Usaha Pelestarian Lingkungan Hidup

- January 18, 2018
Lingkungan hidup semakin terancam oleh peradaban manusia yang rakus. Oleh sebab itu dibutuhkan upaya pelestarian lingkungan hidup. Pelestarian lingkungan hidup adalah serangkaian upaya untuk melindungi kemampuan lingkungan hidup terhadap tekanan perubahan dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh berbagai fenomena agar tetap mampu mendukung kehidupan mahluk hidup. Upaya pelestarian dilakukan agar sumber daya pada lingkungan hidup dapat bertahan selama mungkin dan dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang atau berkelanjutan.
Usaha Pelestarian Lingkungan Hidup
Lingkugan wajib dijaga dan dilestarikan

Berikut ini beberapa upaya pelesatarian lingkungan hidup:
1. Upaya pelestarian hutan
Upaya ini dilakukan melalui pengaturan tata guna lahan sistem tebang pilih, reboisasi, dan sistem tumpang sari pada tanaman pertanian. Sistem tumpang sari dilakukan peladang dengan cara menanam tanaman pangan diantara pohon utama. Pelestarian hutan juga dapat dilakukan dengan membuat zonasi hutan sesuai dengan peruntukannya seperti hutan lindung yang harus steril dari segala bentuk kegiatan manusia.

2. Upaya pelestarian keanekaragaman hayati
Upaya pelestarian juga dilakukan pada berbagai jenis vegetasi dan hewan. Beberapa flora dan fauna langka yang terancam punah harus dikonservasi seperti anggrek hitam, komodo dan badak Jawa.

3. Upaya pelestarian tanah dan sumber daya air
Pelestarian sumber daya air dilakukan dengan mencegah pencemaran, merawat dan membersihkan pintu air dan menghemat air. DAS di hulu dan hilir harus dijaga kelestariannya agar jangan sampai menimbulkan bencana di kemudian hari. Menanam bibit pohon di perbukitan atau daerah gundul juga menjadi salah satu upaya konservasi tanah dan air.

4. Upaya pelestarian sumber daya udara
Upaya pelestarian sumber daya udara dilakukan dengan mengharuskan pabrik memasang alat penyaring udara. Penambahan luas ruang terbuka hijau dan hutan kota juga perlu dilakukan. Selain itu, diadakan juga uji emisi gas buangan kendaraan bermotor.

5. Upaya pelestarian sumber daya laut
Pelestarian laut dapat dilakukan dengan tidak membuang sampah ke laut, tidak menggunakan bom ikan dan melarang illegal fishing. Tidak merusak terumbu karang saat berwisata bawah air juga merupakan bagian upaya pelestarian laut.

Lantas apa saja kegiatan yang bisa dilakukan mulai dari rumah untuk menjaga kelestarian lingkungan kita?
1. Menggunakan air dan listrik sehemat mungkin
2. Membersihkan lingkungan secara berkala
3. Memilah sampah organik dan non organik sebelum dibuang
4. Menggunakan kendaraan hemat bbm dan minim polusi
5. Menanam tananam di sekitar rumah untuk meningkatkan kadar oksigen
Comments
0 Comments

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search