Jenis Peta Berdasarkan Formatnya

- July 28, 2017
Sebelumnya saya sudah berikan postingan
tentang jenis peta berdasarkan isi dan skalanya. Kali ini saya berikan penjelasan tentang jenis peta berdasarkan formatnya atau bentuknya. 
Jenis Peta Berdasarkan Formatnya
Peta topografi 3 dimensi
 1. Peta Digital
Peta ini tersimpan sebagai file basis data spasial dan membutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk mengakses dan terkodumentasi dalam DVD atau hardisk. Peta digital juga dapat tersedia secara online dan disimpan dalam suatu server.

2. Peta Hardcopy, merupakan peta yang memiliki wujud seperti:
a. Sketsa
Merupakan peta yang dibuat secara garis besar, tidak mementingkan kebenaran ukuran dan bentuk objek. Fungsinya terutama sebagai pedoman bagi pembuatnya untuk tujuan tertentu misalnya untuk menunjukkan lokasi suatu daerah.
b. Peta 2D merupakan peta dalam bidang datar yang memperhitungkan ukuran dan bentuk objek.
c. Peta Timbul adalah peta yang dibuat dalam bentuk 3 dimensi sehingga relief permukaan bumi tampak jelas meskipun skala ke arah ketinggian mengalami pengecilan.
d. Miniatur, merupakan jenis peta timbul namun skalanya besar atau daerah yang digambarkannya sempit sehingga kenampakan permukaan bumi lebih rinci.
e. Peta foto, merupakan peta udara yang diberikan tambahan keterangan nama jalan atau nama atribut lainnya. Denga demikian peta foto tidak mengalami generalisasi, tidak menggunakan simbol-simbol kartografis sehingga sulit membacanya.
f. Atlas merupakan buku yang berisi kumpulan macam-macam peta dan ditambahkan informasi penunjang lain yang relevan.
g. Globe adalah gambaran bumi yang diperkecil. Karena tidak digambarkan pada bidang datar maka umumnya tidak dimasukkan kategori peta namun model bumi.

Di kegiatan belajar peta dan pemetaan kelas x, saya bisa merencakan project membuat peta 2D dan peta 3D. Peta 2D dibuat dalam kertas ukuran A3 dan peta 3D dibuat dari bahan kardus bekas. Postingannya akan saya berikan di lain waktu.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search