LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Geografi Pewilayahan Negara Maju Part 1 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Jumat, Januari 14

LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Geografi Pewilayahan Negara Maju Part 1

LKDP Kelas 12 Pewilayahan Negara Maju dan Berkembang

Assalamualaikum sobat guru geografi, salam sejahtera buat kita semua. Apa lagi sih yang akan mimin kasih di postingan kali ini?. Saya akan berikan lagi contoh LKPD alias Lembar Kerja Peserta Didik.

Banyak yang request soalnya karena mungkin guru-guru masih bingung buatnya atau kecapean dan ga ada waktu buat nulisnya. Tenang gak apa-apa, saya berikan gratis nih di bawah.

LKPD yang dibagikan kali ini topik kelas 12 yaitu seputar negara maju dan berkembang. Nanti silahkan edit saja ya sesuai kebutuhan. LKPD yang saya desain ini tipe hots banget soalnya. Ada banyak data dan grafik disana. Siswa diminta menginterpretasi dan menganalisis data tersebut.

LKPD ini saya buat pada saat saya PPG Dalam Jabatan dulu tahun 2019 di Universitas Pendidikan Indonesia. LKPD ini untuk berapa pertemuan sih?. Saya sih biasa membuat satu pertemuan 1 LKPD, jadi untuk bab ini bisa dibagi menjadi 4 LKPD mungkin ya. 

Nanti sisanya akan saya upload bertahap, daripada filenya hilang di laptop mending saya simpan di blog ini dan bisa dibagikan ke teman-teman dan menjadi bank materi saya selaku penulis.

Pewilayahan negara maju dan berkembang ini pada dasarnya membahas perbandingan seputar karakteristik dan persebaran negara maju dan berkembang di dunia. Mengapa perkembangan sebuah negara dapat berbeda-beda?. Tentu ada faktor sejarah, kondisi fisiografis dan sosial budaya yang mempengaruhinya.

Negara dapat diklasifikasikan menjadi negara maju dan berkembang biasa dengan menggunakan indikator ekonomi dan teknologi. Negara dengan pendapatan tinggi, indeks pembangunan manusia tinggi dan penguasaan teknologi tinggi bisa diklasifikasi sebagai negara maju.

Negara maju telah mengalami fase perkembangan industri dari mulai industri primer, sekunder, tersiser dan sekarang di era kuartener. Sementara itu negara berkembang masih berada di posisi industri manufaktur/sekunder dan tersier.

Indeks Pembangunan Manusia/IPM atau Human Development Index adalah tolak ukur paling utama yang digunakan untuk melihat sejauh mana kondisi kesejahteraan masyarakat sebuah negara. Tiga indikator IPM adalah pendidikan, kesehatan dan standar hidup layak.

Indonesia sebagai salah satu negara yang sedang mengalami pertumbuhan pesat saat ini di bidang ekonomi dan digital perlu mengambil peran agar dapat melesat menjadi negara maju. Kita tidak boleh tinggal diam, saatnya untuk berubah menjadi lebih baik.

Pendidikan adalah senjata utama dalam mencetak sumber daya manusia beradab, terampil dan berkarakter untuk menyiapkan generasi emas Indonesia di tahun 2045 kelas. Silahkan download file LKPD Geografi bab negara maju dan berkembang di bawah ini, jangan lupa share ke teman-teman ya.

Cara downloadnya dengan buka di desktop, lalu klik tanda panah di pojok kanan atas, nanti akan otomatis terbuka di google drive. Silahkan klik tombol download saja nanti.


DOWNLOAD FILE LKPD GEOGRAF KELAS 12 
👇👇👇👇

Baca Juga Ya!

Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close