3 Komponen Utama Sistem Informasi Geografi

- March 07, 2017
Sistem Informasi Geografi (SIG) merupakan suatu integrasi antara pemetaan dengan peranti komputer. SIG merupakan sebuah sistem berbasis komputer yang digunakan untuk memasukan, menyimpan, mengelola, menganalisa dan mengaktifkan kembali data yang mempunyai unsur keruangan untuk berbagai tujuan dengan pemetaan dan perencanaan.

Informasi geospasial yang dihasilkan melalui analisa SIG berasal dari integrasi antar komponen SIG. Komponen-komponen SIG adalah sebagai berikut:

a. Perangkat Lunak
Perangkat lunak atau software merupakan sistem operasi untuk pemrograman komputer yang berfungsi memasukan, menyimpan dan mengeluarkan data. Contoh software SIG diantaranya adalah Google Map, Arc Info, ILWIS, IDRIS, ARc View, Arc GIS dan Map Indo.
 
3 Komponen Utama Sistem Informasi Geografi
SIG sangat penting dalam era modern
b. Perangkat Keras
Perangkat keras atau hardware memiliki peran sebagai berikut:
1. Alat masukan (input) berfungsi untuk memasukkan data ke jaringan komputer. Alat masukannya berupa scanner, digitizer dan CD/DVD ROM.
2. Alat pemrosesan berfungsi mengolah, mengalisa dan menyimpan data yang masuk sistem komponen sesuai kebutuhan berupa central processing unit (CPU), tape drive dan hardisk.
3. Alat keluaran (output) berfungsi menayangkan informasi geografis sesuai data yang telah diproses melalui alat printer dan plotter.

c. Sumber Daya Manusia
Brainware merupakan kemampuan manusia dalam mengelola dan memanfaatkan SIG. Manusia sebagai pelaku mengendalikan seluruh sistem dituntut menguasai ilmu dan teknologi agar mampu menjalankan dan mengelola data SIG serta memanfaatkannya dalam berbagai bidang kehidupan.

Sistem Informasi Geografi saat ini menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa dihindari. Semua perangkat handphone kini memiliki fasilitasi berbasis SIG. Komentator olahraga seperti sepakbola menggunakan SIG untuk melihat pola permainan tim dalam sebuah pertandingan. 
Gambar: tnooz.com
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search