Alur Menyusun Latar Belakang Skripsi/Karya Tulis

- May 01, 2017
Membuat karya tulis merupakan salah satu kewajiban bagi siswa masa kini. Emang seberapa penting sih karya ilmiah itu?. Karya tulis atau karya ilmiah merupakan tulisan yang dihasilkan seseorang dari hasil penelitiannya, uji lab, observasi atau studi pustaka MENURUT kaidah keilmuan yang berlaku. Jadi menyusun sebuah karya tulis itu ada pedomannya ya, jangan asal-asalan. Dari mulai judul hingga daftar pustaka semua ada aturannya.

Pada kurikulum K13, dalam materi geografi kini ada keterampilan membuat karya tulis. Tentu ini sesuatu yang baik karena pemahaman akan karya tulis harus dimulai dari jenjang SMA agar saat kuliah nanti tidak kerepotan. Membuat karya tulis juga mengasah critical thinking siswa sehingga ia menjadi researcher yang handal.

Baik, kali ini sesuai judul postingan saya akan berikan tips bagaimana membuat latar belakang sebuah karya tulis. Bagi beberapa siswa atau mahasiswa, membuat latar belakang penelitian masih menjadi suatu hal yang membingungkan. Padahal latar belakang adalah fondasi utama dari penelitian itu sendiri. Kalau ga ada latar belakang ya ngapai bikin penelitian?. Sekedar pengalaman saja, dulu ada teman saya yang bahkan membuat latar belakang setelah penelitian beres jadi dari belakang dulu. Haduh,,,

Latar belakang merupakan bagian dari Pendahuluan yang berada di bab 1. Untuk anak SMA, biasanya saya hanya menargetkan ia mampu maksimal menulis latar belakang maksimal 2 halaman saja. Banyak anak yang memang bingung tentang apa yang harus ia tulis di latar belakang. Kuncinya adalah observasi dan literasi. Semakin banyak kamu membaca, jalan-jalan maka pasti kamu akan banyak mendapatkan masalah di lapangan. Nah, masalah inilah yang menjadi latar belakang penelitian tadi.

Latar belakang pada prinsipnya adalah "SEBAB-SEBAB" yang menjadi landasan kamu merencanakan penelitian. Dalam latar belakang biasanya akan dijelaskan kondisi-kondisi berupa data statistik, data observasi, gambar dan hasil penelitian sebelumnya yang mendukung terhadap judul tulisan yang akan kamu buat. Jadi perisapkanlah senjata berupa data pendukung yang membuat kamu yakin bahwa ada sesuatu yang ganjil di lapangan yang ingin kamu pecahkan.

Menyusun latar belakang karya tulis akan menggunakan kaidah alur deduktif atau menjelaskan dari aspek Umum ke Khusus. Ambil contoh saja skripsi saya dulu tahun 2010 yang berjudul "Kajian Geografi Fungsi Pelayanan Pasar Padayungan di Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya". Maka jika dikerucutkan, pola latar belakang yang diperoleh adalah sebagai berikut:
Alur Penulisan Latar Belakang Karya Ilmiah
Teori yang saya gunakan untuk penelitan tersebut dalah Central Place Christaller. Jadi saya menganalisa range dan threshold dari pasar tersebut. Data penujang lain adalah dari kuesioner pelanggan dan pedagang. Jadi jika kamu ingin biasa membaut karya tulis yang baik maka belajarlah membuat terlebih dahulu latar belakang yang baik.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search