Rahasia Sukses Restoran Padang itu Sederhana

- January 23, 2017
Jam makan siang sudah datang, saatnya pergi ke rumah makan Padang. Saya adalah salah satu pecinta kuliner dan masakan yang menjadi kegemaran saya salah satunya adalah masakan Padang. Pasti kalian tahu salah satu resoran Padang terkenal yaitu "Sederhana". Tapi sesederhana itukah perjuangan mereka?. Adakah yang penasaran tentang kenapa restoran Minang ini banyak sekali ditemukan di semua penjuru Indonesia?. Apa resep "sederhana" orang Minang dalam berbisnis?.

Orang Minang terkenal dengan tradisi merantau sejak dulu dan yang tak kalah penting mereka punya naluri bisnis dan etos dagang yang tinggi sama halnya dengan orang Tiongkok. Dari sisi geografi, sebaran ekspansi bisnis orang Minang itu juga sangat luas, hal ini dapat dilihat dari warung makan Padang yang ada di semua penjuru Indonesia.

Lewat skill bisnis dagang inilah tak dipungkiri hampir rata-rata semua orang Minang mapan secara finansial. Tak akan ada ditemui pengemis berasal dari Minang. Mereka memiliki budaya malu jika tidak sukses.
Rahasia Sukses Restoran Padang itu Sederhana
Makan Nasi Padang dulu
Lalu apa alasan mereka berdagang?. Padang terkenal akan kulinernya yang khas dan cocok di lidah semua orang Indonesia. Secara konsep hidup dalam Islam pun sudah dijelaskan bahwa 90% rezeki dibuka dari perniagaan. Menurut berbagai sumber, motivasi orang Minang berdagang berasal dari falsafah leluhur yang punya arti mendalam yaitu ingin melawan dunia orang. Artinya hidup ini harus bersaing terus menerus tanpa henti untuk mencapai kemuliaan, kenamaan, kepintaran, pengakuan, dan kekayaan pastinya.

Dalam benak mereka tertanam, setiap orang harus berusaha sekuat tenaga memeroleh kemuliaan dan kedudukan yang berarti dan penting. Dan yang tak kalah penting lagi rahasianya adalah orang Minang punya produk atau senjata yang bisa mereka jual ke daerah lain (makanan).

Orang Minang juga cenderung cukup perhitungan dalam mengeluarkan uang jadi hampir dianggap pelit. Namun itu semua demi kelancaran cash flow usaha mereka agar profit nya besar. Saat kerja di Banjarmasin saya pernah ngobrol dengan salah satu pemilik restoran Padang yang kini sudah mapan. Ia berkata "saya dulu setahun dagang disini nangis, jarang ada yang beli". Tapi sekarang seiring pertumbuhan penduduk dan wilayah, restoran tersebut ramai. Setahun nangis, itulah perjuangan mereka menancapkan paku kesuksesan. Jadi jika ingin sukses dimana pun rumus sederhana-nya adalah kerja keras, konsistensi. Tapi sesederhana itukah melakukannya?.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search