Peta Sebaran Fauna Paleartik, Neartik, Ethiopian, Oriental, Australis, Neotropik - Guru Geografi
News Update
Loading...

Kamis, Februari 16

Peta Sebaran Fauna Paleartik, Neartik, Ethiopian, Oriental, Australis, Neotropik

Ada banyak fauna tersebar secara tidak merata di permukaan bumi ini. Beberapa ahli telah mencoba meneliti dan membaut zonasi sebaran fauna di dunia. 
 
Salah satu tokoh biogeografi yang membuat zonasi sebaran fauna di dunia adalah Alfred Russel Wallace. Wallace membagi fauna di dunia ke dalam enam zona yaitu:
 

a. Wilayah Paleartik
Fauna khas kawasan paleartik didominasi fauna herbivora seperti panda, moles, kijang, sapi, kambing, robin dan magpies. Beruang kutub dan bison juga hadir di sini. Kawasan ini meliputi Eropa, Afrika Utara, Asia Utara, Pegunungan Nan King dan Laut Mediterania. 

b. Wilayah Neartik
Fauna di kawasan neartik banyak termasuk jenis karnivora dan hewan pengerat seperti anjing, kelinci, tupai dan tikus berkantong. Kalkun dan beruang grizzle juga ada disini. Wilayah yang termasuk di daerah ini antara lain Greenladn, Amerika bagian Utara dan Meksiko.
Sebaran Fauna Paleartik, Neartik, Ethiopian, Oriental, Australis, Neotropik
Zonasi Fauna Wallace
c. Wilayah Ethiopian
Fauna di kawasan ini didominasi fauna Afrika seperti singa, zebra, kuda nil, gorila, cheetah dan hiena. Wilayah Ethiopian meliputi Afrika bagian selatan, Pegunungan Atlas, Gurun Sahara, Barat Daya Semenanjung Arab. Baca juga: Hambatan penyebaran flora fauna

d. Wilayah Oriental
Fauna oriental didominasi oleh fauna hutan tropis seperti harimau, orang utan, gajah sumatera, dan badak bercula satu. Kawasan ini meliputi India, Srilangka, Indo-Cina, Cina Selatan, Indonesia Barat dan Malaysia. 

e. Wilayah Australis
Kawasan australis meliputi Australia, Selandia Baru, Papua, dan Maluku. Ciri fauna utama di wilayah ini adalah mamalia berkantung dan burung indah berwarna warni. Contohnya kangguru, wallaby, cenderawasih, merak dan kasuari.

f. Wilayah Neotropik
Fauna di wilayah neotropik banyak didominasi dari Amazon. Wilayah nya meliputi Amerika Selatan, Amerika Tengah dan Sebagian Meksiko. Fauna khas nya yaitu trenggiling, anaconda, belut listrik, dan alpaka.
 

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close