Pemanfaatan Sumber Daya Alam Nabati dan Hewani

- January 17, 2018
Sumber daya alam adalah anugerah Tuhan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan mensejahterakan manusia dna mahluk lainnya. Sebagian besar sumber daya pangan berasal dari tanaman budi daya. Tanaman yang kita manfaatkan sebagai sumber karbohidrat adalah padi, jagung ubi, ubi kayu, ganyong dan sagu. Contoh tanaman sumber lemak nabati adalah kelapa, kelapa sawit dan kacang tanah. Contoh tanaman sumber protein adalah kedelai, kacang hijau, serta jenis kacang-kacang lainnya. Sayur dan buah-buahan kita manfaatkan sebagai sumber vitamin dan mineral.

Tumbuhan juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber sandang, misalnya kapas, sisal, dan rami. Selain sebagai sumber sandang, tanaman yang menghasilkan serat ini juga digunakan dalam pembuatan karung goni dan bahan pembungkus lainnya.

Beberapa jenis tanaman dimanfaatkan manusia sebagai minyak asiri seperti cengkeh, sereh, kayu putih dan kenanga. Sebagian dari tanaman ini sudah dibudidayakan tetapi sebagian lainnya masih tumbuh liar di hutan. Prospek ekonomi hasil hutan sangat menarik sehingga hutan menjadi sumber daya alam yang sangat penting. 

Berbagai jenis tanaman dimanfaatkan manusia sebagai tanaman hias untuk memperindah dan meningkatkan nilai budaya seperti anggrek, mawar, melati, adenium, kaktus hingga kenanga. Berbagai jenis kayu dimanfaatkan sebagai bahan baku mebel seperti kayu jati yang telah banyak dibudidayakan serta kayu hutan seperti meranti, rasamala, rotan dan bambu. Kayu hutan sebagian diekspor dalam bentuk kayu lapis.

Berbagai jenis tumbuhan dimanfaatkan sebagai sumber obat-obatan atau apotik hidup. Contoh tumbuhan apotik hidup antara lain kumis kucing, jahe, kencur, kunyit, sambiloto dan temulawak. Semua bahan tersebut merupakan bahan dasar obat tradisional sejak zaman nenek moyang.

Pemanfaatan Sumber Daya Alam Nabati dan Hewani
Jahe dan kunyit sebagai obat tradisional
Untuk bahan industri, manusia membudidayakan beberapa jenis tanaman secara luas dalam bentuk perkebunan. Contoh tanaman industri adalah teh, karet, kopi, tebu, tembakau, lada, gula tebu dan kelapa sawit. Tanaman-tanaman itu merupakan komoditas ekspor penting yang menghasilkan devisa negara. Indonesia merupakan penghasil karet terbesar dunia bersama Brazil.

Pemanfaatan Sumber Daya Hewani
Sumber daya hewani juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan diantaranya:
a. Sumber daya alam hewani dimanfaatkan sebagai sumber pangan dan sandang. Pakaian manusia sebagian dibuat dan dihias dengan bulu atau kulit hewan seperti kulit domba dan sapi untuk jaket dan tas. Bahan kain bersal dari ulat sutera dan lainnya.

b. Dalam kaitannya dengan benda-benda kebudayaan, hewan dimanfaatkan sebagai produk kesenian dan kerajinan tangan manusia. Contohnya kerang dirangkai menjadi manik-manik dan kepala hewan dijadikan hiasan rumah.
Pemanfaatan Sumber Daya Alam Nabati dan Hewani
Ulat sutera penghasil kain sutera

c. Sumber daya alam hewani juga dimanfaatkan dalam meningkatkan nilai kehidupan dan nilai budaya manusia. Bentuk dan cara hidup hewan dimanfaatkan sebagai sumber inspirasi untuk menciptakan produk budaya manusia. Misalnya bentuk pesawat mengikuti bentuk tubuh burung yang aerodinamis.

Gambar: disini, disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search