Silabus Geografi SMA Kurikulum 2013 Revisi - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Juni 13

Silabus Geografi SMA Kurikulum 2013 Revisi

Beberapa tahun lalu kurikulum 2013 mulai berlaku dan materi geografi mengalami penyesuaian dalam silabusnya. Tahun ini kurikulum 2013 mulai diaplikasikan serentak di seluruh Indonesia. 

Lantas bagaimana dengan sebaran materi geografi di kurtilas ini?. Ternyata ada silabus revisi tahun 2016. Beberapa poin saya baca dalam perubahan sebaran materi silabus tersebut yaitu: Pertama, materi dasar Peta, Inderaja dan SIG dipindahkan ke kelas X. Sementara aplikasinya ada di kelas II. Kedua, materi AMDAL dan pembangunan berkelanjutan digabung dalam materi pemanfaatan SDA di Indonesia. 

INFO UPDATE BUAT GURU GEOGRAFI SMA
Mau pesan buku paket geografi SMA Kelas X, XI dan XII karya saya (Mr. Agnas Setiawan)???
CEK DISINI (Cetakan pertama, stok terbatas)

Baca juga:
RPP K 13 Bab Konsep Geografi Terbaru
6 Kesalahan guru saat buat power point
Belajar blank map di kelas yuk bareng siswa!

Dalam materi kependudukan, ada sisipan mengenai bonus demografi. Hal ini tentu berkaca dari fenomena nyata yang sedang dialami Indonesia saat ini. Mitigasi bencana khususnya geologi dimasukkan di kelas XI. 

Pada kelas XII, materi peta, SIG dan Inderaja lebih mengarah pada terapan atau aplikasi. Pada materi negara maju dan berkembang, ada konsep mengenai pasar bebas dan strategi Indonesia dalam menghadapi globalisasi. 

Memang silabus harus dikembangkan sesuai dengan kontekstual bangsa saat ini. Tapi yang agak repot mungkin bagi penulis buku seperti saya. Draft buku saya versi K 13 awal jadi harus direvisi lagi. Kalau mau menelaah lebih jauh tentang silabus geografi K 13 revisi, silahkan lihat  di bawah ini: Baca juga: Download RPP K 13 Revisi Geografi


Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close