Memahami Gerak Semu Harian dan Tahunan Matahari - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Oktober 16

Memahami Gerak Semu Harian dan Tahunan Matahari

Halo kawan-kawan bagaimana kabarnya hari ini?. Semoga sehat selalu dan tetap produktif. Kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang apa itu gerak semu harian dan tahunan matahari. 

Coba kamu amati pagi hari dan lihat ke ufuk timur maka akan muncul matahari bukan?. Lalu semakin siang maka matahari akan semakin bergerak ke atas hingga puncaknya berada di atas kepala kita. 

Setelah siang, maka matahari akan bergerak kembali turun namun ke arah barat dan akhirnya menghilang di ufuk barat. Inilah yang dinamakan gerak semu harian matahari.

Dinamakan gerka semu karena seolah-olah matahari yang bergerak padahal sebenarnya bumi yang berotasi. Baca juga: Beda Ruang, Tempat dan Lokasi
Gerak semu harian matahari
Gerak semu tahunan matahari adalah gerakan peredaran matahari karena pengaruh revolusi bumi. Garis edar matahari ini antara 23,5 LU sampai 23,5 LS. Perbedaan titik jatuh matari diantara lintang tersebut akan berdampak pada variasi musim terutama di belahan bumi bagian utara dan selatan. 

Nah di K 13 ini anak harus bisa memahami tentang gerak semu harian dan tahunan matahari secara paripurna. Baca juga: Memahami prinsip geografi

Perbedaan musim sangat mencolok di daerah subtropis yaitu 
1. Spring
2. Summer
3. Autumm
4. Winter
Gerak semu tahunan matahari
Anak harus bisa menyimpulkan suatu musim di daerah tertentu kaitannya dengan gerak semu tahunan matahari. Makanya memahami revolusi bumi termasuk dalam kategori materi HOTS. Berarti siswa harus memahami:
1. Lokasi negara/daerah di bumi
2. Gerak semu tahunan dan tanggalnya
3. Perubahan musim sesuai tanggal  jatuhnya titik sinar matahari

Contoh soal dalam UN adalah sebagai berikut:

1. Pada tanggal 23 Januari, Mr. Asep pergi ke Belanda untuk melakukan riset penelitian. Saat tiba disana, disana sedang musim dingin. Pada tanggal 12 Mei ia berencana untuk kembali ke Indonesia. Ketika ia kembali ke Indonesia, sedang musim apakah di Belanda?
a. semi
b. panas
c. gugur
d. dingin
e. kemarau

Share with your friends

1 komentar

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close