Klasifikasi Organisme Dalam Biosfer

- April 20, 2017
Bumi ini dihuni oleh beragam jenis mahluk hidup dari mulai yang terkecil hingga yang terbesar. Istilah Spesies berasal dari bahasa latin kuno yang artinya baik. Definisi lebih teknis dari spesies adalah kelompok organisme yang berkembang biak tidak sama dengan anggota organisme lain. Ahli Biologi memperkirakan bahwa sekitar 10 sampai 40 juta spesies berbeda menghuni Bumi. Dari jutaan spesies ini sekitar 1,5 juta telah diklasifikasikan.

Orang pertama yang mengajukan sistem klasifikasi organisme di planet ini adalah Linnaeus pada 1753. Dalam sistem klasifikasi, unit paling bawah dalam pengorganisasian kehidupan adalah spesies. Linnaeus menyarankan agar setiap organisme diklasfikasikan dengan binomial unik yang disebut binomial nomenclature. Istlah pertama dalam sistem klasifikasi ini adalah nama generik organisme atau Genus. Istilah kedua adalah nama atau spesies organisme.

Sistem klasifikasi saat ini telah berkembang dari karya awal Linnaeus. Namun sistem klasifikasi modern ini jauh lebih rumit karena banyak tingkatan dalam organisasi hierarki nya. Sistem ini juga bersifat taksonomi (hubungan struktural dan fisik organisme), filogenik (klasifikasi berdasarkan hubungan genetik antara organisme).

Klasifikasi modern ini distandarisasi dalam sistem hierarki yang berangkat dari yang umum ke yang spesifik. Contohnya kita lihat dari pohon maple di bawah. Perhatikan bahwa setiap tingkat organisasi didasarkan pada beberapa karakteristikbiologi yang dimiliki organisme.
Klasifikasi Organisme Dalam Biosfer
Klasifikasi Taksonomi Organisme
Sumber: physicalgeography.net
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search