LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Geografi Ketahanan Pangan Pertemuan 1 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Januari 15

LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Geografi Ketahanan Pangan Pertemuan 1

LKPD Bab Ketahanan Pangan

Halo guru geografi se nusantara, masih bingung nyari contoh LKPD alias lembar kerja buat siswa bab ketahanan pangan?. Tenang aja, akan saya bagikan contohnya ya, tapi untuk satu pertemuan dulu.

Ketahanan pangan merupakan suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup, baik dari jumlah maupun  mutunya, aman, merata, dan terjangkau.

Nah, Indonesia sebagai negara agraris sudah seharusnya memiliki ketahanan pangan yang tangguh. Akan tetapi di lapangan masih terdapat beberapa masalah yang harus terus diperbaiki dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Berbagai jenis pangan dari mulai jenis nabati dan hewani sangat melimpah sekali di Indonesia. Lahan pertanian, laut, sungai, hutan, kolam, padang rumput semuanya kita punya.

Semua sumber daya tadi sangat penting untuk menghasilkan produk-produk pangan yang berkualitas. Masyarakat sudah pasti akan mendapatkan suplai bahan pangan lewat pasar lokal maupun online.

Pertumbuhan penduduk yang terus meningkat ditambah semakin berkembangnya kota membuat tantangan ketahanan pangan kian besar. Lahan-lahan pertanian semakin menyempit karena ekpansi industri, pemukiman dan perkotaan.

Diperlukan suatu terobosan baru untuk tetap menjaga produktifitas pangan agar tetap stabil dan mampu mencukupi kebutuhan masyarakat baik dalam segi stok, kualitas, dan harga terjangkau.

Sudah saatnya kini para petani milenial untuk diberikan akses untuk mengembangkan industri pertanian di era digital. Hal ini untuk mengikuti perubahan zaman yang kini semakin mengglobal. 

Transfer produk kini bisa dilakukan dengan hanya bermodalkan smartphone atau laptop. Dengan demikian petani bisa membuka pangsa pasar seluas-luasnya dan bisa menjadi jalan kesejahteraan petani itu sendiri.

Melalui materi ketahanan pangan ini, guru geografi juga perlu memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga asupan gizi setiap hari agar kesehatan selalu terjaga. Masyarakat harus cerdas memilih bahan pangan yang akan bermanfaat bagi kesehatan dalam jangka panjang.

Kesehatan adalah kunci produktifitas, jadi peran pemerintah juga diperlukan untuk mengkampanyekan pola hidup seheat dalam pemilihan pangan. 

Oke langsung aja, berikut LKPD Bab Ketahanan Pangan pertemuan 1. Nanti akan dilanjut untuk pertemuan selanjutnya. Silahkan edit-edit saja sesuai kebutuhan di kelas, karena pasti setiap guru punya style dan materi yang berbeda asal tidak keluar jalur silabus saja. Saya buat soal tipe HOTS karena anak SMA sudah harus mampu melakukan penalaran dan riset.

Cara downloadnya dengan buka di desktop, lalu klik tanda panah di pojok kanan atas, nanti akan otomatis terbuka di google drive. Silahkan klik tombol download saja nanti.


DOWNLOAD LKPD KETAHANAN PANGAN PART 1
👇👇👇👇

Share with your friends

1 komentar

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close