Planet Dalam, Luar, Inferior dan Superior

- February 10, 2017
Tata surya ini memiliki delapan planet yang mengelilingi matahari secara teratur yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus. Pluto kini tidak masuk dalam kategori planet karena para astronom percaya bahwa Pluto merupakan bagian dari satelit Neptunus yang terlepas. Planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter dan Saturnus dapat dilihat dengan mata sementara Uranus dan Neptunus harus dilihat melalui teleskop.

Para ilmuwan mengklasifikasikan planet berdasarkan kriteria tertentu sebagai pembatasnya. Ada tiga cara untuk mengelompokkan planet di Tata Surya yaitu:
Planet Dalam, Luar, Inferior dan Superior
Sistem Tata Surya
Pertama, pengelompokkan planet dengan bumi sebagai pembatas. Jika bumi dijadikan batas, maka akan ada dua kategori yaitu Planet Inferior dan Planet Superior. Planet Inferior merupakan planet yang orbitnya  terletak di dalam orbit Bumi atau sebelum Bumi. Anggota planet ini yaitu Merkurius dan Venus. Planet Superior merupakan planet yang orbitnya terletak diluar orbit Bumi yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus.

Kedua, pengelompokkan planet dengan orbit asteroid sebagai batas. Dengan indikator ini maka ada dua kategori planet yaitu planet dalam (inner) dan planet luar (outer). Planet dalam adalah planet yang orbitnya ada sebelum orbit asteroid yaitu Merkurius, Venus, Bumi dan Mars. Planet luar adalah planet yang orbitnya berada setelah sabuk asteroid yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

Ketiga, pengelompokkan atas dasar ukuran planet dan komposisi penyusunnya. Menurut kriteria ini, terdapat dua kelompok yaitu Planet Terestrial dan Planet Jovian. Planet terestrial merupakan planet yang ukuran dan komposisi penyusunnya mirip Bumi yaitu Merkurius, Venus dan Mars. Planet kebumian disusun 90% dari besi, oksigen, silikon dan magnesium. Planet Jovian disebut juga planet raksasa karena ukurannya yang besar dan komposisi penyusunnya mirip Jupiter yaitu tersusun atas es dan hidrogen. Neptunus, Uranus merupakan planet tipe ini dengan ciri kerapatan rendah, diameter besar dan kurang padat. Planet ini sering disebut juga sebagai planet gas. 
Gambar: skyandtelescope.com
Comments
0 Comments
 

Start typing and press Enter to search