Perbedaan Ruang, Tempat dan Lokasi

- September 20, 2017
Dalam geografi selalu kata 'ruang' menjadi suatu kata wajib dipahami dan menjadi bahasan utama geografi. Sebenarnya apa sih ruang itu?. Apakah ruang itu abstrak atau riil?. Jika abstrak apakah hanya ada dalam khayalan atau bisa lebih konkrit dari itu, sedangkan kalau riil maka ruang itu punya batas yang jelas dan ciri-ciri yang berbeda antara ruang satu dengan ruang lainnya. 

Baca juga:
Rumus hitung episentrum gempa 
Indikator negara maju dan berkembang

Ruang (space) bisa berarti sangat sempit namun juga bisa sangat luas. Kita bisa membayangkan bahwa ruang hanya sesuatu yang hampa namun memakan tempat atau yang terbayang hanya isi yang ada pada ruang tersebut. Semua benda membutuhkan ruang  sehingga salah satu ciri mebedkan benda adalah luas ruang yang dibutukan oleh benda tersebut. Dengan demikian ruang adalah tempat untuk suatu benda/kegiatan atau bila kosong bisa diisi oleh benda/kegiatan.
Perbedaan Ruang, Tempat dan Lokasi
Ruang adalah identitas geografi
Dalam hal ini kata 'tempat' adalah berdimensi tiga dan kata benda/kegiaran berarti semua tak terbatas. Kegunaan ruang menjadi terbatas bila diberi ciri/karakter tambahan. Contohnya ruang kelas berarti berisi benda atau kegiatan yag berkaitan dengan kegiatan kelas, ruang tamu berisi benda untuk menerima tamu, ruang tidur berisi benda untuk keperluan tidur dll. Tanpa ruang maka benda tidak akan ada disana. 

Baca juga:
6 Unsur cuaca dan iklim
5 Faktor kepadatan penduduk

Kamus Random House menulis space; a particular extent of surface. Artinya ruang dapat diartikan sebagai tempat berdimensi tiga tanpa konotasi yang tegas atas batas dan lokasinya yang dapat menampung atau ditnujukan untuk menampung benda apa saja. Sebenarnya ada tiga kata yang sering bisa dipertukarkan yaitu ruang, tempat atau lokasi. Dari ketiga istilah itu ruang adalah yang bersifat umum, tidak terikat oleh isi maupun lokasi. Baca juga: Batuan beku intrusif dan ekstrusif

Tempat atau place sering kali dikaitkan dengan keberadaan suatu benda/kegiatan yang telah ada atua seing ada disitu. Lokasi terkait dengan posisi apabila di permukaan bumi bisa ditentukan bujur dan lintangnya. Lokasi sering terkait dengan pemberian nama atau karakter atau sesuatu tempat sehingga dapat dibedakan lokasi satu dengan lainnya. Karena ruang dapat menyangkut apa saja yang membutuhkan tempat maka harus ada batasan tentang ruang yang jelas. Dalam hal ini ruang akan dikembangkan sebagai wilayah.  Baca juga: Pola pemukiman desa menurut Landis
Gambar: disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search