Gempa 6,7 Skala Richter Guncang Banten, Terasa Sampai Jakarta - Guru Geografi
News Update
Loading...

Jumat, Januari 14

Gempa 6,7 Skala Richter Guncang Banten, Terasa Sampai Jakarta

Titik episentrum gempa sore ini
Sore ini saya sedang rebahan di kasur, tiba-tiba terasa ada goyangan beberapa detik, lumayan kuat dan cukup membuat kepala melayang.

Dari gejala tersebut pastinya ini gempa, padahal jarang-jarang Bekasi ada goncangan. Setelah dicek ke BMKG ternyata memang benar terjadi gempa di daerah Sumut Banten berkekuatan 6,7 skala Richter.

Gempa cukup kuat hingga sampai Jakarta, dan pastinya goncangan akan semakin terasa jika sedang berada di gedung tinggi lantai atas.

Lantas pertanda apakah ini?. Sebenarnya hal ini adalah fenomena biasa karena pulau Jawa berada di zona subduksi lempeng Indo Australia - Eurasia.

Zona subduksi adalah zona penunjaman lempeng tektonik dikarenakan terjadi tabrakan lempeng di zona konvergen. Lempeng yang lebih lemah akan menunjam atau menerobos masuk ke bawah lempeng yang lebih kuat.

Gempa sore ini termasuk gempa tektonik dan tidak berpotensi tsunami. Kejadian ini menjadi alarm bagi kita untuk waspada dan terus menambah pengetahuan seputar mitigasi gempa.

Saat tiba - tiba terjadi gempa, apa yang harus dilakukan saat kita berada di bangunan lantai 1, lantai atas, kendaraan, bawah pohon dan lainnya?.

Masyarakat harus paham dan siap jika nanti fenomena gempa terjadi kembali. Dengan semakin cerdas maka potensi kerugian dan korban jiwa akan semakin kecil.

Lempeng tektonik akan terus mengalami tekanan dan kita tidak bisa memprediksi kapan waktu terjadinya gempa, jadi kesiapsiagaan adalah hal utama.

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close