Perhitungan Kalender Hijriah atau Kalender Komariah - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Februari 28

Perhitungan Kalender Hijriah atau Kalender Komariah

Jika postingan sebelumnya sudah dijelaskan tentang sejarah kalender Masehi maka kali ini kita akan bahas tentang Kalender Hijriah. Kalender Hijriah merupakan kalender yang berpatokan pada pergerakan bulan. Lama peredaran bulan dari bulan baru sampai ke bulan baru berikutnya dinamakan periode Sinodik yaitu 29.5 hari. Periode sinodik inilah yang digunakan untuk perhitungan kalender yang dikenal sebagai kalender bulan. Contohnya adalah kalender Hijriah atau Kalender Komariah. Baca juga: Jenis-jenis patahan batuan

1. Supaya jumlah hari dalam satu bulan adalah bulat atau tidak 29.5 hari maka jumlha hari dalam 1 bulan dibuat berselang-seling 29 dan 30 hari. 
2. Jumlah hari dalam satu tahun biasa adalah 12 x 29.5 hari = 354 hari sedangkan dalams atu tahun kabisat = 355 hari. Dengan demikian selisih tahun Masehi dengan tahun Hijriah adalah (365 - 354) hari = 11 hari pada tahun biasa. Itulah sebabnya hari-hari besar Islam misalnya Idul Fitri pada tahun berikutnya selalu lebih maju dibandingkan tahun sebleumnya pada tahun Masehi. Contohnya Idul Fitri pada tahun 2000 jatuh di tanggal 27-28 Desmeber dan pada tahun 2001 jatuh pada tanggal 16-17 Desember.
Perhitungan Kalender Hijriah atau Kalender Komariah
Kalender Hijriah
Tahun Kabisat pada Kalender Hijriah
Satu bulan pada kalender bulan sama dengan satu bulan sinodik, lamanya 29,5 hari tepatnya 29 hari 12 jam 44 menit 3 detik. Supaya jumlah hari dalam satu bulan merupakan bilangan bulat (29 hari atau 30 hari), maka selang waktu kurang dari satu jam diabaikan. Jadi dalam setiap tahun akan terbuang waktu 12 x 44 menit 3 detik = 8 jam 48 menit 36 detik. 

Baca juga:
Fenomena efek coriolis dan dampaknya
Bedanya kerak samudera dan kerak benua

Dalam 30 tahun terbuang waktu 30 x 8 jam 48 menit 36 detik = 10 hari 22 jam 38 menit atau hampir 11 hari. Untuk memperhitungkan waktu maka Kalender Komariah ditentukanlah 11 tahun kabisat setiap periode 30 tahun. Tahun biasa pada kalender Komariah lamanya 354 hari dan tahun kabisat lamanya 355 hari. Artinya setiap 8 tahun ada 3 tahun kabisat. Baca juga: Ikutan Quipper Video yuk!
Gambar: islamic-month-en.

Share with your friends

2 komentar

  1. Bagus blognya, cukup lengkap artikelnya. Saran saya tambahin materi pembelajaran berupa video. Semangat terus ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke, terimaksih sarannya. Mudah-mudahan bisa membuat video pembelajaran lain waktu

      Hapus

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close