan motor tidak bisa masuk di Cipadung dan mesti di parkir di bagian bawah. Setelah itu anda harus berjalan sejauh 200 m ke atas. 
Wisata Air Cipadung Rajagaluh, Situs Prabu Siliwangi
Mata Air Cipadung Rajagaluh
Tiket masuk wisata Cipadung Rajagaluh 10 ribu per orang. Ada banyak sekali wahana bermain di sini seperti danau dan yang paling utama adalah kolam mata air di bagian atas. Anda harus berjalan menyusuri bukit rimbun yang sejuk. Di bukit ini, kera juga banyak dijumpai jadi anda harus hati-hati juga.

Di tengah bukit, ada makam keramat entah itu siapa namanya, lupa saya. Banyak orang yang berziarah ke sini. Katanya bukit ini adalah salah satu petilasan Prabu Siliwangi. Nah, sampai di bagian dalam bukit, akan ada kolam mata air yang tentunya sangat pas untuk berenang. Kedalamannya tidak terlalu dalam namun yang membawa anak hatus hati-hati.
Wisata Air Cipadung Rajagaluh, Situs Prabu Siliwangi
Wisata Sepeda Air Cipadung
Air disini sangat dingin, sejuk khas mata air pegunungan. Bukit Cipadung ini juga merupakan hutan konservasi yang menjadi sumber air utama bagi daerah di sekitarnya. Soal makanan anda tidak usah khawatir karena banyak pedagang menjajakan makanan di sana. Wahana permainan lain disini adalah flying fox dan sewa sepeda air. Jika ingin menikmati wisata Cipadung saya sarankan jangan pas musim hujan ya karena nanti tidak bisa leluasa disana. Para pasangan yang mau menikah juga konon banyak yang datang ke sini untuk melihat masa depan dan menyucikan diri di mata air.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search