Belajar Blank Map atau Peta Buta di Kelas

- January 17, 2017
Merancang sebuah model pembelajaran di kelas memang suatu hal yang harus dilakukan oleh guru. Biasanya kita membuat RPP atau lesson plan sebelum pelajaran dilakukan. Pebuatan RPP ini supaya scenario belajar di kelas berjalan baik dan siswa menadapatkan pengalaman/ilmu yang bermanfaat. Minggu kemarin saya mencoba memberikan cara baru untuk membuat anak belajar tentang konsep Negara maju dan Negara berkembang dengan menyenangkan.

Model yang saya gunakan yaitu dengan blank map atau peta buta. Seringkali kita hanya membahas tentang ciri atau contoh Negara maju saja. Pemahaman lain yang sering dilupakan adalah tentang bentuk fisik sebuah Negara itu sendiri atau peta nya. Saya lihat di kurikulum Negara maju, sekolah-sekolah selalu memberikan pelajaran tentang blank map ini dan saya adopsi dengan materi kelas XII tentang Negara maju dan berkembang.

Jadi alat yang harus dibutuhkan adalah peta buta Negara-Negara di dunia dan Peta Negara di dunia atau atlas. Skenario pembelajarannya adalha sebagai berikut:
Belajar Blank Map atau Peta Buta di Kelas
Peta Buta
1. Guru mencari data blank map di web. Ketik saja blank map England misalnya.
2. Print semua peta tersebut di kertas.
3. Saat di kelas, guru memberikan satu anak minimal 3 buah blank map.
4. Siswa lalu diinstruksikan untuk mencari Negara yang cocok dengan bentuk blank map nya di peta/atlas.
5. Siswa diminta mencatat nama Negara, batas Negara dan ibukotanya.
6. Jika memungkinkan, bisa juga dengan membawa HP untuk tambahan data tentang kondisi geografi negaranya.
7. Setiap anak/perwakilan anak nantinya harus mempresentasikan hasil temuannya.

Tentunya kita sebagai guru hanya tinggal duduk memantau kegiatan siswa saja di kelas, enak to?. Siswa akan bergerak sendiri mencari Negara-Negara sesuai gambar yang diterima dan banyak anak yang senang dan cengar-cengir melihat bentuk peta sebuah Negara. Selamat mencoba. Basic dasar geografi adalah peta, jadi kalau peta negaranya saja gak tau, apalagi kondisi negaranya, he.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search