LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Geografi Dinamika Penduduk Part 1 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Januari 16

LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Geografi Dinamika Penduduk Part 1

LKPD Dinamika Penduduk
Halo teman-teman guru geografi, lanjut lagi nih mimin akan bagikan contoh LKPD alias lembar kerja peserta didik kelas 11 bab dinamika antroposfer atau penduduk.

Dinamika antroposfer adalah topik materi yang sangat padat karena memang pada dasarnya manusia adalah tema sentral dalam geografi. Semua perubahan di bumi lebih pada karena aktifitas manusia yang semakin intens.

Lalu darimana kita memulai mengajar materi antroposfer ini?. Untuk panduan pastinya silahkan cek silabus geografi. Cek disini: LINK SILABUS KELAS 11

Dinamika penduduk pada dasarnya dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu natalitas (kelahiran), mortalitas (kematian) dan migrasi. Sejak manusia turun ke bumi, mereka terus berkembang biak dan menyebar ke seluruh antero penjuru permukaan bumi.

Lambat laun semua wilayah akan pada oleh manusia dan kebutuhan akan pemukiman tentu akan semakin tinggi. Kota-kota baru akan semakin banyak bermunculan.

Kuantitas manusia tentu harus diimbangi pula dengan kualitas hidup manusia. Indikator untuk mengukur kualitas hidup saat ini adalah dengan Indeks Pembangunan Manusia. Indikator IPM adalah pendidikan, kesehatan dan standar hidup layak.

Kualitas penduduk akan mempengaruhi perkembangan sebuah negara itu sendiri. Saat ini indeks pembangunan manusia Indonesia terus mengalami peningkatan meskipun secara global masih berada di urutan bawah.

Populasi manusia di Indonesia saat ini sudah menyentuh 250 juta jiwa lebih dan persebarannya masih belum merata. Populasi pulau Jawa masih terpadat hal ini karena faktor sejarah, akses dan sarana prasarana yang mendukung kehidupan.

Jika tidak segera dicarikan solusi maka pulau Jawa akan overpopulasi dan berdampak pada lingkungan yang semakin mengalami degradasi. 

Oleh karena itu siswa perlu diajarkan untuk bagaimana melihat fakta yang terjadi pada antroposfer khususnya di Indonesia lalu menganalisa dan mencarikan solusi yang dirasa tepat.

Dengan LKPD yang didesain HOTS tentunya akan membantu siswa menjadi lebih saintifik dan menjadi seorang pemecah masalah yang handal. Berifikir kritis dan analitis adalah salah satu tujuan pendidikan kita.

Silahkan download file LKPD pertemuan 1 dinamika antroposfer di bawah ini. Boleh diedit-edit saja sesuai kebutuhan di sekolah. 

Cara downloadnya, buka di desktop lalu klik ikon panah di kanan atas di bawah file maka nanti akan masuk ke drive. Tinggal klik icon download di pojok kanan atas. Untuk LKPD lainnya silahkan cek di blog ini.

Download LKPD Dinamika Penduduk Part 1
👇👇👇👇👇👇

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close