Vulkanisme dan Produknya

- January 20, 2017
Apa jadinya kalau tidak ada gunugn api di bumi ini?. Tidak akan ada daratan kalau tidak ada kegiatan vulkanisme di bumi ini. Vulkanisme merupakan kegiatan kegunungapian yang terjadin karena adanya penerobosan magma hingga mencapai permukaan bumi. Proses keluarnya magma ke permukaan bumi disebut dengan letusan gunung api atau erupsi. Gunung api adalah gunung yang punya lubang kepundan tempat keluarnya magma. Jadi gunung api disebut volcano kalau gunung biasa disebut mountain.

Jika dilihat berdasarkan strukturnya, gunung api akan menghasilkan berbagai macam produk yang terdiri dari magma, kawah utama, kawah samping, pipa kawah dan kerucut parasit.
Vulkanisme dan Produknya
Vulkanisme dan Produknya
Magma
Merupakan bahan silikat cair pijar yang tersusun atas bahan padat, cair dan gas yang terdapat di dalam litosfer dengan suhu berkisar antara 900 - 1.200 derajat Celcius. Magma berada pada lapisan yang dinamakan dapur magma. Dapur magma ada yang dangkal dan ada yang dalam. Letusan besar biasanya berasal dari dapur magma dalam sementara letusan yang lebih kecil berasal dari dapur magma yang dangkal.

Kawah Utama
Merupakan lubang erupsi dengan diameter hingga 2 km dan berada di bagian puncak gunung api. Kawah utama ini biasanya terisi air atau tidak sama sekali. Sumbat lava juga terdapat di kawah utama.

Pipa Kawah
Merupakan suatu lubang atau rekahan tergolong bidang lemah di kerak bumi, tempat magma menerobos dan naik ke atas permukaan bumi.

Kawah Samping
Merupakan lubang serupsi berdiameter kurang atau hingga 2 km yang berada di lereng gunung api hasil dari adanya penerobosan ke samping gunung api. Contohnya adalah Kawah Domas di Tangkubanperahu.

Kawah Parasit
Merupakan kerucut yang terbentuk dari akumulasi material erupsi luar kawah utama yang ada di bagian gunung api dengan ukuran lebih kecil dari kerucut gunug api utamanya.

Leleran Lava
Merupakan magma yang keluar dari kerucut gunung api dan mengalir keluar gunung api.

Abu Piroklastik
Merupakan bahan leas berupa batu, abu, pasir yang terlontar saat erupsi gunung api terjadi. Abu piroklastik ini juga sering isebut wedus gembel dan dapat bergerak dengan kecepatan ratusan km/jam.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search