Geografi Negara Inggris (England)

- February 20, 2017
Inggris merupakan negara yang punya koloni paling besar di dunia. Kadang Inggris sering disamakan dengan United Kingdom (UK) padahal hal tersebut sangatlah berbeda. Inggris merupakan bagian dari Kerajaan Inggris bersama Skotlandia, Irlandia Utara dan Wales. Baca juga: Selamat datang Zealandia, benua baru di dunia

Berikut ini deskripsi geografi Inggris
Batas Utara   : Skotlandia
Batas Barat   : Wales
Batas Selatan : Selat Dover
Batas Timur  : Laut Utara

Populasi  : 58 juta orang
Luas wilayah  :130.442 km persegi
Ibukota : London
Mata uang : Poundsterling
Geografi Negara Inggris (England)
Peta Geografi Inggris
Kondisi Fisik / Geomorfologi
Inggris meliputi 65% dari wilayah Britania Raya. Sekitar 5.000 tahun lalu Inggris ditutupi oleh hutan lebat. Ratusan tahun lalu, hutan tersebut dibersihkan oleh penduduk kuno dan sekarang tinggal 10% hutan yang tersisa. Kondisi geologi Inggris yang kompleks menjadi faktor beragamnya habitat flora dan fauna di Inggris. Inggris saat ini merupakan negara padat dan hanya sedikit lingkungan alami yang tersisa. Satwa liar yang masih hidup adalah mereka yang bisa beradaptasi dengan manusia.

Dataran Inggris banyak dihiasi pegunungan seperti Dataran Tinggi Skotlandia yang hampir tidak tersentuh manusia. Inggris punya 12.429 km garis pantai, tebing-tebing batu, pantai hingga rawa. 
Secara geomorfologi Inggris dapat dibagai ke dalam dua zona yaitu Dataran Tinggi dan Dataran Rendah. 
1. Dataran Tinggi
Zona ini ditandai dengan daerah berbatu, bukit terjal dan bukit-bukit yang ter-erosi dengan lembah-lembah dan dataran yang luas. Daerah dataran tinggi menerimasinar matahari lebih sedikit sementara curah hujan lebih tinggi.

The Pennine Mountain Range, Cumbrian Mountains dan pegunungan Lake District adalah bagian dari Wilayah Pegunungan Tinggi. Beberapa puncak mencapai ketinggian 914 m diatas permukaan laut. Devon dan Cornwall terletak di semenanjung (peninnsula) dari Daerah Dataran Tinggi dengan kontur terjal.
Geografi Negara Inggris (England)
Dataran Rendah di Inggris
2. Dataran Rendah
Zona ini memiliki cura hujan sedikit dengan lebih banyak sinar matahari. Tanahnya lebih subur, sangat cocok untuk pertanian seperti gandum. Daerah ini punya lanskap dengan bukit tidak terlalu tinggi. Penduduk Inggris banyak bermukim di daerah dataran rendah meliputi Costwold Hills, Nort Downs dan South Downs. Baca juga: Negara dunia kesatu, kedua dan ketiga

Inggrisa sangat memanfaatkan dengan baik aliran sungai untuk sarana transportasi. Sungai Themes, Sungai Mersey dan Sungai Tyne adalah sungai utama di Inggris dan masing-masing punya pelabuhan resmi di Liverpool, Newcastle dan London. Saat gelombang pasang naik, kapal dapat berlayar sepanjang sungai hingga ke pelabuhang.

Kondisi Iklim
Iklim di Inggris bertipe maritim sedang. Musim dingin di Inggris jarang sekali mencapai suhu minus derajat, sementara saat musim panas bisa mencapai 30 derajat Celcius. Januari dan Februari adalah bulan terdingin dan biasa turun salju sementara Juli adalah bulan terpanas. Inggris termasuk wilayah yang relatif basah karena lokasinya yang berdekatan dengan Samudera Atlantik menciptakan tanah subur, hijau dan mekar.

Kondisi Sumber Daya Alam
Inggris punya sumber daya alam yang cukup banyak mulai dari lahan pertanian dan bahan galian seperti batu bara, seng, timah hitam dan bijih besi. Komoditas pertanian penting di Inggris diantaranya kentang dan sayuran di Lanchasire. Gandum banyak diproduksi di Pegunungan Anglia Timur, Wonchester, Kent dan Devon. Kondisi bahan baku yang minim membuat Inggris masih mengimpor bahan baku dari negara-negara lain.
Geografi Negara Inggris (England)
Sudut Kota London
Kondisi Sosial Ekonomi
Industri di Inggris yang utama adalah besi, peleburan baja, batubara dan tekstil. Manufaktur mobil, produk elektronik dan bahan kimia juga menjadi andalan negeri Ratu Elizabeth ini. Sekitar 85% penduduk Inggris hidup di perkotaan dibanding pedesaan. Inggris juga menjadi salah satu pusat kebudayaan di Eropa. Perpustakaan terbesar di dunia yaitu British Library menyimpah harta karun ilmu pengetahuan luar biasa. Inggris juga tergolong ramah terhadap imigran dari luar. Sekarang populasi imigran di Inggris semakin meningkat bahkan Islam sendiri berkembang pesat di sana. Di tengah modernitas hidup, Inggris masih memegang teguh kebudayaan lokalnya. Lihat saja bangunan-bangunan di Inggris yang masih bergaya arsitektur Inggris kuno seperti Gedung Parlemen Inggris dan Istana Buckingham. Baca juga: Terbentuknya gurun pasir di Bumi

Landmark Terkenal Inggris
- Stonehange
- Big Ben
- Istana Buckingham
- Sungai Themes
- Osford University
- British Library  
- Wembley Stadium
 
Gambar: graphicsmap.com, 
www.content.historicengland.org.uk
http://s2.favim.com
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search