LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Geografi Dinamika Litosfer Pertemuan 1 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Jumat, Januari 14

LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Geografi Dinamika Litosfer Pertemuan 1


Lembar Kerja Peserta Didik atau LKPD adalah salah satu tools atau alat pembelajaran yang dapat berguna untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap penguasaan materi. Dulu LKPD itu namanya LKS atau lembar kerja siswa, sama saja sebenarnya fungsinya.

Kali ini saya akan berikan contoh LKPD Geografi Bab Dinamika Litosfer. Karena ada banyak pertemuan, maka akan saya pecah menjadi beberapa LKPD, mungkin bisa 5-7 LKPD. Lumayan kan 7 pertmuan punya senjata LKPD.

Untuk LKPD pertama ini adalah seputar struktur litosfer dan pengenalan tentang gaya endogen. Nanti silahkan saja dimodifikasi sesuai kebutuhan siswa di sekolah masing-masing. Yang jelas kalau geografi pasti akan ada gambar atau bisa video.

LKPD yang gak ada gambarnya gak asik banget kalau geografi mah. Dinamika litosfer sangat kompleks dan siswa perlu dibekali pengetahuan tentang bagaimana asal usul terbentuknya litosfer, perkembangannya dan pemanfaatannya bagi kehidupan seperti apa.

Litosfer terbentuk melalui serangkaian proses dari sejak awal mula bumi terbentuk 4,6 milyar tahun lalu. Permukaan bumi yang tadinya bola panas kemudian mendingin menjadi kerak (ingat kerak nasi liwet aja).

Kerak bumi ini terus dinamis karena mengalami gaya endogen dan eksogen. Gaya endogen berasal dari dalam bumi sementara gaya eksogen berasal dari luar bumi. Kedua gaya ini simultan merombak litosfer hingga membuat geomorfologi permukaan bumi bervariasi.

Saya akan coba secara bertahap mengupload LKPD di blog ini supaya bisa diakses oleh teman-teman. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan memberikan inspirasi.

LKPD selanjutnya: Batuan Penyusun Litosfer (on progress). Silahkan download LKPD geografi di bawah ini.

Cara downloadnya dengan buka di desktop, lalu klik tanda panah di pojok kanan atas, nanti akan otomatis terbuka di google drive. Silahkan klik tombol download saja nanti.


DOWNLOAD LKPD DINAMIKA LITOSFER PART 1
👇👇👇👇

Share with your friends

2 komentar

  1. Alhamdulillah sdah bisa, makasih sangat, semoga jadi amal jariyah ya pa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama- sama pak, silahkan dimodif atau disesuaikan saja soal-soalnya

      Hapus

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close