Teori Difusi Ekspansi dan Relokasi

- February 18, 2017
Geografi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari gejala di permukaan bumi dari sisi sebarannya. Analisa tersebut dinamakan analisa keruangan. Analisa atau Pendekatan keruangan pada dasarnya melihat perbedaan lokasi satu sama lain dan faktor elemen pembentuk ruang di dalamnya. Seorang geograf akan menanyakan faktor-faktor yang menguasai pola sebaran suatu fenomena dan bagaimana fenomena itu dapat diubah atau dimodifikasi agar sebarannya lebih efisen dan tertata. 

Contoh teori yang beririsan dengan pendekatan keruangan adalah Teori Difusi. Teori Difusi ini diklasifikasikan ke dalam dua tipe yaitu Difusi Ekspansi dan Difusi Relokasi.

Difusi Ekspansi merupakan proses penyebaran informasi materi atau lain sebagainya dari satu daerah ke daerah lain oleh suatu populasi. Pada proses ini informasi dan gejala akan disebarkan ke berbagai lokasi dan bisa saja efeknya lebih besar di daerah lain. Ini memungkinkan terjadinya penambahan populasi baru di daerah lain. 
Teori Difusi Ekspansi dan Relokasi
Warga Jatigede Direlokasi karena proyek waduk
Contoh nyata dari teori ini ajakan untuk menggunakan KB yang dimulai dari sebuah populasi di desa A. Kemudian selang beberapa bulan, warga desa B yang berdekatan mengikuti program tersebut. Difusi Ekspansi terbagi lagi menjadi dua kategori yaitu Difusi Menjalar dan Difusi Kaskade.

Difusi Menjalar, merupakan penjalaran yang terbentuk karena pengaruh kontak langsung antar manusia atua antar daerah seperti penyebaran wabah penyakit kulit melalui kontak fisik. Difusi Kaskade merupakan penjalaran dengan beberapa tahap atau tingkatan. Artinya penyampaian informasi berjenjang dari tingkat atas hingga bawah misalnya. Seperti tadi penyampaian pentingnya program KB dimulai dari tingakt Propinsi lalu ke tingkat Kabupaten, lalu ke Desa dan sampailah ke masyarakat.

Difusi Relokasi merupakan suatu fenomena pemindahan sebuah fenomena dari satu lokasi ke lokasi lain karena sebab tertentu. Contohnya adalah transmigrasi bedol desa di Jatigede karena desa akan dijadikan waduk raksasa. Gambar: Kompas
Comments
0 Comments
 

Start typing and press Enter to search