Baby Boom Indonesia Tahun 1950an

- January 25, 2017
Ada yang tahu jumlah penduduk Indonesia saat ini?. Angka nya mencapai 249.9 juta jiwa dan ini terus bertambah setiap tahun. Angka tersebut membuat Indonesia berada di urutna keempat dari jumlah populasi dunia dibawah Cina, India dan AS. Tapi tahukah kamu sejak kapan sih populasi di Indonesia itu melesat tajam?.

Sebelum Indonesia merdeka tahun 1945, sebenarnya jumlah penduduk itu masih sangat jarang. Pertumbuhan penduduk mulai terjadi setelah kemerdekaan yatu tahun 1950 yang dikenal dengan istilah Baby Boom. Apa faktor penyebab Baby Boom tersebut?.

Pada tahun 1950an, tentu Indonesia sebagai sebuah negara baru berusia muda. Berbagai usaha untuk mendapatkan pengakuan kedaulatan dari negara lain pun dilakukan. Jadi pada masa tersebut Indonesia fokus dalam upaya memertahankan kemerdekaan sehingga masalah kependudukan seperti menekan angka kelahiran belum menjadi prioritas, justru kita lebih butuh pasukan alias bibit manusia Indonesia untuk menguatkan negara, bukan?. Keadaan politik masa itu juga masih belum baik ditambah invasi militer Belanda masih terjadi agar kemerdekaan Indonesia dibatalkan.

Faktor lainnya adalah soal ideologi. Masyarakat Indonesia masa itu masih tergolong tradisional yang menganggap banyak anak berarti banyak rezeki sehingga keluarga yang belum mapan pun masih terus menambah anak.
Baby Boom Indonesia Tahun 1950an
Pergerakan Populasi Indonesia
Lahan-lahan pada masa kemerdekaan masih sangat luas. Kebun-kebun terhampar dengan penduduk masih jarang. Coba kamu tanya kakek kamu di desa, punya lahan berapa hektar dari dulu?. Orang yang hidup jaman dulu tidak pusing memiliki lahan, beda halnya saat ini yang susah dan mahal. 

Laju pertumbuhan penduduk di Indonesia ternyata masih terjadi hingga saat ini namun hanya bisa diperkecil beberapa persen di angak 1,5-2% per tahun. Program KB di beberapa lokasi bisa berhasil namun di daerah lain belum tentu. Sebenarnya jika disebar ke semua pulua, jumlah lahan dengan penduduk saat ini masih mencukupi. Hanya saja penduduk Indonesia masih terkonsentrasi di daerah padat seperti perkotaan, Jawa khususnya. Faktor ekonomi menjadi faktor utama dalam pola sebaran penduduk di Indonesia.

Itulah sebab Baby Boom terjadi di Indonesia dan pemerintah nampaknya harus mengatur petumbuhan dan persebaran penduduk agar merata. Ketimpangan akan terjadi jika jika pertumbuhan penduduk tidak diimbangi dengan peningkatan kesejahteraan.
Gambar: tradingeconomics.com
Comments
0 Comments
 

Start typing and press Enter to search